7 Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan, Mengurangi Depresi - Meningkatkan Kecerdasan Otak

Senin, 03 Agustus 2020 20:11 Penulis: Dita Tamara
7 Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan, Mengurangi Depresi - Meningkatkan Kecerdasan Otak
Manfaat ikan kerapu (credit; instagram.com/rm.hongkong)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian salah satu orang yang ketika makan juga melihat manfaat yang terkandung di dalam makanan tersebut? Seperti manfaat ikan kerapu yang satu ini. Memiliki nama lain Epinephelinae sp, ikan kerapu memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. 

Ikan memang terkenal dengan kandungan gizi yang baik. Ikan kerapu juga memiliki banyak khasiat. Bahkan, kandungan gizinya tak kalah dengan ikan salmon. Kerapu, mengandung omega 3, seng, magnesium, fosfor, dan lemak jenuh yang tinggi. Sehingga bagus dikonsumsi pengidap jantung, hingga menjaga postur tubuh buat kalian yang sedang melakukan diet.

Meski harga ikan kerapu terbilang mahal, namun ada beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat ikan kerapu lainnya? Daripada penasaran, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Mengurangi Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Semua orang pasti pernah merasa sedih atau murung. Depresi jika dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan, maka hal tersebut dapat memperburuk keadaan si penderita.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu sangat diperlukan obat depresi yang ampuh demi meningkatkan kualitas hidup. Kalian bisa mengonsumsi ikan kerapu yang dipercaya mampu mengatasi depresi. Oleh sebab itu, hidup seseorang akan menjadi produktif lagi.

2. Anti Kolesterol

Pada dasarnya, kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Tak heran jika penyakit kolesterol menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang dan sangat perlu untuk dihindari.

Namun, manfaat ikan kerapu rupanya mampu membantu untuk mengatasi kolesterol dengan mengonsumsinya secara rutin. Hal ini karena kandungan minyak ikan didalamnya yang ampuh dalam menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh, sehingga menjauhkan diri dari gangguan jantung koroner.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Rutin makan ikan telah terbukti dapat membantu merangsang dan meningkatkan kecerdasan otak. Sebab, ikan merupakan jenis makanan dengan kandungan omega-3 yang berfungsi baik untuk otak. Oleh sebab itu, mengonsumsi ikan kerapu bisa menjadi salah satu solusinya.

Jenis ikan laut yang satu ini ternyata memang baik dikonsumsi untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat. Selain itu, tentu saja ikan kerapu juga mengandung nutrisi yang dapat membuat otak lebih cerdas. Bagi kalian pencinta makanan laut, jangan lupa untuk memasukkannya ikan kerapu dalam menu makanan harian ya.

4. Cocok Untuk Diet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat ikan kerapu salah satunya cocok untuk dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjalani program diet. Jadi, jika selama ini banyak orang yang menjalani program diet hanya dengan sayuran dan buah. Namun, kini kalian dapat memilih ikan kerapu sebagai salah satu menu andalan diet. Sebab, kandungan vitamin, protein, dan omega-3 di dalam ikan kerapu ampuh dalam menjaga berat badan kalian tetap ideal.

5. Cocok Dikonsumsi Pasien Pasca Operasi

Pasien yang telah melakukan operasi ada baiknya untuk mengonsumsi ikan kerapu. Proses operasi memang membutuhkan pembedahan besar sehingga tubuh harus dibius. Biasanya, pasien yang habis melakukan operasi akan rentan mengalami keracunan karena tubuhnya habis dibedah. Selain itu, luka yang terdapat pada jahitan operasi juga rentan mengalami infeksi. Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko keracunan dan memulihkan tubuh paska operasi, kalian bisa mendapatkan manfaat ikan kerapu dengan mengonsumsinya.

6. Mengurangi Rasa Nyeri Karena Angina Pectoris

Angena pectoris merupakan nyeri dada akibat penyakit jantung koroner. Selain itu, angina pektoris terjadi saat otot jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup karena pembuluh darah arteri pada jantung menyempit atau tersumbat.

Untuk mencegah dan mengatasinya sendiri kalian bisa menggunakan daging ikan kerapu ini sebagai alternatif penyembuhannya, caranya dengan mengonsumsi daging ikan ini secara teratur setidaknya seminggu sekali.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh sangat dibutuhkan supaya tidak terkena berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, kalian bisa mengonsumsi ikan kerapu karena kandungan asam amino, vitamin B kompleks, dan selenium yang berfungsi sebagai pembentuk jaringan, meningkatkan imunitas tubuh, dan merawat sistem pencernaan. Oleh sebabnya, mengonsumsi ikan kerapu bisa menjadi solusi meningkatkan imunitas tubuh.

Itulah beberapa manfaat ikan kerapu yang perlu kalian ketahui. Kalian bisa mengonsumsi ikan kerapu dengan cara mengolah menjadi berbagai jenis masakan sesuai selera. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI