8 Cara Menghaluskan Tumit Kaki yang Kasar dan Pecah-Pecah Secara Alami

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

8 Cara Menghaluskan Tumit Kaki yang Kasar dan Pecah-Pecah Secara Alami
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Memiliki kulit tumit yang kasar dan pecah-pecah memang sangat mengganggu penampilan. Kita akan merasa kurang percaya diri untuk mengenakan heels saat ke pesta, karena terganggu dengan tumit kaki yang keras dan pecah-pecah. Bila cara menghaluskan tumit kaki yang kita pakai salah, maka yang ada tumit akan luka dan kita akan sulit untuk berjalan.

Tumit kaki kering terjadi karena berbagai alasan seperti terlalu lama bermain dalam air, terlalu lama berdiri, tidak cocok menggunakan salah satu produk sabun, tidak menggunakan sepatu yang nyaman untuk jangka waktu yang lama, dan masih banyak lagi. Ataupun ada kondisi lain yang akhirnya menimbulkan tumit kaki pecah-pecah seperti terkena penyakit kulit, kapalan, diabetes, hipotiroidisme, Kekurangan nutrisi vitamin A serta lemak, dan juga obesitas.

Untuk itu kita harus mengetahui alasan mengapa tumit kaki kita dapat kasar dan juga pecah-pecah. Dan dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 cara menghaluskan tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah secara alami.

1. Minyak Zaitun

Cara menghaluskan tumit kaki yang pertama yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Kita sudah tahu bahwa minyak zaitun dapat menghaluskan dan melembabkan kulit di tubuh, hal ini juga dapat dilakukan pada tumit kaki kita yang kasar dan juga pecah-pecah. Minyak zaitun dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat membuat kaki jadi menebal.

Cara pemakaiannya, kalian dapat mengoleskan minyak zaitun di daerah tumit kaki dan biarkan hingga semalaman. Lalu keesokan paginya saat mandi, kalian dapat gosok secara perlahan bagian tumit kaki yang melembut, agar sel kulit mati yang ada di tumit kaki menghilang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Oatmeal

Ternyata, oatmeal juga dapat menjadi salah satu cara menghaluskan tumit kaki loh. Lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Kalian bisa menggabungkan oatmeal dengan minyak zaitun untuk menghilangkan kasar dan pecah-pecah pada tumit kaki.

Cara menghaluskan tumit kaki yang kasar dengan oatmeal yaitu, campurkan oatmeal dengan minyak zaitun dan aduk hingga menjadi sebuah adonan. Setelah itu oleskan adonan tersebut pada tumit kaki dan biarkan hingga kering, bila telah kering dapat langsung dibilas dengan air hangat.

3. Batu Apung

Sudah lama sekali batu apung populer untuk dijadikan sebagai alat menghilangkan sel kulit mati. Bentuknya yang ringan dan dengan tekstur kasar tetapi lembut membuat batu apung tidak akan melukai kulit bila digosok kan kebagian kulit mati. Dan tentu saja batu apung juga dapat menghilangkan kulit mati pada tumit kaki.

Caranya mudah, kalian dapat menggosokkan batu apung kebagian tumit kaki secara perlahan ketika mandi. Lakukan hal tersebut secara rutin agar kaki yang keras dan pecah-pecah dapat menghilang.

4. Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat menjadi cara menghaluskan tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah. Memiliki kandungan yang dapat membuat kulit yang keras menjadi lembab dan juga lembut membuat minyak kelapa cocok untuk mengobati tumit kaki yang kasar dan juga pecah-pecah.

Caranya, oleskan minyak kelapa pada tumit kaki di malam hari sebelum tidur, lalu bungkus kaki yang telah dioles minyak kelapa menggunakan kaos kaki. Keesokan paginya, bila kulit tumit kaki melembut, dapat kalian menggosok tumit kaki menggunakan tangan secara perlahan. Kalian juga dapat melakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Lemon

Cara menghaluskan tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah selanjutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Kandungan asam pada lemon dapat mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit. Lemon juga dapat menghilangkan bakteri pada kaki penyebab bau tak sedap.

Cara menggunakannya yaitu, ambil air 1 baskom kecil yang pas untuk kaki kita. Lalu berikan perasan air lemon ke dalam air tersebut. Setelah itu rendam kaki kalian ke dalam air selama 10 menit. Bila selesai dapat kalian angkat dan gosok tumit kaki kalian secara perlahan agar sel kulit mati pada tumit dapat menghilang.

6. Madu

Memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membantu melembutkan tumit kaki akibat bakteri. Madu dapat dijadikan sebagai cara mengatasi tumit kaki yang kasar dan juga kering.

Caranya adalah, kalian dapat mengoleskan madu pada tumit kaki sembari di pijat secara halus selama 25 menit. Setelah itu kalian bisa langsung membilasnya menggunakan air bersih.

7. Minyak Mustard

Ternyata minyak mustard juga dapat menghaluskan tumit kaki yang keras dan pecah-pecah loh KLovers. Kalian dapat mengoleskan minyak mustard sebelum tidur pada tumit kaki kalian, lalu tutup kaki kalian menggunakan kaos kaki. Saat pagi gosok tumit kaki menggunakan tangan dan beri sedikit air agar sel kulit mati pada tumit menghilang.

8. Terapi Ikan

Dan cara terakhir menghaluskan tumit kaki yang kasar dan juga pecah-pecah dengan melakukan terapi ikan. Kalian dapat menggunakan terapi ikan di rumah dengan mencelupkan kaki kalian ke dalam wadah berisi ikan terapi.

Cara ini telah lama ada dan masih populer hingga saat ini. Kita juga bisa datang dan melihat di berbagai tempat yang menyediakan terapi ikan untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit, terutama kaki.

Itulah 8 cara menghaluskan tumit kaki yang kasar dan juga pecah-pecah secara alami, kalian dapat melakukan hal di atas secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending