10 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan, Bantu Kembalikan Stamina

Kamis, 23 April 2020 12:22 Penulis: Dhia Amira
10 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan, Bantu Kembalikan Stamina
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan, biasanya kita akan banyak mengonsumsi makanan untuk dapat mengembalikan stamina yang telah hilang seharian setelah melaksanakan ibadah puasa. Tapi terlalu banyak mengonsumsi makanan juga tidak baik loh untuk tubuh dan juga lambung kita. Ada baiknya kita mengonsumsi sedikit saja makanan tetapi baik untuk dikonsumsi saat puasa Ramadhan.

Kalian hanya perlu makan secukupnya tetapi dapat membuat stamina dalam tubuh kembali, tentu saja tak akan membuat tubuh kalian sakit. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 makanan yang baik dikonsumsi saat puasa Ramadhan.

 

 

 

1. Kurma

Makanan yang baik dikonsumsi saat puasa Ramadhan yang pertama yaitu adalah buah kurma. Semua umat muslim sudah mengetahui bahwa Rasulullah SAW telah menganjurkan kita untuk mengonsumsi 3 buah kurma saat berbuka puasa. Ternyata hal tersebut banyak manfaatnya loh KLovers, karena di dalam buah kurma terdapat serat yang tinggi.

Tak hanya itu saja, protein yang terdapat pada kurma sangat sulit untuk dicerna, sehingga waktu transisi di usus besar menjadi lebih lama. Itulah mengapa kurma dapat membuat kita menjadi kenyang.

Selain itu kurma juga baik dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki penyakit lambung, karena buah kurma memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengatasi penyakit lambung di dalam tubuh kita. Saat mengonsumsi kurma dengan perut kosong maka kandungan yang terdapat dari kurma mampu mengurangi peradangan pada dinding lambung dan menetralisir tingginya asam lambung.

2. Madu

Kita tahu bahwa rasa manis akan mengembalikan stamina di dalam tubuh, dan madu merupakan pemanis alami yang tentunya sehat dalam tubuh. Kalian dapat menjadikan madu sebagai makanan yang baik di konsumsi saat puasa Ramadhan dengan memberikannya di minuman atau menjadi selai untuk roti.

Di dalam madu terdapat kandungan kalori yang tinggi akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa yang baik untuk mengembalikan energi dan sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang melaksanakan ibadah puasa.

3. Ubi Madu

Ubi madu atau ubi cilembu masuk dalam keluarga ubi-ubian, tetapi memiliki perbedaan dengan rasa manis yang begitu kuat. Karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, membuat ubi madu dapat memberikan energi lebih bagi yang mengonsumsinya.

Di dalam ubi cilembu juga terdapat kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang dapat mengolah karbohidrat menjadi energi serta vitamin B2 yang dapat membantu memecah protein, lemak, dan juga karbohidrat untuk menjaga pasokan energi di dalam tubuh.

Maka dari itu, tak hanya baik dimakan saat berbuka puasa tetapi ubi madu juga baik untuk dikonsumsi saat sahur. Hal itu agar memberikan energi lebih pada kita saat melaksanakan ibadah puasa seharian penuh.

4. Roti Gandum

Makanan yang baik dikonsumsi saat puasa ramadhan selanjutnya yaitu roti gandum. Di dalam roti gandum terdapat karbohidrat kompleks, dan jenis karbohidrat ini lama untuk dicerna sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih cepat. Di dalam roti gandum juga terdapat kandungan serat yang tinggi dan dapat meredakan asam pada lambung.

Itulah mengapa roti gandum sangat cocok untuk kalian yang telah berpuasa seharian dan membutuhkan makanan yang dapat mengembalikan energi dengan cepat dan juga sehat.

5. Telur

Memiliki kandungan protein yang tinggi, membuat telur dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah seharian penuh menahan lapar dan juga haus. Telur juga memiliki kalori yang sangat rendah, jadi tentu saja aman untuk dikonsumsi lebih dari 1 butir.

Karena memiliki rasa yang netral, kalian bisa kok mengkreasikan telur dengan berbagai macam bahan lain yang dapat diolah, tentu saja enak dan pastinya mudah untuk dikerjakan.

6. Pisang

Ternyata pisang juga masuk dalam makanan yang baik dikonsumsi saat puasa Ramadhan loh KLovers. Memiliki kandungan serat serta gula, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa bisa menjadikan pisang sebagai penambah energi setelah melaksanakan puasa seharian penuh. Karena memiliki serat yang tinggi, membuat pisang juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan tentunya dapat membuat kenyang dengan cepat.

Memiliki tekstur yang lembut, pisang juga dapat melancarkan pencernaan kita loh. Mungkin ada dari kalian yang sulit untuk buang air besar karena kondisi saat berpuasa. Maka pisang menjadi solusinya, tentu saja dibarengi dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

7. Beras Merah

Sama seperti roti gandum, ternyata beras merah juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat membuat kita dapat kenyang dengan cepat dan tentu saja dapat membuat kita juga kenyang lebih lama. Selai itu, karena mengandung serat yang tinggi membuat beras merah juga dapat memperlancar pencernaan. Itulah mengapa mengonsumsi beras merah saat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sangatlah baik.

8. Kacang Almond

Ternyata kacang juga dapat menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat puasa ramadhan loh, tetapi kacang yang digunakan adalah kacang almond ya. Karena di dalam kacang almond terdapat kandungan protein yang tinggi serta lemak.

Kedua kandungan ini akan memberikan asupan energi sehingga tubuh akan kembali berenergi saat berbuka puasa. Lemak yang dikandung oleh kacang almond juga termasuk lemak tidak jenuh sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

9. Susu

Untuk mendapatkan energi lebih saat melaksanakan ibadah puasa, kalian dapat mengonsumsi susu setiap hari saat bulan Ramadhan. Kalian bisa mengonsumsi susu sapi yang tinggi akan protein dan juga lemak, agar dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.

Kalau tak dapat mengonsumsi susu sapi, kalian bisa mengonsumsi susu kambing, susu kedelai, atau susu almond. Susu-susu tersebut juga memiliki kadar protein dan lemak yang sama seperti susu sapi dalam meningkatkan energi pada tubuh, jadi rajin-rajin minum susu ya KLovers.

10. Kentang

Dan makanan yang baik dikonsumsi saat puasa Ramadhan yang terakhir adalah kentang. Selain beras merah dan juga gandum, kentang juga memiliki karbohidrat yang tinggi loh KLovers. Makanya kentang masuk ke dalam jenis makanan pokok pengganti beras dan juga jagung.

Kandungan karbohidrat di dalam kentang cukup banyak sehingga dengan mengonsumsi kentang, maka akan memberikan banyak energi bagi tubuh dan juga dapat menjadi cadangan energi bagi tubuh.

Itulah 10 makanan yang baik dikonsumsi saat puasa Ramadhan. Kalian dapat mengkreasikan semua makanan di atas menggunakan bahan makanan lain, tetapi perlu diingat bahwa semua yang di konsumsi secara berlebihan akan tidak baik dan dapat merusak lambung. Jadi tetap makan dengan kadar yang normal ya KLovers. Selamat menunaikan ibadah puasa.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI