7 Jenis Genteng Paling Banyak Digunakan, Ketahui Kelebihan dan Kelemahannya!

Kamis, 21 Januari 2021 14:44 Penulis: Dita Tamara
7 Jenis Genteng Paling Banyak Digunakan, Ketahui Kelebihan dan Kelemahannya!
(Credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Genteng menjadi salah satu elemen paling penting pada rumah. Oleh sebab itulah, memilih genteng juga tidak bisa asal dan harus memperhatikan kekurangan dan kelebihan pada jenis genteng tersebut. Dengan begitu, memilih jenis genteng yang sesuai kebutuhan memang harus dipikirkan secara matang. Sebab, ada beragam jenis genteng yang menawarkan ketahanan yang sangat kuat. Tak hanya itu saja, ada pula beragam jenis genteng yang memiliki keunggulan tampilan yang membuat kalian tertarik untuk segera membelinya.

Namun, jangan buru-buru memilih ya. Kalian juga harus mengetahui secara pasti genteng seperti apa yang benar-benar dibutuhkan oleh hunian kalian. Hal ini untuk meminimalisir atap rumah yang bocor karena kualitas dari genteng itu sendiri. Jika masalah genteng bocor terus menerus terjadi ketika musim hujan, tentu hal ini sangat merepotkan. Inilah yang menyebabkan kalian harus melakukan perencanaan yang matang sebelum memilih jenis genteng. Nah, pada artikel kali ini akan membahas jenis genteng sesuai dengan fungsinya yang perlu kalian ketahui. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Genteng Beton

Jenis genteng beton menjadi alternatif kalian jika ingin mempunyai genteng yang kokoh dan tahan lama terhadap cuaca. Genteng beton sendiri terbuat dari semen, pasir, dan abu bekas pembakaran batu bara. Bahkan, ketahanan jenis genteng yang satu ini bisa mencapai 50 tahun lamanya serta tahan terhadap api dan tidak mudah bocor. Selain itu, genteng beton juga tidak memerlukan perawatan khusus.

Sudah ada tampilan genteng beton yang beraneka ragam yang cocok untuk konsep rumah minimalis. Meski begitu, genteng beton juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu mempunyai bobot yang sangat berat sehingga membebani struktur hunian.

2. Genteng Asbes

Jenis genteng asbes memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin perlu kalian ketahui. Adapun kelebihannya jenis genteng asbes yaitu harganya relatif murahmudah dipasang serta tidak memerlukan banyak kayu reng. Meski begitu, ada juga kelemahan dari jenis genteng yang satu ini. Hal ini lantaran adanya serat asbes dalam bentuk partikel kecil yang dapat terlepas dan terhirup oleh manusia dan dapat menyebabkan penyakit paru-paru.

3. Genteng Tanah Liat

Selanjutnya, jenis genteng yang bisa menjadi referensi hunian kalian yaitu jenis genteng tanah liat. Jenis genteng yang satu ini menjadi salah satu genteng yang paling umum digunakan. Kini, ada banyak tampilan genteng tanah liat sehingga memberikan kesan yang modern. Selain itu, jika kalian mencari harga genteng yang sedikit miring, genteng tanah liat ini sangat cocok.

Meski terbilang murah, genteng tanah liat ini mempunyai kelebihan yaitu bisa bertahan hingga bertahun-tahun lho. Adapun kekurangan jenis genteng tanah liat yaitu warnanya mudah memudar dan jika memasangnya tidak tepat membuat jenis genteng ini mudah bocor.

4. Genteng Keramik

Genteng keramik merupakan genteng yang bisa diandalkan untuk mendapatkan hunian yang antibocor. Sebenarnya, genteng keramik sama halnya dengan genteng tanah liat, dimana proses pembuatannya menggunakan tanah liat. Hanya saja, genteng keramik menjalani proses lebih lanjut dan kemudian mendapatkan pelapisan glazur yang membuatnya terlihat mengkilat.

Tampilan mengkilat pada genteng keramik membuatnya terlihat lebih mewah dan menjadi salah satu kelebihannya. Jenis genteng keramik ini juga mempunyai bobot yang ringan. Hanya saja, harga genteng ini cukup mahal dan proses pemasangannya juga harus dilakukan dengan tingkat kemiringan minimal 30 derajat agar berfungsi secara maksimal.

5. Genteng Aspal

Selanjutnya, jenis genteng yang bisa mempercantik hunian kalian yaitu genteng aspal. Genteng ini terbuat dari fiberglass dan aspal yang dilapisi mineral. Umumnya, kalian menjumpai dua model genteng yaitu model dasar dan bergelombang. Adapun kelebihan dari jenis genteng yang satu ini yaitu dapat membuat rumah menjadi sejuk karena genteng aspal dapat menyerap sinar matahari.

Selain itu, genteng aspal juga sangat praktis dalam pemasangan, ringan, tahan angin, serta tahan terhadap api. Itulah yang membuat genteng jenis ini memiliki harga yang sangat mahal.

6. Genteng Metal

Genteng metal merupakan jenis genteng yang terbuat dari bahan metal yang sebelumnya sudah membentuk struktur genteng pada umumnya.  Genteng metal jauh lebih tebal daripada genteng aspal, tetapi memiliki bobot yang lebih ringan dan menyederhanakan struktur hunian, sehingga cocok untuk tampilan desain rumah yang minimalis.

Selain itu, genteng metal tergolong tahan lama dan kemungkinan bocor lebih sedikit. Namun, materialnya mudah menyerap panas dan cukup berisik saat terkena rintik hujan.

7. Genteng Metal Pasir

Berbeda dengan genteng metal, genteng metal pasir ini berbahan dasar inc alume yang bagian bawahnya dilapisi back coat zinc allimunium coating, primary epoxy, dan masih banyak lagi. Adapun keunggulan dari jenis genteng ini yaitu dapat meredam panas matahari serta meredam suara hujan.

Itulah sederet jenis genteng yang bisa kalian jadikan sebagai referensi hunian kalian. Semoga bermanfaat ya.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI