7 Rekomendasi Film Keluarga yang Bisa Ditonton saat Hari Raya Idul Fitri

Minggu, 09 Mei 2021 12:11 Penulis: Dhia Amira
7 Rekomendasi Film Keluarga yang Bisa Ditonton saat Hari Raya Idul Fitri
(credit: wikipedia)


Kapanlagi Plus - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, namun tetap saja kita tidak bisa banyak berkegiatan di luar ruangan. Hal ini karena pandemi covid-19 yang masih belum usai. Untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, kita bisa mencari kegiatan sendiri di rumah, salah satunya dengan menonton film bersama keluarga. Ada banyak rekomendasi film keluarga yang bisa kalian tonton.

Salah satu rekomendasi film keluarga yang bisa kalian tonton di hari raya Idul Fitri yaitu film bertema Islami. Film yang bertema Islami ini bukan hanya menghibur kalian dalam menikmati waktu, namun juga ada banyak pembelajaran yang bisa kalian dapatkan dalam rekomendasi film keluarga berikut ini.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 rekomendasi film keluarga yang bisa ditonton saat hari raya Idul Fitri. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. KELUARGA CEMARA

Rekomendasi film keluarga yang pertama yaitu ada film berjudul KELUARGA CEMARA. Film ini bercerita dengan sebuah keluarga yang harus berusaha dan beradaptasi dengan cobaan hidup. Film KELUARGA CEMARA bisa menjadi salah satu tontonan yang baik karena kita akan disajikan bagaimana semua masalah bisa diatasi bila keluarga tetap bersatu dan kompak.

Film KELUARGA CEMARA merupakan film yang dirilis pada tahun 2018, dan termasuk salah satu film yang cukup populer di Indonesia. Dengan cerita yang sederhana dan menarik, membuat film KELUARGA CEMARA patut jadi salah satu daftar film yang harus kalian tonton di liburan hari raya ini.

 

2. MENCARI HILAL

Kemudian rekomendasi film keluarga yang selanjutnya yaitu ada film berjudul MENCARI HILAL. Film ini merupakan salah satu film religi yang populer di Indonesia. Film MENCARI HILAL yang ditayangkan pada tahun 2015 lalu ini secara garis besar menceritakan upaya seorang bernama Mahmud yang tidak setuju dengan anggaran mencari hilal yang tidak masuk akal.

Dalam perjalanannya memperjuangkan hal yang ia yakini, Mahmud harus terus berjuang, baik dengan anaknya yang berbeda pendapat, dan dengan fakta yang sebelumnya membuat ia terguncang terkait anggaran sidang Isbat. Cerita film MENCARI HILAL sendiri sangat cocok jika disaksikan bersama keluarga. Tema religi yang dibawanya dibungkus dengan rapi, dengan balutan suasana kekeluargaan yang kental, konflik yang menarik, serta interaksi yang hangat.

 

3. EMAK INGIN NAIK HAJI

Bagi kalian pecinta film Indonesia, maka kalian akan tahu tentang Reza Rahadian yang selalu sukses dalam film yang ia mainkan. Dan salah satu film tersebut berjudul EMAK INGIN NAIK HAJI. Film bertemakan Islami ini merupakan film yang dirilis pada tahun 2009. Film ini akan cocok banget ditonton bareng keluarga.

Film ini bercerita tentang tokoh Emak, seorang wanita berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati. Ia sama seperti umat Islam lainnya yang sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Kehidupan Emak sehari-hari hanya bergantung pada hasil jualan kue. Disinilah cerita dimulai dengan cerita yang sangat menyentuh hati.

 

4. ALI

Tidak hanya cerita fiksi saja, kalian juga bisa loh menjadikan film biografi sebagai salah satu rekomendasi film keluarga yang layak ditonton pada Hari Raya Idul Fitri. ALI adalah sebuah film drama olahraga biografi Amerika 2001 yang ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh Michael Mann. Film tersebut mengisahkan tentang sepuluh tahun kehidupan petinju Muhammad Ali, yang diperankan oleh Will Smith.

Disini kita akan diajak lebih dalam untuk mengenal Muhammad Ali sang petinju legendaris dari Amerika Serikat. Dan bagaimana kisah Ali masuk dalam agama Islam, dan terus bangga dengan agama tersebut hingga akhir hayatnya. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dalam film ALI ini, serta sangat cocok ditonton bersama dengan keluarga tercinta.

 

5. MALCOLM X

Masih dengan film biografi, kali ini ada pula film dari Hollywood yang berjudul MALCOLM X. Film ini menceritakan banyak peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan MALCOLM X, dari karir kriminal, penahanannya, perpindahannya ke Islam, pelayanannya sebagai anggota Nation of Islam, dan perselisihannya dengan organisasi tersebut, hingga pembunuhannya pada 21 Februari 1965.

Film ini akan membuat kalian terpaku dengan kehidupan MALCOLM X yang begitu luar biasa. Film MALCOLM X tayangkan oleh Warner Bros dan dirilis pada tahun 1992. Pemeran MALCOLM X, Denzel Washington memenangkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik dan dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Terbaik . Pada tahun 2010, film tersebut dipilih untuk pelestarian di Registri Film Nasional Amerika Serikat oleh Library of Congress.

 

6. FETIH 1453

Kemudian film rekomendasi keluarga yang lainnya yaitu ada film berjudul FETIH 1453. Film yang berasal dari Turki ini menjadi salah satu film populer dan legendaris bagi umat muslim. Bagaimana tidak, film ini menceritakan kisah tentang sultan Mehmed II atau dikenal dengan Muhammad Al Fatih yang berhasil merebut Kota Konstantinopel.

disutradarai oleh Faruk Aksoy dan diproduksi oleh Faruk Aksoy, Servet Aksoy dan Ayse Germen. Film tersebut dibuat selama tiga tahun, dan dirilis di negara-negara yang berbeda pada tahun 2012. Salah satunya yaitu Amerika Serikat, Perancis, Mesir, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, Georgia, Jerman, Belanda, Makedonia, Rusia, Azerbaijan, Korea Selatan, Jepang dan beberapa negara lainnya.

 

7. BILAL: A NEW BREED OF HERO

Dan film rekomendasi keluarga yang terakhir yaitu ada film berjudul BILAL: A NEW BREED OF HERO. Bagi kalian yang sedang mencari film kartun, maka film satu ini bisa menjadi salah satu daftar film yang wajib kamu tonton saat libur hari raya. Film ini menceritakan tentang kisah Bilal bin Rabah, yang merupakan pengumandang adzan pertama dan merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW.

Film BILAL: A NEW BREED OF HERO dirilis pada tahun 2015 dan merupakan salah satu film dari negara Uni Emirat Arab. Film yang menceritakan kisah perjuangan Bilal yang dibalut sedikit cerita menarik, membuat Bilal menjadi tokoh pahlawan yang kuat, hebat, namun baik hati serta pemaaf.

Itulah 7 film rekomendasi keluarga yang bisa ditonton saat hari raya Idul Fitri. Kalian bisa menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga dengan menonton film bertema Islami yang menghibur dan menginspirasi.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI