8 Cara Membuat Yogurt ala Rumahan, Lebih Praktis dan Terjangkau

Selasa, 03 November 2020 12:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Cara Membuat Yogurt ala Rumahan, Lebih Praktis dan Terjangkau
Cara membuat yogurt (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Cara membuat yogurt sendiri di rumah bisa menjadi alternatif konsumsi makanan probiotik tinggi yang mengandung bakteri baik bagi kesehatan tubuh. Berbekal bahan seadanya seperti susu bubuk ataupun yakult, yogurt dapat dibuat dengan mudah dan lebih terjangkau. Tekstur lembut, rasa asam namun nikmat untuk disantap membuat sajian makanan ini cocok untuk hidangan penutup.

Yogurt mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti kalsium, asam laktat, vitamin B, bakteri baik lactobacillus bulgaricus dan bakteri streptococcusb. Diantara nutrisi tersebut cukup baik untuk kesehatan tubuh yakni menjaga kesehatan tulang, mengontrol berat badan, serta sehat bagi kulit.

Menariknya yogurt juga kerap dijadikan makanan populer untuk diet sehat dengan berbagai kombinasi dari buah serta sayur. Sebut saja mulai dari salad, oatmeal, ataupun cake sangat cocok dikombinasikan dengan yogurt yang aslinya hanya memiliki sedikit rasa manis namun cenderung asam.

Yogurt memiliki rasa asam yang diperoleh karena hasil dari fermentasi susu dengan tambahan bakteri baik di dalamnya. Proses fermentasi yogurt tersebut dapat terjadi hanya dalam kurun waktu semalam setelah penyimpanan yogurt yang sudah diolah bersama bahan lainnya. Setelah waktu penyimpanan selesai atau fermentasi, yogurt dapat dinikmati dengan berbagai jenis resep dan varian rasa bersama bahan makanan lain seperti buah ataupun sayur.

Melihat proses pembuatan yogurt tersebut, tentunya tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri membuat yogurt ala rumahan yang lebih praktis dan terjangkau. Sebab yogurt tersebut bisa dibuat hanya berbahan susu bubuk ataupun yakult. Beberapa jenis yogurt yang bisa dikenali seperti greek yogurt, yogurt plain, frozen yogurt, ataupun yogurt cair.

Untuk lebih lengkapnya mengetahui cara membuat yogurt ala rumahan simak ulasannya di bawah ini. Berikut cara membuat yogurt ala rumahan yang bisa kalian praktikkan mudah dan lebih terjangkau.

 

1. Apa Itu Yogurt?

Meski yogurt cukup familiar dikenal masyarakat berbagai belahan dunia, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui makanan yang khas dengan warna putih, tekstur lembut serta rasa asam manis. Ya, yogurt merupakan produk olahan susu yang diproses melalui fermentasi dengan menambahkan sejumlah bakteri baik bernama lactobacillus bulgaricus. Kedua jenis bakteri tersebut diketahui menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh seperti pencernaan hingga kulit.

Melalui proses fermentasi tersebutlah menghasilkan yogurt yang memiliki rasa cenderung asam. Meski begitu sejumlah olahan makanan dengan menambahkan yogurt begitu nikmat dikonsumsi dan menambah cita rasa tersendiri. Selain itu penambahan bakteri baik dalam yogurt menjadikan olahan makanan ini tergolong makanan probiotik tinggi yang baik bagi tubuh.

 

2. Jenis Yogurt

Setelah membahas mengenai pengertian yogurt secara umum, terdapat beberapa jenis yogurt yang cukup populer diketahui banyak orang. Diantaranya yakni jenis yogurt sebagai berikut:

- Yogurt plain: yogurt plain merupakan salah satu jenis yogurt yang cukup banyak ditambahkan dalam sejumlah resep makanan seperti kue, salad, ataupun oatmeal. Yogurt ini memiliki rasa hambar serta tanpa tambahan gula.

- Yogurt Greek: yogurt jenis Greek merupakan sejenis yogurt olahan susu yang bertekstur kental dan lembut. Proses pembuatan yogurt Greek yang dilakukan lebih dari satu kali penyaringan tersebut membuat yogurt jenis ini punya tekstur berbeda dari yogurt pada umumnya. Namun yogurt Greek diketahui mengandung protein tinggi yang diperlukan tubuh.

- Yogurt non susu: pembuatan yogurt tak hanya dapat dilakukan dengan susu hewani melainkan juga bisa diproses menggunakan susu nabati seperti kedelai. Yogurt jenis ini dinamakan yogurt non susu yang sama-sama memiliki rasa nikmat.

- Kefir: yogurt ini dapat dibuat dengan berbagai jenis olahan susu yang kerap ditambahkan dalam sejumlah makanan seperti sereal, smoothies, oatmeal, ataupun granola. Kandungan gizi dalam kefir juga tak kalah memberikan manfaat bagi kesehatan.

 

3. Cara Membuat Yogurt Plain

Pengertian yogurt dan jenis-jenis yogurt di atas dapat menjadi gambaran umum terkait olahan makanan probiotik yang tinggi nutrisi serta vitamin. Selanjutnya kalian juga bisa membuat sendiri yogurt ala rumahan dengan bahan terjangkau dan praktis banget. Adapun resep dan cara membuat yogurt plain sebagai berikut dilansir dari merdeka.com.

Bahan yogurt:

- 1 liter susu murni.

- 50 ml bibit yogurt (dengan perbandingan 5 persen dari banyaknya susu murni).

Cara membuat yogurt:

- Panaskan susu murni hingga hangat dengan api kecil sambil diaduk hingga 30 menit.

- Setelah itu dinginkan susu murni beberapa saat dengan suhu ruangan.

- Campurkan bibit yogurt ke dalam susu murni menggunakan alat aduk yang sudah steril. Dapat memakai sendok yang sudah disterilkan dengan air panas.

- Lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan pada tempat gelap selama seharian penuh.

- Warna kekuningan akan muncul di atas permukaan susu setelah 24 jam disimpan.

- Untuk hasil yang lebih maksimal dapat melakukan penyimpanan beberapa hari lagi agar yogurt semakin kental dan asam.

- Yogurt siap dikonsumsi setelah rasa dan teksturnya sudah pas sesuai keinginan.

4. Cara Membuat Yogurt Susu Bubuk

Kombinasi dengan susu bubuk juga dapat kalian jadikan bahan cukup terjangkau serta mudah untuk membuat yogurt. Adapun resep dan cara membuat yogurt susu bubuk sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan yogurt:

- 1 liter susu fresh milk plain cair (bisa susu full cream).

- 4 sdm susu bubuk.

- 4 sdm plain yogurt (greenfields yogurt).

Cara membuat yogurt:

- Pertama masak susu cair dengan api kecil sampai hangat, lalu matikan api.

- Selanjutnya masukkan sedikit susu cair hangat ke dalam wadah yang berisi susu bubuk dan plain yogurt lalu aduk sampai merata. Saring dan masukkan susu hangat ke dalam panci lalu aduk kembali hingga tercampur merata.

- Setelah itu simpan dan tutup susu yang sudah dicampurkan satu sama lain selama 20 jam.

- Selanjutnya simpan di kulkas selama 24 jam.

- Yogurt plain siap untuk dikonsumsi.

 

5. Cara Membuat Yogurt Ice Cream

Yogurt ice cream dapat menjadi olahan menarik untuk menikmati sajian nikmat yoghurt yang dingin lagi mudah dipraktikkan. Adapun resep dan cara membuat yogurt ice cream sebagai berikut dilansir dari @sukaakaimasak.

Bahan yogurt:

200 ml yogurt.

- 1 yakult.

- 7 sdm whip cream bubuk.

Cara membuat yogurt:

- Dinginkan yogurt dan yakult di kulkas kurang lebih selama 1 jam.

- Campurkan semua bahan tersebut menggunakan mixer hingga merata.

- Lalu pindahkan adonan dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer hingga membeku.

- Ice cream yogurt dapat langsung dinikmati.

6. Cara Membuat Yogurt ala Rumahan

Yogurt ala rumahan bisa menjadi pilihan kalian selanjutnya menikmati sajian yogurt yang nikmat dan lebih terjangkau. Selain lebih terjangkau, cara membuat yogurt ala rumahan ini juga sangat praktis untuk dipraktikkan. Adapun resep dan cara membuat yogurt ala rumahan sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan yogurt:

- 200 ml susu full cream cair.

- 15 gram susu bubuk.

- 28 gram cimory squeeze.

Cara membuat yogurt:

- Pertama bersihkan dan sterilkan peralatan untuk membuat yogurt dengan merendam menggunakan air panas dan mendidih. Biarkan kering sendiri dan sisihkan.

- Masak susu cair dalam panci menggunakan api kecil sampai hangat.

- Selanjutnya masukkan sedikit susu cair hangat ke dalam wadah yang berisi susu bubuk dan biang yogurt, aduk merata.

- Selanjutnya masukkan campuran susu bubuk ke dalam panci susu hangat, saring dan aduk merata.

- Setelah itu masukkan ke dalam wadah tutup dengan kain dan diamkan selama 20 jam.

- Selanjutnya buka penutup yogurt setelah 20 jam dan yogurt ala rumahan siap dinikmati.

7. Cara Membuat Yogurt Buah Naga

Setelah mengetahui resep dan cara membuat yogurt sendiri, kalian juga dapat mengkreasikan yogurt dengan olahan populer. Salah satunya kombinasi antara yogurt dan buah naga dengan resep di bawah ini. Adapun cara membuat yogurt buah naga sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan yogurt:

- 50 gram buah naga, potong sesuai selera.

- 75 gram plain yogurt.

- 1 sdt gula semut.

Cara membuat yogurt:

- Pertama potong buah naga, lalu tata dan masukkan ke dalam wadah.

- Tambahkan yogurt dan masukkan kembali buah naga di atasnya.

- Lalu taburi gula semut.

- Yogurt buah naga siap disajikan.

8. Cara Membuat Yogurt Rice Cooker

Meski terdengar unik, namun rupanya rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat yogurt sendiri ala rumahan. Adapun resep dan cara membuat yogurt rice cooker sebagai berikut dilansir dari brilicious.brilio.net bersumber dari @_mi_cambio.

Bahan yogurt:

- 1 gram yogurt starter.

- 1 liter susu UHT whole milk.

- Sendok.

- Toples kecil.

- Termometer makanan.

Cara membuat yogurt:

- Tuangkan air sebanyak 500 - 600 ml ke dalam rice cooker. Nyalakan rice cooker dalam keadaan hangat (warm).

- Tuangkan susu cair dan tunggu selama 30 hingga 40 menit.

- Masukkan starter yogurt ke dalam susu hangat, dan aduk sampai rata.

- Bungkus rice cooker dengan penutup tebal sampai rapat kurang lebih 9 - 11 jam.

- Setelah 11 jam buka rice cooker dan aduk yogurt tersebut.

- Yogurt rice cooker dapat disajikan dan dinikmati.

9. Cara Membuat Yogurt Mint Saus

Yogurt mint saus dapat menjadi pilihan kalian untuk menikmati sajian yogurt dengan berbagai jenis kombinasi makanan seperti potatos wedges. Adapun resep dan cara membuat yogurt mint saus sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan yogurt:

- 200 gram yogurt.

- Segenggam mint.

- 1 sdm air jeruk lemon.

- 1 sdm gula pasir.

- Sejumput garam.

Cara membuat yogurt:

- Pertama siapkan semua bahan lalu campurkan semua bahan menjadi satu.

- Selanjutnya aduk sampai merata.

- Pindahkan dalam wadah tertutup. Lalu masukkan kulkas agar lebih nikmat.

- Yogurt mint saus siap dikonsumsi.

10. Cara Membuat Yogurt Salad

Salad buah menjadi sajian paling populer untuk menikmati yogurt. Adapun resep dan cara membuat yogurt salad buah sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan yogurt:

- 1 buah apel fuji.

- 1 buah kiwi.

- 1 buah mangga.

- 7 buah stroberi.

- 100 gram anggur merah.

Bahan penyajian:

- 1 bungkus yogurt blueberry (bisa pakai yogurt homemade).

- 3 sdm mayonnaise.

- 1 sdm minyak zaitun.

Bahan pelengkap:

- 1 buah nanas.

- Chia seed untuk taburan.

Cara membuat yogurt:

- Pertama siapkan semua buah dan kupas dari kulitnya. Potong buah sesuai selera.

- Selanjutnya rendam stroberi dan anggur dengan sedikit mama lime untuk menghilangkan debu dan kotoran.

- Masukkan semua potongan buah dalam wadah tertutup, simpan di kulkas selama 1-2 jam.

- Selanjutnya siapkan yogurt yang dicampur dengan mayonnaise, minyak zaitun aduk merata. Simpan di kulkas.

- Potong buah nanas memanjang dan ambil dagingnya.

- Tata buah di dalam wadah nanas, lalu beri sedikit chia seed dan daun mint.

- Sajikan bersama saus yogurt.

Nah itulah cara membuat yogurt ala rumahan. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI