7 Manfaat Memelihara Kucing, Dapat Hilangkan Stres dan Cegah Penyakit Jantung

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Manfaat Memelihara Kucing, Dapat Hilangkan Stres dan Cegah Penyakit Jantung
Manfaat memelihara kucing (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak di pelihara oleh manusia, itu karena kucing memiliki tingkah unik yang dapat membuat seseorang terhibur saat memeliharanya. Tak hanya dapat menjadi hewan peliharaan yang menghibur saja, nyatanya manfaat memelihara kucing sangat banyak lho untuk kesehatan.

Kucing masuk dalam hewan mamalia pemakan daging yang dapat berbaur bersama manusia dengan sangat baik. Menurut sejarah, kucing telah berbaur dengan manusia sejak 6000 tahun sebelum masehi. Itu terbukti dengan adanya orang-orang Mesir kuno yang telah memelihara kucing sebagai peliharaan untuk menjauhkan hewan pengerat seperti tikus di kebun mereka.

Tapi sayangnya tak semua orang bisa memelihara kucing. Ada yang alergi terhadap bulu kucing, bahkan kucing dianggap sebagai hewan yang dapat menyebarkan penyakit toksoplasmosis bagi perempuan, yang bisa membuat kematian pada janin serta kemandulan dalam rahim.

Tetapi tak semua buruk, nyatanya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan bila memelihara kucing, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat memelihara kucing dari segi kesehatan.

Jangan sampai kucing kesayangan yang dipelihara jadi lemas dan lesu gara-gara kekurangan gizi ya. Selalu cukupi kebutuhan nutrisinya dengan Muezza yang bisa kamu dapatkan di Shopee dan juga Tokopedia.

 

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat memelihara kucing yang pertama yaitu dapat memelihara kekebalan tubuh. Mengapa begitu? Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyebut bahwa anak-anak yang berada pada usia di bawah satu tahun memiliki kemungkinan kecil terpapar alergi karena interaksi dengan terhadap kucing.

Dan kucing dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjauhkan alergi yang mungkin saja dapat menyerang tubuh. Itu karena, anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih berproses. Maksudnya di sini adalah, pada tahun pertama kehidupan mereka, para anak-anak akan diperlihatkan dengan begitu banyak penyakit di dunia ini.

Sehingga metabolisme dalam tubuh mereka menyesuaikan keadaan lingkungan dan merespon dengan baik terhadap infeksi baru. Itulah mengapa alergi dari kucing dapat membuat sistem kekebalan tubuh dalam anak yang dapat dengan kuat menahan alergi lain yang suatu waktu akan datang.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mengatasi Kesepian

Memiliki kucing di rumah dapat mengatasi kesepian dengan sangat baik loh Klovers. Dengan tingkahnya uniknya yang terkadang aktif dan terkadang manja dapat membuat seseorang yang merasa kesepian akan terhibur dengan tingkah kucing. Dengan menyentuh kucing, kita juga tak akan merasa sendirian dan dapat mengembalikan mood dengan cepat.

Bila kalian merupakan seseorang yang takut dengan sentuhan, maka memelihara kucing adalah solusi yang baik untuk mengembalikan ketenangan dan bisa dengan cepat mengontrol emosi serta ketakutan akan sentuhan. Tak hanya itu saja, dengan bermain dengan kucing dapat membuat kita merasakan hal seperti memberi dan menerima cinta.

 

 

3. Menghilangkan Stres dan Gelisah

Manfaat memelihara kucing selanjutnya yaitu dapat menghilangkan stres dan juga gelisah dalam tubuh kita. Saat ini, banyak sekali manusia yang mudah terserang kegelisahan dan stres di dalam tubuh mereka akibat pekerjaan serta lingkungan sekitar. Tetapi dengan kita menghabiskan waktu bersama kucing, maka kita akan dapat melepas hormon oksitosin didalam tubuh.

Dan hormon inilah yang dipercaya dapat menciptakan rasa tenang dan juga relax dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat membantu menstabilkan kondisi kesehatan mental seperti stres dan rasa gelisah yang berlebihan di dalam tubuh. Bukan itu saja, ternyata suara kucing mendengkur juga dapat memberikan efek positif pada tubuh kita.

Hal tersebut karena, suara dengkuran kucing berada pada frekuensi 25-50 hertz. Pada beberapa penelitian klinis ditemukan bahwa, orang-orang yang terpapar frekuensi suara pada rentang tersebut akan banyak mendapatkan manfaat kesehatan seperti meningkatnya kepadatan tulang, meredakan rasa sakit, dan mempercepat proses pemulihan otot serta tendon.

 

 

4. Mencegah Penyakit Jantung

Ternyata selain mengatasi stress dan gelisah, manfaat memelihara kucing yang lainnya juga dapat mencegah penyakit jantung loh. Memiliki dengkuran yang dapat menghilangkan gelisah dan stres merupakan langkah awal untuk mengurangi risiko jantung 30 persen.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Vascular and Interventonal Neourology menyatakan bahwa, memelihara kucing dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi bukan hanya dapat terkena penyakit jantung tetapi juga stroke. Itulah mengapa memelihara kucing dapat mencegah penyakit jantung dan tentu saja sangat baik bagi penderita penyakit jantung.

 

 

5. Menjaga Lingkungan Bersih

Dengan memelihara kucing, kita dapat membuat lingkungan tetap bersih dari gangguan hewan pengerat serta serangga yang akan masuk ke dalam rumah. Kucing akan selalu waspada pada hama yang sengaja masuk ke dalam rumah. Itu terbukti dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa, 3.500 tahun sebelum masehi kucing telah digunakan sebagai hewan peliharaan yang menjauhkan hewan pengerat di kebun.

Pada sebuah penelitian yang lain juga menyatakan bahwa, wabah penyakit pes yang dulu melanda negara Eropa itu terjadi akibat populasi kucing yang terus turun dengan pesat. Hal tersebut dikarenakan pembunuhan massal terhadap kucing yang terjadi saat itu. Akibatnya, tikus dapat dengan bebas berkembang biak dan membawa penyakit pes tersebut pada manusia.

 

 

6. Terapi Autisme

Manfaat memelihara kucing selanjutnya yaitu dapat menjadi terapi autisme untuk anak. Bila seseorang berinteraksi langsung dengan kucing, maka akan menciptakan suatu interaksi sosial. Oleh karena itu kucing dapat menjadi alat penyembuh bagi anak yang terkena autisme.

Sebuah penelitian di University of Missouri telah membuktikan bahwa interaksi para pengidap autisme dengan kucing dapat mengurangi autisme secara luar biasa, serta menjadi terapi yang baik bagi autisme. Itulah mengapa kucing juga menjadi salah satu binatang yang dapat memberikan penyembuhan bagi anak yang menderita autisme.

 

 

7. Penyelamat

Dan manfaat memelihara kucing yang terakhir yaitu dapat menjadi penyelamat. Tak hanya memberikan kebahagiaan serta kesehatan saja, ternyata kucing juga dapat menjadi penyelamat yang baik bagi majikannya. telah banyak aksi kucing yang telah menyelamatkan majikannya yang sakit bahkan tertimpa bencana.

diantaranya yaitu, seperti kucing yang menyelamatkan seorang balita yang akan jatuh dari tangga di China, lalu ada kucing di Montana yang membangunkan pemiliknya ketika pipa gas bocor, dan kucing yang menyelamatkan satu keluarga dari ular kobra di Mojokerto. Serta masih banyak lagi hal luar biasa yang di lakukan kucing dalam menyelamatkan manusia.

Itulah 7 manfaat memelihara kucing yang bisa kita dapatkan, tak hanya baik bagi kesehatan tubuh nyatanya kucing juga dapat menjadi pahlawan bagi majikannya.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending