7 Tips Setelah Bepergian, Lakukan Ini Ketika Sampai Rumah untuk Cegah Corona Covid-19

Jum'at, 27 Maret 2020 14:22 Penulis: Dita Tamara
7 Tips Setelah Bepergian, Lakukan Ini Ketika Sampai Rumah untuk Cegah Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Di tengah- tengah mewabahnya pandemi virus corona atau covid-19, gerakan di rumah saja sudah digencarkan demi terhindar penularan virus corona. Meski begitu tak jarang, beberapa orang masih bepergian entah karena pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah ataupun keperluan mendadak seperti membeli kebutuhan pokok.

Di situasi seperti ini, pemicu penularan virus ini bisa terjadi di mana saja. Hal ini terjadi karena pada saat berpergian, mungkin saja kalian terinfeksi oleh virus ini. Oleh sebabnya, kebersihan merupakan hal terpenting untuk dilakukan. Lalu, apa saja yang harus dilakukan setelah bepergian?

1. Masuk Rumah Tanpa Alas Kaki

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni biasakan untuk melepas sepatu di depan pintu sebelum memasuki rumah. Buang semua benda yang tidak kalian butuhkan seperti tanda terima pembelian, atau kertas kecil-kecil di saku kalian.

Kebiasaan sebagian orang, ketika memasuki rumah dalam keadaan capek, melepas sepatu merupakan hal yang malas untuk dilakukan. Sering kali tanpa sadar, menggunakan sepatu memasuki rumah sudah biasa dilakukan.

Padahal, sepatu salah satu benda pembawa kuman maupun virus. Sepatu yang telah dikenakan seharian penuh di tempat becek, berdebu, berlumpur, atau bahkan menginjak kotoran hewan. Itu sebabnya jangan malas untuk melepas alas kaki sebelum memasuki rumah.

2. Buang Masker Setelah Digunakan

Saat ini, masker memang menjadi alat utama untuk menghalangi ataupun mencegah virus corona. Penggunaan masker disarankan bagi orang yang sedang sakit, maupun orang yang melakukan pencegahan agar tidak tertular virus yang mematikan ini.

Akibat dari mewabahnya virus corona, masker lebih sulit untuk didapatkan di pasaran. Orang cenderung memakai kembali masker yang telah digunakan demi melindungi diri dari covid-19. Padahal, penggunaan masker yang benar yaitu sekali pakai, dalam artian harus membuang masker ketika setelah digunakan.

Mengapa demikian? Masker yang telah kalian gunakan seharian, bisa jadi sudah terkontaminasi virus dan juga bakteri. Itu sebabnya tidak dianjurkan memakai masker yang telah digunakan.

Masker merupakan benda sekali pakai, oleh sebabnya, hancurkan masker terlebih dahulu sebelum kalian membuangnya. Menghancurkan masker bisa dilakukan dengan cara menggunting masker dan masukkan ke dalam plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah.

3. Semprotkan Disinfektan pada Barang Bawaan

Sebelum memasuki rumah, langkah selanjutnya untuk menghindari penyebaran virus corona dengan menyemprotkan disinfektan pada barang bawaan. Disinfektan merupakan cairan yang dipercaya dapat membunuh atau mengurangi jumlah mikroorganisme ke tingkat bahaya yang lebih rendah.

Disinfeksi dapat diaplikasikan pada pakaian, ponsel, kacamata, kunci, perangkat kerja, laptop, dompet, dan benda-benda lainnya seperti kartu e-money yang digunakan untuk transportasi umum.

Sebenarnya, kegiatan disinfeksi memerlukan peralatan dan bahan yang memungkinkan untuk digunakan. Namun, akibat dari wabah corona, banyak alternatif membuat disinfektan secara mudah dan sederhana menggunakan bahan maupun produk rumah tangga.

4. Jangan Menyentuh Apapun

Biasakan ketika sampai rumah, jangan menyentuh apapun seperti main handphone terlebih dahulu, atau duduk santai sambil rebahan. Hindari juga kontak langsung dengan anak-anak maupun anggota keluarga lainnya.

Langkah ini untuk menghindari kemungkinan masih membawa bakteri atau virus dari luar rumah. Apabila kalian tetap menyentuh barang di rumah, hal ini dapat menyebabkan virus yang ada di tubuh kalian berpindah ke barang lain.

5. Cuci Tangan dengan Sabun

Tangan merupakan media utama penyebaran virus dan bakteri. Karenanya, setelah bepergian, sebelum tangan kalian menyentuh apapun, pastikan kalian mencuci tangan terlebih dahulu.

Selama mewabahnya virus corona covid-19, WHO dan pemerintah tidak henti-hentinya mengingatkan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Langkah mencuci tangan setelah bepergian merupakan langkah yang efektif. Sebab, selama bepergian, seseorang terpapar polusi udara dan menyentuh berbagai hal, yang dapat membuat mikroorganisme menempel di tangan kalian.

Ada baiknya lakukan cuci tangan menggunakan sabun. Selain itu, durasi mencuci tangan selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci bersih seperti di bagian sela-sela jari tangan, punggung tangan, dan pergelangan tangan.

6. Langsung Mandi

Seringkali kalian malas untuk mandi setelah bepergian, dengan alasan lelah dan ingin beristirahat sejenak. Meski terdengar sepele, kebiasaan buruk ini sebaiknya segera kalian tinggalkan. Mandi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kuman maupun cegah virus corona.

Setelah bepergian, banyak debu dan polusi yang menempel di tubuh kalian. Kuman maupun virus yang menempel bisa dihilangkan dengan cara mandi. Pastikan pakaian yang telah kalian kenakan, tempatkan di keranjang pakaian kotor. Kalian juga bisa memasukkan pakaian kotor kalian ke dalam mesin pencuci.

7. Barulah Menyapa Keluarga

Setelah 6 langkah di atas selesai dilakukan. Saatnya sudah bisa dikatakan aman untuk bercengkrama dengan keluarga. Selain itu, kalian juga bebas merebahkan tubuh anda ke kasur maupun sofa, dalam keadaan bersih dan terhindar dari kuman maupun virus.

(kpl/dtm/gen)

Reporter:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI