8 Manfaat Air Wudhu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

8 Manfaat Air Wudhu Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Wudhu merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh muslim sebelum mereka melaksanakan ibadah sholat. Dalam islam, manfaat air wudhu sendiri untuk menghilangkan hadas besar dan hadas kecil agar saat melaksanakan ibadah sholat dalam keadaan suci dan bersih.

Wudhu sendiri wajib dilakukan oleh para muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat. Ada jenis-jenis air yang diperbolehkan untuk digunakan dalam berwudhu, air tersebut antara lain, air hujan, air sumur, air terjun, air laut, air sungai, air lelehan salju, es batu, air tangki besar dan kolam.

Selain memberikan kebersihan sebelum melakukan ibadah, ternyata air wudhu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh. Oleh karena itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat air wudhu bagi kesehatan tubuh kita.

 

 

 

 

1. Menghilangkan Sakit Kepala

Manfaat air wudhu yang pertama yaitu dapat menghilangkan sakit kepala. Biasanya seseorang yang sakit kepala itu dapat dikarenakan dari beberapa faktor, yaitu faktor stress, asam lambung yang tinggi, dan juga cuaca yang panas. Untuk meredakan stress dan menghilangkan sakit kepala akibat cuaca yang panas, maka wudhu merupakan solusi yang baik.

Karena, air yang disiramkan pada kepala saat kita berwudhu akan memberikan efek menyegarkan dan menghilangkan sakit kepala saat cuaca panas atau pun sedang stress. Menyiram kepala dengan menggunakan air juga dapat memberikan efek relax yang dapat meredakan stress pada diri seseorang. Itulah mengapa seseorang yang telah berwudhu akan merasa segar dan juga relax.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Membersihkan Gigi dan Gusi

Manfaat air wudhu yang kedua yaitu dapat membersihkan gigi dan juga gusi. Saat kita berwudhu, maka kita akan melakukan kegiatan berkumur sebanyak 3 kali. Dan ketika kita berkumur maka dapat membuang semua sisa kotoran yang tertinggal di dalam mulut dan membuat mulut tetap bersih.

Bukan hanya itu saja, bila kita berkumur dengan air, maka produksi air liur di dalam mulut bisa bertambah. Air liur sendiri berfungsi untuk membersihkan mulut dari bakteri dan juga bau mulut yang timbul karena bakteri di dalam mulut. Itulah mengapa manfaat air wudhu juga dapat membersihkan gigi dan juga gusi dari bakteri.

3. Terhindar dari Penyakit Kulit

Sudah banyak umat muslim yang mengetahui bahwa dengan berwudhu kita dapat menghilangkan penyakit di dalam kulit, dan salah satunya yaitu kanker kulit. Dari sudut pandang medis oleh Mokhtar Salem dalam bukunya berjudul Prayers: a Sport for the Body and Soul menjelaskan bahwa, wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker yang dimaksudkan lebih banyak disebabkan karena kulit seling terpapar oleh bahan-bahan kimia yang menempel setiap hari dan terserap oleh kulit. Dan cara membersihkannya yaitu dengan air wudhu, minimal 5 kali dalam sehari yang merupakan solusi terbaik.

Air wudhu juga membersihkan hampir setengah dari bagian tubuh, seperti wajah, tangan, telinga, hingga kaki. Dan tentu saja bila dilakukan secara rutin setiap hari maka badan kita akan selalu bersih. Itulah mengapa air wudhu dapat dijadikan sebagai cara agar terhindar dari penyakit kulit.

4. Menstimulus Saraf

Ternyata air wudhu juga dapat menstimulus saraf loh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels yang merupakan psikiater sekaligus ahli di bidan neurology dari Austria, ia mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang melakukan kegiatan berwudhu.

Pusat saraf yang paling penting terdapat pada bagian dahi, tangan, serta kaki. Dan ketiga bagian ini bisa di katakan sangat sensitif dengan keberadaan air segar. Maka dari itu, ketika seseorang rajin berwudhu, maka secara tidak langsung kalian membangun dan menstimulus saraf pusat.

Dahi, kaki, serta tangan merupakan sistem saraf utama yang menghubungkan pada semua saraf yang ada di tubuh, dan berfungsi untuk mengirim sinyal dari satu sel ke sel lainnya. Itulah mengapa ketika kita rajin melakukan wudhu maka stimulus atau rangsangan pada sel akan berfungsi memberikan refleks yang baik untuk tubuh.

5. Baik untuk Jantung

Selain dapat menstimulus saraf, ternyata air wudhu juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi jantung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Syauqy yang expert di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London menyatakan bahwa, kegiatan berwudhu dapat membuat jantung berdetak lebih stabil.

Ketika kita melakukan kegiatan berwudhu selama 5 kali dalam sehari, maka kita akan dapat memberikan detak yang normal pada jantung. Semua itu dikarenakan kegiatan berwudhu yang membasuh hampir semua bagian tubuh, yang membuat jantung berdetak lebih normal.

6. Membersihkan Hidung

Manfaat air wudhu selanjutnya yaitu dapat membersihkan hidung. Kita tahu bahwa dalam berwudhu ada kegiatan membersihkan hidung menggunakan air. Dan inilah yang membuat hidung kita dapat bersih dari kotoran. Ketika hidung menghirup udara kotor terlalu banyak, maka akan membuat lubang pada hidung menjadi kotor.

Untuk mengurangi kotoran yang tertempel di hidung, dan untuk mengurangi udara kotor masuk terlalu banyak dari dalam paru-paru, maka wudhu dapat menjadi solusi terbaiknya. Itulah mengapa wudhu dapat membersihkan kotoran yang berlebih pada hidung.

7. Mencegah Jerawat

Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat air wudhu yang lainnya yaitu dapat mencegah jerawat. Dalam melakukan wudhu, kita akan melakukan sedikitnya 5 kali dalam sehari dan setiap berwudhu kita kan membersihkan wajah kita dari debu, kotoran dan juga minyak berlebih yang menjadi alasan tumbuhnya jerawat pada wajah.

Dalam buku yang ditulis oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, dikatakan bahwa bila kita berwudhu secara teratur maka akan bisa membantu melancarkan peredaran darah. Dan bila peredaran darah pada wajah lancar maka tidak akan ada darah kotor penyebab jerawat. Itulah mengapa air wudhu juga dapat mencegah pertumbuhan jerawat pada wajah.

8. Mencerahkan Wajah

Dan manfaat air wudhu yang terakhir yaitu dapat mencerahkan wajah. Karena dengan selalu rutin melakukan wudhu maka kita dapat meremajakan sel-sel dalam kulit yang dapat membuat kulit tampak cerah serta mengurangi kerut di wajah. Dan peredaran darah yang terjadi akibat berwudhu juga menjadi salah satu alasan dalam membuat wajah terlihat cerah, serta dapat menghilangkan kerut di wajah.

Itulah 7 manfaat air wudhu yang bisa kita dapatkan, bukan hanya dapat memberikan kesehatan pada tubuh tetapi juga dapat memberikan kecantikan pada kulit wajah yang tentunya rajin dalam menjalankan wudhu secara rutin.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending