Ampuh, Ini 6 Cara Mengatasi Kepedasan dengan Mudah dan Cepat

Rabu, 12 Agustus 2020 14:11 Penulis: Puput Saputro
Ampuh, Ini 6 Cara Mengatasi Kepedasan dengan Mudah dan Cepat
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Tak sedikit orang yang memfavoritkan makanan pedas. Jika kalian salah satu pecinta makanan pedas, pasti pernah mengalami kepedasan? Kepedasan memang kerap datang saat kita menyantap makanan pedas. Untuk mengatasi kepedasan biasanya kita akan segera meminum air. Ternyata tak sekadar minum, ada beberapa cara mengatasi kepedasan yang efektif.

Saat mengalami kepedasan, mulut dan lidah akan merasakan sensasi seperti terbakar. Akibatnya, nafsu makan bisa terganggu. Itulah sebabnya mengapa kepedasan sebaiknya diatasi secepat mungkin. Selain itu, penting juga untuk kita mengetahui kemampuan mulut serta perut kita dalam kuat mengonsumsi makanan pedas. Sebab, tak hanya berakibat pada kepedasan, makanan pedas juga bisa memunculkan masalah pencernaan.

Lantas, bagaimana saja cara mengatasi kepedasan dengan mudah dan cepat? Berikut beberapa caranya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Minum Susu

Tak sekadar meminum air, untuk menghilangkan sensasi kepedasan dengan cepat sebaiknya kalian meminum susu. Hal ini dikarenakan, makanan pedas disebabkan karena kandungan capcaisin dalam cabai. Kandungan capcaisin inilah yang kemudian membuat lidah dan mulut terasa panas seperti terbakar saat kepedasan.

Beruntungnya, susu mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Dengan protein tersebut susu akan efektif untuk meredam sensasi terbakar akibat kandungan capcaisin. Jadi terbukti, tak hanya menyehatkan susu juga bermanfaat untuk jadi obat penolong saat kalian mengalami kepedasan.

2. Gula atau Madu

Cara mengatasi kepedasan berikutnya bisa dengan gula atau madu. Seperti yang kita tahu, makanan pedas dan manis seolah hal yang bertolak belakang. Sehingga banyak yang berpikir, bahwa makanan atau minuman manis akan sangat baik untuk mengatasi kepedasan. Tak sembarang makanan manis, untuk mengatasi kepedasan akan lebih efektif jika mengonsumsi gula atau madu.

Dilansir dari food.ndtv.com, kandungan capcaisin mempunyai bentuk dasar seperti minyak. Oleh karena itu, gula atau madu diyakini dapat efektif menyerap capcaisin yang berbentuk minyak. Untuk mengatasi kepedasan dengan madu atau gula sangatlah mudah. Kalian cukup meletakkan satu sendok madu atau gula batu di atas lidah. Setelah itu, kalian bisa menghisapnya sampai rasa pedas benar-benar menghilang.

3. Es Krim dan Yoghurt

Selain susu, ternyata produk turunan susu seperti yogurt dan es krim juga mempunyai khasiat yang sama. Kedua jenis makanan yang banyak digemari ini juga bisa mengatasi kepedasan. Prinsipnya sama, yakni susu dan es krim mengandung protein yang bisa memadamkan efek pedas atau terbakar dari capcaisin. Oleh karena itu, menikmati es krim atau yoghurt setelah mengonsumsi makanan pedas adalah pilihan yang tepat.

4. Lemon dan Buah Asam Lainnya

Cara mengatasi kepedasan dengan buah-buahan berasa asam pasti belum banyak orang ketahui. Ya, di samping makanan dan minuman manis, ternyata buah-buahan yang rasanya asam juga ampuh menghilangkan kepedasan. Rasa asam buah-buahan dipercaya bisa menetralkan kondisi mulut dari rasa pedas dan rasa rempah-rempah lainnya.

Untuk menghilangkan kepedasan dengan buah-buahan, kalian bisa memakai beberapa cara. Pertama, kalian bisa memakan beberapa potong buah secara langsung. Atau cara kedua, kalian bisa berkumur atau meminum jus atau sari buah-buahan. Beberapa buah berasa asam yang diyakini efektif hilangkan pedas, antara lain lemon, jeruk, nanas, tomat, dan lain sebagainya.

5. Makanan dengan Zat Pati

Jenis-jenis makanan yang mengandung pati atau zat tepung seperti roti, nasi, bahkan kentang ternyata juga ampuh hilangkan kepedasan. Dilansir dari food.ndtv.com, zat pati dipercaya akan menjadi penghalang yang mengurangi efek zat capcaisin di lidah dan mulut. Selain itu, zat pati juga dipercaya bisa berkhasiat seperti madu dan gula dalam menyerap zat capcaisin.

Dengan begitu, makanan dengan zat tepung seperti roti, nasi, dan kentang efektif mengatasi kepedasan. Namun perlu diperhatikan, untuk melakukannya sebaiknya nasi dan roti dimakan tanpa campuran apapun. Sementara untuk kentang, harus diolah dengan direbus atau dikukus tanpa garam masala.

6. Selai Kacang

Selai kacang yang biasa jadi campuran saat kita makan roti, juga bisa dipakai untuk menghilangkan kepedasan. Hal ini disebabkan, selain manis kacang juga mempunyai kandungan lemak yang dipercaya bisa mengikat zat capcaisin di mulut. Oleh karena itu, mengonsumsi satu sendok selai kacang dipercaya bakal ampuh menghilangkan kepedasan.

Nah, itulah di antaranya beberapa cara mengatasi kepedasan dengan mudah dan cepat. Meski kepedasan bisa dihilangkan dengan mudah, tetap hati-hati dan jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas demi menjaga kesehatan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI