8 Makanan Ini Baik untuk Melawan Peradangan, Salah Satunya Coklat Hitam

Kamis, 03 September 2020 09:11 Penulis: Dita Tamara
8 Makanan Ini Baik untuk Melawan Peradangan, Salah Satunya Coklat Hitam
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pada dasarnya, peradangan atau inflamasi merupakan respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi. Biasanya, jika seseorang mengalami peradangan akan mengalami dua gejala yang khas yakni demam dan nyeri. Perlu kalian ketahui jika peradangan tersebut meliputi luka, sakit, kemerahan, sendi bengkak yang dapat menyebabkan kekakuan, dan nyeri. Nah, apabila tubuh kalian terlalu banyak peradangan, maka dapat menyebabkan radang sendi, penyakit jantung, serta kondisi kesehatan kronis lainnya.

Peradangan memang akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, tetapi hal ini penting bagi kalian untuk melakukan proses penyembuhan. Mengubah pola makan juga menjadi jalan satu-satunya untuk mengatasi peradangan. Jika kalian sedang mengalami peradangan maupun mencegah diri dari peradangan, ada baiknya untuk melawan peradangan tersebut dengan mengonsumsi beberapa makanan anti inflamasi berikut ini.

Apa saja makanan tersebut? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

 

1. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang dapat melawan peradangan. Selain itu, mengonsumsi brokoli bahkan dapat menekan risiko mengalami kanker dan jantung. Sebab, brokoli mengandung sulforaphane, antioksidan yang menekan level cytokines dan NF-kB penyebab peradangan. Kalian bisa mengonsumsi brokoli dan mengubahnya menjadi resep makanan yang menyehatkan.

2. Bayam

Selain brokoli, rupanya bayam menjadi sayuran yang baik untuk melawan peradangan. Bayam mengandung lutein, yang terkait dengan vitamin A dan beta karoten. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, akan menurunkan risiko penyakit degenerasi. Bayam juga mengandung zat besi, vitamin K dan folat, dan sangat rendah kalori sehingga sangat cocok untuk makanan penurunan berat badan.

3. Alpukat

Buah alpukat memang tidak diragukan lagi dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Alpukat mengandung kalium, magnesium, serat, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Lalu, alpukat juga mengandung karotenoid dan tokoferol yang dapat mengurangi risiko kanker. Bahkan, senyawa dalam alpukat berfungsi mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, mengonsumsi alpukat secara rutin tentu akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

4. Ubi Jalar

Seringkali ubi jalar ditemukan dalam berbagai aneka olahan yang lezat. Namun tahukah kalian jika ubi jalar yang sering kalian konsumsi tersebut membawa dampak baik bagi kesehatan, salah satunya melawan peradangan. Sebab, ubi jalar juga mengandung antosianin yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk menangkal berbagai penyakit dan zat flavonoid yang dapat mengurangi peradangan. Memiliki cita rasa manis dan gurih ketika dikonsumsi, ubi jalar sangat cocok nih untuk dijadikan camilan sehari-hari kalian.

5. Kacang-kacangan

Selanjutnya, makanan yang sangat baik untuk melawan peradangan yakni kacang-kacangan dimana memiliki sumber lemak sehat. Kalian bisa mengonsumsi almond yang kaya akan vitamin E, kalsium dan serat. Selain itu biji bunga matahari dan hazelnut juga jenis kacang-kacangan yang tak kalah mempunyai manfaat baik dikonsumsi karena kedua jenis makanan ini tinggi akan asam omega-3. Ada baiknya kalian menggabungkan kacang, ikan, dan sayuran untuk kalian konsumsi.

6. Berry

Meski mempunyai ukuran yang kecil, namun buah berry tidak bisa diremehkan dengan segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ya, buah berry merupakan buah yang memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, buah berry juga diperkaya dengan antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa inilah yang mempunyai efek antiinflamasi. Nah, kalian bisa memilih salah satu varietas berry untuk kalian konsumsi seperti strawberry, raspberry, blackberry, dan blueberry.

7. Coklat Hitam

Selain rasanya yang nikmat, coklat hitam ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah peradangan. Sebab, coklat hitam dikemas dengan antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko penyakit. Selain itu, flavanol yang ada pada coklat hitam bertanggung jawab atas efek anfi-inflamasi dan menjaga sel-sel endotel yang melapisi arteri kalian agar tetap sehat. Namun, perlu kalian perhatikan, pilihlah coklat hitam yang setidaknya mengandung 70% kakao.

8. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi guna melawan peradangan. Ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang tinggi. Omega-3 ini bersifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan untuk melindungi sistem saraf dari stress oksidatif dan kerusakan saraf.

Itulah sederet makanan yang baik untuk melawan peradangan. Jangan lupa untuk menambahkan makanan di atas ke dalam daftar makanan harian kalian. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI