8 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Salah Satunya Baik bagi Ibu Hamil dan Janin

Senin, 03 Agustus 2020 18:55 Penulis: Puput Saputro
8 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Salah Satunya Baik bagi Ibu Hamil dan Janin
Manfaat buncis (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kalian tentu sudah tidak asing dengan buncis, sayuran yang tergolong kacang-kacangan begitu populer dan sangat mudah ditemui. Di kalangan masyarakat, buncis kerap diolah menjadi tumis. Punya tekstur yang berair dan menyegarkan buncis memang sangat digemari. Sama seperti sayuran lain, manfaat buncis untuk kesehatan tidak bisa dianggap remeh.

Buncis mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran bernama ilmiah Phaseolus vulgaris ini mengandung beraneka macam vitamin, serat, dan asam folat, sehingga tak hanya enak buncis juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa sajakah manfaat buncis untuk kesehatan? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Salah satu kandungan yang terdapat dalam buncis adalah asam folat. Kandungan asam folat membuat buncis baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Asam folat berfungsi untuk pertumbuhan janin. Selain asam folat, dalam buncis juga terdapat zat besi yang berguna mencegah ibu hamil mengalami anemia. Tak hanya itu saja, zat besi juga berguna untuk meningkatkan kesuburan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Buncis jadi salah satu sayuran yang kaya akan serat. Hal ini membuat buncis baik untuk pencernaan. Serat yang terkandung dalam buncis diyakini mampu membuat sistem pencernaan berjalan lebih lancar, sehingga ampuh mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit. Bahkan tidak hanya melancarkan pencernaan dan cegah sembelit, serat dalam buncis juga diyakini menyehatkan pencernaan.

Sebab, asupan serat yang cukup dipercaya bisa membuat saluran pencernaan lebih sehat. Jangka pajang, kita akan lebih terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang pencernaan, seperti iritasi usus hingga kanker usus.

3. Menyehatkan Jantung

Selain menyehatkan pencernaan, manfaat buncis lainnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan serat larut dalam buncis yang tidak hanya memberi dampak positif terhadap sistem pencernaan. Serat larut tersebut juga mampu membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol. Konsumsi buncis secara rutin dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah.

Padahal, sebagaimana yang kita tahu kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa jadi salah satu pemicu dari penyakit jantung. Selain itu, dalam buncis juga terdapat mineral magnesium yang sangat berguna untuk kesehatan jantung.

4. Menjaga Kekuatan Tulang

Buncis mengandung cukup banyak vitamin K yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K pada buncis juga dipercaya akan mendorong tubuh dalam menyerap kalsium. Dengan begitu, asupan kalsium untuk tulang semakin mudah untuk terpenuhi. Dampaknya, tulang akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari risiko tulang keropos.

Meski begitu, perlu diketahui ternyata, dalam buncis juga terdapat kandungan fitat yang bisa menghambat penyerapan kalsium dan nutrisi lain oleh tubuh. Tapi tak perlu khawatir, kandungan ini bisa dihilangkan dengan cara merendam buncis beberapa saat sebelum dimasak.

5. Mencegah Stres

Kandungan folat dalam buncis ternyata tidak hanya baik untuk ibu hamil dan janinnya. Dilansir dari medicalnewstoday.com, memenuhi kebutuhan folat harian ternyata juga bisa menghindarkan kita dari stres, bahkan depresi. Hal ini dikarenakan folat mempunyai kemampuan untuk melancarkan produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati.

6. Mencegah Kanker

Menyantap makanan hangus ternyata bisa berisiko kanker. Padahal, makanan yang dibakar atau dipanggang selalu menggugah selera, contohnya steak. Namun, sadarkah kalian, bahwa buncis kerap jadi salah satu sayuran pendamping hidangan steak?

Ternyata hal itu bukanlah tanpa alasan. Kandungan dalam buncis diyakini akan mengurangi risiko kanker saat mengonsumsi makanan hangus karena dibakar atau dipanggang. Hal ini lantaran buncis mempunyai kemampuan menghalau efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang timbul saat memanggang daging pada suhu yang terlalu tinggi.

7. Turunkan Berat Badan

Jika kalian merencanakan diet, ada baiknya masukkan buncis ke dalam salah satu menu sehat pilihan. Buncis memang jadi salah satu sayuran yang paling pas dikonsumsi saat diet. Dalam buncis terdapat kandungan mineral yang diyakini bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal tersebut akan sangat berguna dalam proses pembakaran lemak.

Tak hanya itu saja, buncis yang kaya akan serat juga akan berdampak baik bagi kesehatan pencernaan selama diet. Konsumsi dalam jumlah cukup akan membuat sistem pencernaan tetap lancar, meskipun sedang melakukan diet. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari sembelit yang karap kali menghampiri saat melakukan diet.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat buncis yang luar biasa adalah bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Buncis mempunyai kandungan vitamin A dan C yang sangat diperlukan agar daya tahan tubuh atau imunitas tetap terjaga. Kedua jenis vitamin tersebut bisa berfungsi sebagai zat antoksidan yang bertugas menghalau radikal bebas yang bisa jadi penyebab penyakit.

Nah itulah di antaranya beberapa manfaat buncis untuk kesehatan. Terbukti tak hanya enak, buncis juga menyehatkan. Pantas saja kalau banyak yang suka.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI