7 Jenis Ikan Kerapu yang Bisa Dibudidayakan, Kenali Ciri Fisiknya

Jum'at, 29 Januari 2021 13:44 Penulis: Dita Tamara
7 Jenis Ikan Kerapu yang Bisa Dibudidayakan, Kenali Ciri Fisiknya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ikan kerapu menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dicari untuk dikonsumsi. Hal ini lantaran ada beragam manfaat baik yang ditawarkan bagi kesehatan dan cita rasa yang unik sehingga banyak penggemarnya. Jenis ikan yang mendiami laut dangkal ini tergolong ikan predator karena memiliki gigi tajam serta rongga mulut yang lebar. Ikan kerapu juga memiliki banyak khasiat. Bahkan, kandungan gizinya tak kalah dengan ikan salmon. Kerapu, mengandung omega 3, seng, magnesium, fosfor, dan lemak jenuh yang tinggi. Sehingga bagus dikonsumsi pengidap jantung, hingga menjaga postur tubuh buat kalian yang sedang melakukan diet.

Meski harga ikan kerapu terbilang mahal, namun ada beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Itulah mengapa jenis ikan yang satu menjadi alternatif sebagai ikan yang banyak dibudidayakan. Selain itu, dengan membudidayakan ikan kerapu tentu saja mendatangkan keuntungan lantaran menjadi mata pencaharian. Nah, berikut ini ada sederet jenis ikan kerapu yang banyak dibudidayakan. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Ikan Kerapu Batik

Jenis ikan kerapu yang banyak dibudidayakan yaitu jenis kerapu batik. Diketahui, jenis kerapu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan banyak di daerah perairan kepulauan, khususnya di wilayah perairan atol. Ikan kerapu batik menjadi jenis ikan kerapu yang mempunyai harga jual yang tinggi serta memiliki rasa dagingnya yang begitu enak. Itulah mengapa banyak masyarakat yang akhirnya membudidayakan ikan batik ini.

Adapun ciri fisik dari jenis kerapu ini yaitu memiliki warna coklat pucat yang terdapat di badan sampai siripnya. Meski menjadi jenis kerapu yang potensial untuk dibudidayakan, namun kekurangannya yaitu membutuhkan waktu yang lama untuk dipanen, yaitu sekitar 8 bulan.

2. Ikan Kerapu Macan

Selanjutnya, jenis ikan kerapu yang bisa dibudidayakan yaitu ikan kerapu macan. Diketahui, jenis kerapu ini berasal dari Indonesia dan tersebar di hampir seluruh perairan Indonesia. Kerapu ini memiliki bentuk fisik yaitu seperti macan tutul, dimana memiliki kombinasi corak yakni hitam dan kuning. Sisik mengkilap dan bermotif loreng juga menjadi ciri khas ikan kerapu macan ini.

Ikan kerapu macan juga menjadi jenis ikan yang memiliki harga jual yang tinggi dan banyak diperjual belikan di pasaran. Umumnya, ukuran dari jenis kerapu ini yaitu mencapai kurang lebih 15-25 cm.

3. Ikan Kerapu Lumpur

Jenis ikan kerapu yang tak kalah dijadikan budidaya hingga sekarang yaitu ikan kerapu lumpur.  Sesuai dengan namanya, ikan ini dinamakan ikan kerapu lumpur karena hidupnya suka berada di daerah yang berlumpur. Meski begitu, kualitas daging dari jenis kerapu ini sangat baik. Diketahui potensi penyebaran ikan kerapu lumpur ini cukup besar, sebab sangat mudah dibudidayakan.

Ikan kerapu lumpur ini sndiri sudah dibudidayakan di daerah Kepulauan Riau dan Sumatera Utara, seeperti Kabupaten/Kota Nias, Tapanuli Tengah, Sibolga, Langkat, Deli Serdang, dan Medan.  Panjang maksimal ikan kerapu lumpur bisa mencapai 1 meter lebih dengan bobot mencapai 30-40kg. Meskipun mudah dibudidayakan, harga jual dari kerapu lumpur ini termasuk tinggi.

4. Ikan Kerapu Tikus

Sesuai dengan namanya, ikan kerapu tikus terbilang mirip sekali dengan tikus dari sisi wajahnya. Tak hanya di Indonesia, jenis kerapu ini juga banyak ditemukan di Australia dan Indonesia. Bisa dibilang, harga yang ditawarkan dari kerapu tikus ini cukup mahal. Hal ini lantaran kerapu tikus memiliki daging yang paling enak dibandingkan dengan kerapu jenis lainnya.

5. Ikan Kerapu Sunuk

Kerapu sunuk juga biasa disebut dengan ikan kerapu merah. Ikan ini memiliki warna kulit merah dengan bintik-bintik biru berwarna gelap pada pinggirannya. Jenis ikan kerapu ini dikenal cukup langka, karena sulit ditemukan dan jumlah pembudidaya ikan kerapu sunuk tidak banyak. Akibatnya, ikan ini memiliki harga yang sangat mahal. Tentu saja, harga jual yang ditawarkan seimbang dengan rasa daging kerapu sunuk yang begitu lezat.

6. Ikan Kerapu Cantang

Ikan kerapu cantang menjadi salah satu jenis ikan kerapu yang terbilang unik lantaran bentuk dan warna tubuhnya. Ikan kerapu cantang adalah salah satu bukti inovasi bahwa persilangan antara jenis ikan kerapu macan dan kerapu kertang bisa menghasilkan jenis ikan kerapu baru.

Adapun ciri dari ikan kerapu ini yaitu memiliki ciri khas warna kulit yang coklat kehitaman dengan corak garis melintang di seluruh badannya. Bagian yang menjadi ciri khas ikan kerapu ini juga terdapat pada mulut ikan kerapu yag terdapat gigi berderet dua baris yang ditambah lagi di ujung setiap giginya mempunyai gigi yang lancip.

7. Jenis Ikan Kerapu Muara

Selanjutnya, jenis ikan kerapu yang dibudidayakan yaitu kerapu muara. Jenis kerapu ini juga mudah ditemukan dan dikonsumsi lantaran kualitas dagingnya yang cukup baik. Ada ciri fisik dari jenis kerapu muara yaitu memiliki warna kulit berwarna cokelat dan biasanya hidup di laut dangkal maupun di daerah hutan bakau. Kerapu muara memiliki nama latin Epinephelus Coioides dengan ukuran maksimal mencapai 1 meter lho.

Itulah sederet jenis ikan kerapu yang sering dibudidayakan. Semoga menambah pengetahuan kalian ya.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI