8 Manfaat Collagen untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Keriput

Jum'at, 14 Agustus 2020 11:33 Penulis: Nurul Wahida
8 Manfaat Collagen untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Keriput
Manfaat collagen (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Menjaga tubuh tetap sehat memang sangat penting dilakukan agar terhindar dari sejumlah masalah yang kesehatan. Dalam tubuh manusia sendiri diketahui memiliki sejumlah komponen penting untuk menjaga keseimbangannya. Salah satunya adalah protein sejenis collagen yang terdapat di dalamnya. Dimana ada banyak manfaat collagen untuk kesehatan yang bisa mencegah masalah tertentu seperti kulit keriput.

Collagen merupakan bagian dari protein dalam tubuh manusia yang bisa mempertahankan tubuh agar tubuh tetap sehat dan kuat. Namun diketahui bahwa collagen tersebut terdapat sebanyak 30 persen dari jumlah protein yang ada dalam tubuh. Jumlah tersebut terbilang masih cukup sedikit apabila ingin mendapatkan manfaat collagen untuk kesehatan secara maksimal.

Tak ayal jika sebagian orang mencoba mengonsumsi berbagai suplemen mengandung collagen serta makanan tinggi collagen untuk mendapat manfaatnya. Secara garis besar, manfaat collagen untuk kesehatan memang sangat penting bagi tubuh. Apalagi setiap harinya tubuh menerima berbagai paparan radikal bebas yang bisa menurunkan fungsi kesehatannya.

Lalu apa saja manfaat collagen untuk kesehatan tubuh?

Adapun manfaat collagen untuk kesehatan tersebut terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini mengenai manfaat collagen untuk kesehatan bersumber dari healthline.com, amymyersmd.com, dan perfecto.com.

1. Mencegah Keriput

Manfaat collagen untuk kesehatan salah satunya dapat mencegah keriput pada kulit. Keriput sendiri merupakan tanda-tanda penuaan yang bisa terjadi pada setiap orang. Namun kondisi ini bisa menjadi masalah apa terjadi lebih awal atau sering disebut sebagai penuaan dini. Keriput tersebut bisa timbul karena beberapa faktor termasuk paparan radikal bebas yang dapat sebabkan muncul masalah pada kulit.

Terlepas dari masalah tersebut, dalam hal ini collagen berperan penting untuk mencegah keriput pada kulit dan menjaga elastisitasnya. Tak heran apabila sejumlah perawatan kecantikan menggunakan collagen sebagai bahan tambahan yang diketahui sangat baik bagi kulit. Mengonsumsi makanan mengandung collagen serta suplemen bisa dilakukan untuk mencegah masalah tersebut.

2. Memperkuat Tulang

Manfaat collagen untuk kesehatan selanjutnya juga bisa berkhasiat untuk memperkuat tulang. Seperti diketahui seiring bertambahnya usia, beberapa fungsi tubuh mengalami penurunan yang bisa sebabkan sejumlah masalah kesehatan. Dalam hal ini pengeroposan tulang menjadi masalah yang kerap dialami seiring bertambahnya usia.

Meski begitu ternyata manfaat collagen untuk kesehatan diketahui bisa memperkuat tulang dan mencegah tulang keropos. Mengutip dari healthline.com dari sebauh penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi collagen bisa mencegah pengeroposan tulang termasuk menghambat kerusakan pada tulang. Salah satunya dapat terhindar dari masalah osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat collagen untuk kesehatan lainnya juga bisa menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat tentunya sangat diidamkan setiap orang terutama perempuan. Tak hanya sehat, melainkan manfaat collagen tersebut juga bisa mempercantik kulit.

Diantara manfaat collagen tersebut seperti bisa melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit, bahkan bisa mencegah jerawat dan lain sebagainya. Sejumlah manfaat tersebut beberapa diantaranya juga sudah dibuktikan secara ilmiah.

4. Seimbangkan Berat Badan

Manfaat collagen untuk kesehatan diketahui bisa membantu menyeimbangkan berat badan. Berat badan yang seimbang tentunya bisa mendukung kesehatan tubuh tetap baik serta terhindar dari masalah penyakit tertentu. Dalam hal ini collagen tersebut berperan membakar lemak pada tubuh yang dapat berpotensi tingkatkan berat badan. Bahkan collagen juga diketahui bisa merangsang tubuh untuk tetap kenyang lebih lama.

5. Sehatkan Jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya. Sebab penyakit jantung tergolong salah satu penyakit yang cukup berisiko tinggi menyebabkan kematian. Terlepas dari hal tersebut rupanya manfaat collagen untuk kesehatan bisa menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko sakit jantung. Dalam hal ini collagen berperan untuk memperlancar peredaran darah sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Mengutip dari healthline.com, seseorang yang kekurangan collagen bisa membuat arteri menjadi lemah dan rapuh. Dimana kondisi ini dapat meningkatkan risiko sakit jantung yang bisa terjadi pada siapapun.

6. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat collagen untuk kesehatan juga menawarkan khasiat bisa menjaga kesehatan usus. Sistem pencernaan ini pun perlu dijaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti peradangan ataupun iritasi. Namun collagen rupanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah peradangan pada usus.

7. Memperkuat Kuku

Manfaat collagen untuk kesehatan dapat berguna untuk memperkuat kuku. Sebab collagen tersebut bisa mencegah kuku rapuh yang dapat mengakibatkan kuku mudah patah. Manfaat tersebut juga telah dibuktikan secara ilmiah yang menyatakan bahwa konsumsi collagen sebanyak 2,5 gram setiap hari selama 24 minggu yang diuji coba pada 25 orang diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan kuku dan mencegah kuku rapuh.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Collagen juga dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi yang biasanya terjadi seiring dengan pertambahan usia. Dimana seiring usia bertambah, collagen pada tubuh mengalami penurunan hingga dapat sebabkan beberapa masalah salah satunya nyeri sendi. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa collagen dapat mengurangi gejala nyeri sendi diantaranya sering disebut osteoartritis.

Nah itulah 8 manfaat collagen untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah keriput. Namun perlu diperhatikan apalagi ingin mengonsumsi suplemen collagen ketahui dosis tepatnya serta sesuai kebutuhan tubuh. Sebab beberapa orang mungkin bisa mengalami efek samping tertentu. Sejumlah makanan yang mengandung collagen tinggi juga bisa dikonsumsi seperti ikan, telur, kerang, kacang, tuna dan lain sebagainya.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI