8 Cara Mencegah Jerawat Akibat Memakai Masker Selama Pandemi Covid-19

Jum'at, 13 Agustus 2021 14:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
8 Cara Mencegah Jerawat Akibat Memakai Masker Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi (Credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Pada masa pandemi covid-19 ini, masyarakat dihimbau untuk selalu taat protokol kesehatan. Itu berarti, kalian harus selalu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Sayangnya, ada masalah yang ditimbulkan oleh pemakaian masker yang terlalu lama. Banyak keluhan mengenai munculnya jerawat. Hal itu bisa terjadi karena mungkin masyarakat belum tahu cara mencegah jerawat akibat memakai masker terlalu lama.

Pemakaian dalam waktu yang lama berpotensi menimbulkan lecet, ruam, hingga jerawat karena masker membuat wajah jadi lembab dan panas. Kondisi itu disebabkan oleh napas yang terperangkap. Setelah itu, minyak dan keringat bisa menumpuk, hingga kalian perlu mencari cara mengah jerawat akibat memakai masker terlalu lama.

Meski begitu, kalian tak perlu khawatir. Masker tetap harus dipakai sebagai bentuk perlindungan pada diri dan orang lain dari virus covid-19. Nah, sekarang waktunya kalian menyimak cara mengah jerawat akibat memakai masker terlalu lama yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

 

1. Cara Mencegah Jerawat Melalui Penggunaan Masker

1. Ganti Masker 4 Jam Sekali

Selain agar fungsi masker tetap efektif dalam mencegah penyebaran covid-19, menjaga kebersihan masker merupakan salah satu cara mengah jerawat akibat memakai masker terlalu lama. Hindari penggunaan masker lebih dari empat jam. Ganti juga masker setelah makan karena kalian pasti membukanya dalam waktu yang cukup lama.

Apalagi saat masker sudah terasa lembab, basah, atau kotor, kalian harus segera menggantinya. Dengan begitu, wajah kalian juga akan tetap bersih dan terlindung dari kotoran penyebab jerawat.

2. Gunakan Masker Katun

Selain masker medis, pemakaian masker kain pun dianjurkan. Oleh karena itu, kalian perlu menentukan bahan masker yang dipilih. Masker katun membuat kalian tetap bisa bernapas dan tak menyebabkan iritasi kulit.

3. Cuci Masker

Cara mengah jerawat akibat memakai masker terlalu lama selanjutnya, yaitu jangan memakai masker berulang kali. Jika itu masker kain, kalian harus mencucinya sebelum dipakai lagi.

Punya masker kain lebih dari satu merupakan hal yang dianjurkan. Saat masker yang satu dicuci, kalian masih punya cadangan untuk dipakai.

 

2. Cara Mencegah Jerawat Melalui Perawatan Wajah

4. Bersihkan Wajah Sebelum dan Sesudah Pakai Masker

Membersihkan wajah menjadi cara mengah jerawat akibat memakai masker yang tak boleh dilupakan. Tak hanya setelah bepergian atau setelah memakai masker, kalian juga perlu membersihkan wajah sebelum memakainya.

Bersihkan wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kalian pakai makeup, sabun saja tak cukup maka siapkan pembersih, balm, atau micellar water. Apalagi jika kalian menggunakan produk waterproof, pakai pembersih berbahan minyak agar hasilnya maksimal.

Kalian juga perlu memperhatikan kebersihan wajah sebelum memakai masker. Tak mungkin kalian membiarkan kotoran di wajah terperangkap dengan keringat dan minyak di dalam masker?

5. Hindari Penggunaan Makeup Tebal

Sebenarnya, kalian bisa menghindari makeup selama pandemi covid-19 karena wajah tertutup masker sepanjang hari. Namun, jika kalian tetap ingin menggunakannya, cukup aplikasikan riasan secara tipis. Pilih produk yang ringan dan cocok untuk kulit kalian.

Namun, jika wajah sedang berjerawat, sekali lagi, lebih baik hindari makeup untuk sementara. Pasalnya, makeup akan menyumbat pori-pori, mendorong jerawat baru muncul, atau memperparah jerawat yang sudah ada.

6. Pakai Tabir Surya

Meski tertutupi oleh masker, kalian harus tetap memakai tabir surya setiap 15 menit sebelum keluar rumah. Kalian perlu ingat bahwa ada bagian kulit wajah yang tetap terbuka.

Pakailah tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih. Dengan begitu, kalian bisa mencegah hiperpigmentasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Jika memakai tabir surya yang mengandung zinc dan titanium, kalian bisa mengatasi jerawat yang mungkin sudah timbul di wajah.

 

3. Cara Mencegah Jerawat Lainnya

7. Gunakan Pelembab yang Ringan

Penggunaan pelembab berbahan ringan bisa jadi salah satu cara mengah jerawat akibat memakai masker yang bisa kalian terapkan. Bahan ringan yang tak mengandung minyak akan membantu merawat kulitmu meski harus tertutup masker.

Dengan mengoleskannya, wajah kalian akan terhidrasi dan terhindar dari kekusaman. Bila perlu, kalian bisa memilih pelembab yang menyejukkan dan dapat menenangkan kulit yang rawan iritasi akibat gesekan dengan masker setiap hari.

8. Pakai Obat Jerawat

Menggunakan obat merupakan langkah tepat ketika sudah ada jerawat yang muncul di wajah kalian. Membiarkan jerawat terperangkap bersama minyak dan keringat wajah hanya akan memperparah keasaan. Kalian juga perlu menutupnya dengan acne patch agar tak terkena debu,

Nah, KLovers, itulah beberapa cara mengah jerawat akibat memakai masker terlalu lama. Cermati dan taati tata cara di atas agar kalian bisa terhindari dari masalah kulit yang satu ini di masa pandemi.

Menjaga diri dari covid-19 memang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, kalian juga perlu menjaga kebersihan diri secara ekstra agar tak muncul masalah lain, seperti jerawat atau iritasi di wajah.

(Sumber: Merdeka.com, Liputan6.com)

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI