8 Makanan Mengandung Mineral Tinggi, Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

Rabu, 30 September 2020 13:33 Penulis: Nurul Wahida
8 Makanan Mengandung Mineral Tinggi, Bisa Tingkatkan Energi Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sejumlah nutrisi dan vitamin dapat diperoleh secara alami dari makanan tertentu baik berbahan sayur dan buah. Seperti mineral yang menjadi salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan energi. Sebab mineral memiliki senyawa yang dapat menjaga kesehatan tubuh seperti memperkuat tulang serta meningkatkan metabolisme. Sejumlah makanan mengandung mineral tinggi bahkan bisa menjadi pilihan tepat untuk mencukupi nutrisi tubuh tersebut.

Mineral merupakan salah satu nutrisi yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan jenisnya mineral dibagi dalam dua jenis yakni mikro mineral dan makro mineral. Dari kedua jenis tersebut baik makro mineral ataupun mikro mineral sama-sama diperlukan bagi tubuh. Diantara manfaatnya yakni berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, meningkatkan energi, dan metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan nutrisi mineral tersebut dapat diperoleh dari sederet buah dan sayur yang termasuk makanan mengandung mineral tinggi.

Lalu apa saja makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh?

Adapun makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut ini 8 makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh yang dapat dikonsumsi bersumber dari healhtline.com.

 

1. Kacang dan Biji-Bijian

Makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh salah satunya adalah kacang dan biji-bijian. Seperti diketahui kacang dan biji-bijian memiliki sejumlah nutrisi dan vitamin sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Diantara kandungan kacang dan biji-bijian tersebut seperti seng, mangan magnesium, selenium serta fosfor.

Dimana sejumlah nutrisi di atas termasuk bagian dari mineral baik makro mineral ataupun mikro mineral. Sejenis kacang seperti almond, kacang brazil, kacang polong, dan biji labu bisa menjadi pilihan sebagai sajian menarik untuk dikonsumsi.

2. Telur

Makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh selanjutnya adalah telur. Telur menjadi makanan favorit yang cukup banyak diminati berbagai kalangan karena rasanya yang nikmat serta mudah dibuat sejumlah resep. Tak hanya nikmat, telur juga mengandung cukup banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Diantara kandungan nutrisi telur seperti zat besi, fosfor, seng, selenium, protein, vitamin dan lain sebagainya. Selain penting untuk mencukupi kebutuhan mineral, telur juga dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan seperti menurunkan risiko sakit jantung serta dapat meningkatkan energi. Selain itu telur dapat menjadi menu sarapan sehat yang bisa menjadi program dalam penurunan berat badan.

3. Kerang

Makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh lainnya dapat diperoleh dari kerang. Bagi penggemar seafood tentunya kerang termasuk sajian favorit yang tak bisa dilewatkan untuk dikonsumsi. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, kerang juga mengandung sejumlah nutrisi serta vitamin seperti selenium, zinc, seng, lemak omega-3.

Tak hanya kaya akan mineral tinggi, kerang juga menawarkan manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga dapat mengatasi anemia. Sejenis kerang seperti kerang tiram dan remis bisa menjadi pilihan tepat.

4. Alpukat

Makanan mengandung mineral tinggi selanjutnya adalah buah alpukat. Sebab alpukat memiliki sejumlah nutrisi dan vitamin sehat diantaranya yakni magnesium, kalium, mangan, serat, tembaga yang termasuk bagian dari mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti melansir dari healthline.com, bersumber dari penelitian kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat sendiri juga cukup sering menjadi bahan makanan yang sering dijadikan menu diet sehat untuk mengontrol berat badan tetap ideal.

5. Yogurt dan Keju

Yogurt dan keju menjadi makanan mengandung mineral tinggi selanjutnya yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantara kandungan nutrisi dalam yogurt dan keju seperti kalium, kalsium, fosfor, seng dan selenium. Kedua jenis makanan ini juga kerap menjadi menu diet sehat yang bermanfaat bagi tubuh salah satunya menjaga kesehatan jantung. Sejumlah resep seperti oatmeal dan salad dapat menjadi pilihan nikmat konsumsi yogurt dan keju.

6. Brokoli

Brokoli juga menjadi makanan mengandung mineral tinggi yang dapat mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Sederet kandungan nutrisi sehat seperti antioksidan tinggi, vitamin, magnesium, kalsium, zinc terdapat dalam brokoli serta sayur sejenisnya. Selain brokoli, sayuran kucifer yakni kubis, lobak, kangkung, selada air menawarkan manfaat serupa yang bermanfaat bagi tubuh. Diantara manfaat brokoli sendiri seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

7. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry juga mengandung mineral tinggi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sebab berry memiliki sejumlah nutrisi dan vitamin diantaranya yakni mangan, magnesium, dan potasium. Nutrisi tersebut diketahui mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh termasuk untuk pembentukan energi. Kandungan antioksidan cukup tinggi dalam buah berry juga memiliki manfaat untuk mencegah tubuh dari paparan radikal bebas penyebab masalah kesehatan tertentu.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti selada, bayam, kangkung, termasuk makanan mengandung mineral tinggi. Seperti diketahui sayuran berdaun hijau kaya akan serat, vitamin, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan mangan yang termasuk bagian dari mineral. Tidak heran apabila sayuran berdaun hijau tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya mencegah risiko sakit jantung.

Nah itulah 8 makanan mengandung mineral tinggi yang bisa tingkatkan energi tubuh. Selain mencukupi nutrisi tubuh dengan asupan makanan sehat, penting juga menyeimbangkan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga untuk menunjang kesehatan tetap terjaga.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI