7 Manfaat Bekam Bagi Tubuh, Membuang Racun - Melancarkan Peredaran Darah

Jum'at, 15 Mei 2020 15:22 Penulis: Dita Tamara
7 Manfaat Bekam Bagi Tubuh, Membuang Racun - Melancarkan Peredaran Darah
(credit: via liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Sudahkah kalian tau dengan terapi bekam? Manfaat bekam dipercaya baik bagi tubuh. Bekam sendiri merupakan salah satu pengobatan alternatif yang cukup populer sejak lama. Terapi tersebut dilakukan dengan cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahkan bagi orang yang belum pernah melakukan metode bekam, hal ini dinilai sedikit mengerikan.

Metode bekam dilakukan dengan menyedot darah kotor yang ada dalam tubuh dengan bantuan gelas panas yang akan menghisap lapisan kulit dan lemak dari otot, dan terkadang bahkan juga bisa memindahkan lapisan otot satu sama lain.

Di Indonesia sendiri banyak orang menjadikan bekam sebagai alternatif pengobatan tradisional bagi orang yang tidak ingin melakukan perawatan medis. Bahkan sebagian orang mempercayai manfaat bekam untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat bekam bagi tubuh? Apakah ada efek sampingnya bagi seseorang yang melakukan bekam? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat bekam bagi tubuh salah satunya membantu melancarkan peredaran darah. Ketika melakukan terapi bekam, maka akan muncul warna merah-merah pada kulit. Warna merah tersebut terkadang ada darah-darah kotor yang ikut terangkat dari kulit. Darah kotor yang dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Oleh karena itu, manfaat bekam salah satunya punggung terasa lebih ringan dan rasa pegal pun menghilang.

2. Membantu Membuang Kolestrol dan Racun di Tubuh

Salah satu manfaat bekam yang dipercaya bagi sebagian orang yakni dapat membantu membuang kolestrol jahat dan racun di dalam tubuh. Banyak orang yang memilih bekam menjadi alternatif pertama saat tubuh mulai merasakan tidak enak badan. Hal tersebut terbukti jika bekam dapat membantu membuang kolestrol dan racun yang berkumpul di darah.

3. Meredakan Sakit Kepala

Tidak hanya membuang kolestrol dan racun di tubuh, manfaat bekam lainnya salah satunya meredakan sakit kepala. Bagi kalian yang merasakan sakit kepala atau migran, terapi bekam ini dapat menjadi solusi jika kalian enggan untuk periksa ke tenaga medis. Caranya, cobalah melakukan bekam pada bagian bahu atas. Darah kotor dari area ini bisa membantu meringankan sakit kepala maupun migran.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Melakukan terapi bekam dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini lantaran racun-racun yang keluar karena bekam bisa membuat paru-paru, jantung, dan hati lebih bersih sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan berjalan tanpa hambatan. Di samping itu tetap perlu untuk mengonsumsi makanan-makanan bervitamin.

5. Membantu Meredakan Nyeri

Manfaat bekam lainnya adalah bekam bisa untuk meredakan berbagai jenis nyeri pada tubuh. Terapi bekam bisa meredakan nyeri dan rasa sakit pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga encok. Selain itu beberapa keluhan seperti sakit gigi, batuk, dan tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan melakukan terapi bekam.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka jika bekam bisa membantu menurunkan berat badan? Hal ini karena bekam dapat mengeluarkan jaringan lemak yang berada di bagian pori-pori tubuh. Selain itu bisa terjadi karena terapi ini dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang baik bisa menghancurkan lemak lebih banyak dibandingkan orang-orang yang memiliki metabolisme tidak teratur. Oleh sebabnya, jika kalian ingin menurunkan berat badan, bekam bisa menjadi salah satu solusi.

7. Meringankan Gejala Demam

Jika dilihat manfaat bekam untuk meringankan gejala demam, hal tersebut tidak jauh berbeda dengan kerokan. Bekam dapat membantu meringankan gejala demam karenapatogen pengganggu di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui darah kotor dan angin yang terdapat di dalam cup bekam.

Itulah beberapa manfaat bekam bagi tubuh. perlu dicatat, bahwa terapi bekam bukan untuk semua orang, sebaiknya, hindari terapi bekam apabila kalian dalam keadaan hamil, sedang haid, penderita patah tulang, penderita kanker, lansia, anak-anak, penderita gagal organ, dan orang yang mengonsumsi obat pengencer darah. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI