8 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan, Mengurangi Nyeri Haid - Baik Untuk Ibu Hamil

Minggu, 02 Agustus 2020 14:33 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan, Mengurangi Nyeri Haid - Baik Untuk Ibu Hamil
Manfaat kacang panjang (credit: instagram.com/cikgualong_jp)


Kapanlagi Plus - Ada beragam manfaat kacang panjang jika kalian sering mengonsumsinya. Sayuran yang mempunyai tekstur renyah ini memang mudah ditemukan menjadi olahan yang lezat. Selain itu, keberadaan kacang panjang juga sering ditemukan sebagai lalapan. Kacang panjang mengandung vitamin, karbohidrat, dan protein yang cukup tinggi. Kacang panjang juga memiliki kandungan lemak yang tergolong rendah, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi kalian yang sedang melakukan program diet.

Selain itu, kacang panjang mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, folat, riboflavin, thiamin, pyridoxine, niacin, dan pantothenic acid. Kandungan lain sayuran ini adalah mineral yang meliputi magnesium, mangan, fosfor, zat besi, kalsium, tembaga, kalium, selenium, dan zinc. Kacang panjang juga memiliki kandungan polifenol yang merupakan senyawa antioksidan. Oleh sebabnya, kacang panjang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Lalu, apa saja manfaat kacang panjang lainnya bagi kesehatan? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Memperbesar Payudara

Tak sedikit dari orang yang ingin memiliki payudara besar dan berisi supaya memperindah penampilan. Bahkan tak jarang segala bentuk upaya seperti mengonsumsi obat-obatan hingga melakukan suntikan sudah dilakukan. Namun, apakah kalian tahu? Jika ada cara alami yang mampu memperbesar payudara tanpa harus merogoh kocek besar, salah satunya dengan mengonsumsi kacang panjang.

Sebab, kacang panjang mengandung fitoestrogen yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel epitel pada payudara. Sehingga hal ini berfungsi efektif membantu memperbesar payudara. Selain itu, mengonsumsi kacang panjang secara teratur juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis, seperti kanker payudara.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Haid merupakan salah satu proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Hal ini biasanya ditandai rasa nyeri yang bisa mengganggu aktivitas kalian. Untuk mengurangi rasa nyeri akibat haid, kalian bisa mengonsumsi kacang panjang sebagai salah satu solusinya. Sebab, kacang mengandung mangan yang mampu mengurangi rasa nyeri saat haid, hingga emosi berantakan yang turut muncul saat haid.

3. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan salah satu kondisi gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur. Tentu saja kurangnya kualitas tidur akan berdampak buruk bagi kondisi penderita sehingga tubuh kurang prima untuk melakukan aktivitas. Bahkan juga bisa menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin mengonsumsi kacang panjang untuk mendapatkan pola tidur yang baik.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selanjutnya, manfaat kacang panjang yang nggak kalah menariknya yaitu mampu meningkatkan kesehatan mata. Kacang panjang sendiri merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Kacang panjang lebih kaya nutrisi vitamin daripada kacang-kacangan lainnya. Selain itu, kandungan tiamin dalam kacang panjang dapat membantu melindungi mata dari masalah penglihatan seperti katarak dan glaucoma.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang panjang merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi ketimbang jenis kacang-kacangan lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi, dapat mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, sehingga akan terlihat awet muda. Selain itu, vitamin CĀ berperan penting untuk kesehatan kulit, ligamen, pembuluh darah, dan tendon, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

6. Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang panjang sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebab, kacang panjang merupakan makanan yang kaya folat yang cukup membantu menurunkan kemungkinan cacat tabung saraf seperti anencephaly dan spina bifida. Bahkan, makanan kaya folat seperti kacang panjang mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf sebesar 26%. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil ada baiknya untuk selalu masukkan kacang panjang ke menu harian kalian.

7.

Kacang panjang mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh seperti vitamin C, beta-karoten, dan riboflavin. Selain itu, kandungan tiamin di dalam kacang panjang berperan penting melancarkan sistem pencernaan untuk proses penyerapan nutrisi. Oleh sebabnya, mengonsumsi kacang panjang sangat bagus supaya kalian terhindar dari beberapa penyakit.

8. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Kacang panjang mengandung vitamin B9(folat) yang cukup tinggi. Kandungan ini berperan penting terhadap perkembangan sel kanker. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang panjang 0,9 miligram setiap harinya dapat mengurangi risiko kanker usus besar hingga 30%.

Itulah sederet manfaat kacang panjang yang baik bagi kesehatan. Kacang panjang umumnya baik dikonsumsi secara mentah agar kandungan gizinya tidak hilang. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI