Berikut Jenis Sayur dan Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kamis, 09 April 2020 08:22 Penulis: Dita Tamara
Berikut Jenis Sayur dan Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kebanyakan orang akan memasukkan makanan maupun bahan lainnya ke dalam kulkas untuk menghindari kebusukan. Mengingat kulkas sangat berperan penting dalam memperpanjang keawetan dari sebuah makanan tersebut.

Oleh sebabnya, kulkas menjadi barang penting yang wajib di miliki oleh ibu rumah tangga. Namun, apakah kalian tau? Jika ada beberapa jenis sayur dan buah yang tidak boleh di simpan di dalam kulkas?

Hal ini penting kalian tau, manakah sayuran dan buah-buahan yang tidak boleh di simpan di kulkas. Tentunya larangan ini agar kalian mengetahui dan tidak menjadi salah kaprah ketika menyimpan suatu makanan. Selain itu, kalian perlu mengetahui sayur atau buah yang disimpan di kulkas menjadi tidak enak atau fakta menarik lainnya yaitu kandungan nutrisi dalam buah atau sayur hilang.

Karena itu, sebaiknya kalian menjadi tahu bagaimana cara menyimpan sayur dan buah yang paling tepat. Mari kita simak sayuran dan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas:

 

1. Kentang

Tahukah kalian? Apabila menyimpan kentang dalam suhu dingin akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Hal ini karena udara yang dingin dan lembap bisa merusak tekstur dan rasa dari kentang tersebut. Selain itu, Pati yang terkandung dalam kentang akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga jadi terasa manis menyengat.

Fakta lainnya apabila menyimpan kentang ke dalam kulkas yaitu tekstur kentang yang lembut, akan berubah menjadi kasar dan keras. Sebaiknya, kalian menyimpan kentang di tempat yang kering, hindari menyimpan kentang dalam kantong plastik dan jangan terkena sinar matahari langsung.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan sayuran yang tidak boleh disimpan di kulkas. Apabila menyimpan daun kemangi ke kulkas, maka kemangi akan mudah layu. Selain itu, aroma khas dari kemangi akan hilang karena terserap makanan lain di dalam kulkas.

Lalu bagaimana cara menyimpan kemangi yang tepat? Kalian dapat menyimpan kemangi dengan cara merendam bagian bawah batang daun kemangi dengan air, lalu kalian dapat menyimpannya di suhu ruangan.

3. Alpukat Mentah

Alpukat mentah merupakan jenis buah yang tidak baik disimpan di kulkas. Oleh sebabnya, kalian jangan menyimpan alpukat mentah ke dalam kulkas karena akan memperlambat proses pematangan.

Tidak hanya alpukat mentah saja, tetapi, jika kalian ingin menyimpan alpukat yang sudah matang, kalian juga harus berhati-hati saat menyimpannya agar tidak lekas membusuk.

 

4. Pisang

Tidak semua yang bersuhu dingin dapat mengawetkan makanan. Hal tersebut yang perlu kalian ketahui ketika ingin menyimpan pisang di kulkas. Maka sebaiknya kalian mengurungkan niat tersebut.

Sebaiknya kalian tidak menyimpan di dalam kulkas karena hal ini akan membuat kulitnya lebih cepat menghitam. Jika sudah menghitam, maka lama kelamaan pisang akan membusuk dengan cepat, untuk itu pisang hanya bisa disimpan di suhu ruangan.

5. Tomat

Menyimpan tomat dengan tepat bisa dilakukan di suhu ruangan dibandingkan disimpan di dalam kulkas, hal ini membuat tomat menjadi lebih cepat matang. Maka, jika tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat membusuk

Bahkan jika disimpan di suhu dingin, bisa membuat buah tomat keriput dan kehilangan kandungan airnya. Sehingga tomat menjadi tidak segar lagi. Hal ini didukung oleh sebuah Penelitian yang mengungkap, mendinginkan tomat ternyata dapat berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen, terutama yang membuat tomat menjadi manis dan aroma yang segar.

6. Semangka atau Melon

Buah semangka menjadi salah satu buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Selain itu, cara penyimpanan buah semangka ini pun bisa menghilangkan antioksidan yang terkandung pada buah yang kaya air ini.

Namun, apabila kalian tetap ingin menyimpan semangka di dalam kulkas, usahakan untuk mengupas dan memotongnya terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan vitamin dan zat baik lainnya yang ada pada semangka agar tidak hilang ketika dikonsumsi.

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI