8 Penyebab Flek Hitam di Kulit dan Cara Mengatasinya, Tak Sekedar Paparan Matahari

Selasa, 29 Desember 2020 18:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Flek Hitam di Kulit dan Cara Mengatasinya, Tak Sekedar Paparan Matahari
Penyebab flek hitam (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Memiliki kulit yang sehat dan cantik tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun sayangnya seringkali kulit juga dapat mengalami masalah seperti munculnya flek hitam. Penyebab flek hitam di kulit dapat berasal dari beragam faktor pemicu termasuk efek samping paparan sinar matahari.

Flek hitam di kulit menjadi masalah kulit yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya dialami pada area wajah, tangan, kaki ataupun area tubuh lainnya. Flek hitam ini timbul seperti noda pada kulit yang bisa mengganggu penampilan. Tak heran apabila beragam perawatan dilakukan untuk mencegah munculnya flek hitam di kulit.

Tapi melakukan perawatan terasa tidak cukup kalaupun tak mengetahui penyebab flek hitam. Hal ini dikarenakan flek hitam mungkin dapat timbul kembali jika beberapa penyebabnya masih belum diketahui. Sebab flek hitam bisa muncul dari kondisi medis ataupun kondisi kesehatan tertentu.

Namun salah satu yang kerap dikaitkan dengan penyebab flek hitam adalah paparan sinar matahari. Di mana sinar matahari dalam hal ini sinar ultraviolet bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kulit seperti memicu flek hitam. Meski begitu penyebab flek hitam tak sekedar akibat paparan matahari melainkan juga bisa berasal dari beragam faktor pemicu lain.

Adapun penyebab flek hitam di kulit dan cara mengatasinya terdapat pada beberapa ulasan di bawah ini. Berikut penyebab flek hitam di kulit telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengaruh Hormon

Penyebab flek hitam yang pertama dapat terjadi karena pengaruh hormon. Pengaruh hormon pada perempuan dapat terjadi dalam beberapa kondisi meliputi menstruasi, kehamilan ataupun memasuki masa menopause. Di mana kondisi tersebut bisa memicu terjadinya perubahan hormon yang berdampak pada kesehatan tubuh termasuk kulit.

Melansir dari medicalnewstoday.com, perubahan hormon dikaitkan dengan munculnya flek hitam. Dalam hal ini terkait dengan masalah kulit yang dikenal dengan melasma. Melasma adalah perubahan warna kulit yang ditandai dengan bercak-bercak.

2. Paparan Sinar Matahari

Seperti ulasan sebelumnya penyebab flek hitam di kulit seringkali dikaitkan dengan efek paparan sinar matahari. Dalam hal ini sinar ultraviolet berperan besar terhadap munculnya flek hitam. Melansir dari eminenceorganics.com, sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin hingga sebabkan bercak hitam pada kulit.

Selain memicu munculnya flek hitam, efek paparan sinar matahari terutama sinar ultraviolet yang berlebihan juga dapat berdampak pada kondisi kesehatan kulit lainnya. Diantaranya yakni penuaan dini, kulit terbakar bahkan kanker kulit.

3. Peradangan Pada Kulit

Penyebab flek hitam di kulit selanjutnya adalah karena munculnya peradangan pada kulit. Peradangan bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti jerawat, eksim, ataupun reaksi alergi. Melansir dari eminenceorganics.com, flek hitam akibat peradangan termasuk respon alami kulit. Misalnya saja peradangan karena cedera, bisa menimbulkan perubahan warna kulit jadi lebih gelap.

Begitu juga dengan jerawat yang biasanya meninggalkan noda hitam atau flek hitam. Tingkat kondisi peradangan juga berpengaruh terhadap flek hitam pada kulit baik besar ataupun kecil.

4. Efek Samping Obat Tertentu

Beberapa jenis obat dapat menimbulkan beragam efek samping yang bisa terjadi. Termasuk dapat menjadi penyebab flek hitam di kulit. Melansir dari medicalnewstoday.com, beberapa jenis obat seperti anti-inflamasi non steroid (NSAID), tetrasiklin ataupun obat psikotropika bisa memicu bintik hitam di kulit ataupun flek hitam. Meski begitu untuk mengetahui penyebab pasti flek hitam dapat dilakukan dengan pemeriksaan lebih lanjut.

5. Kulit Cedera

Penyebab flek hitam selanjutnya dapat terjadi akibat tubuh mengalami cedera. Kulit dapat cedera karena beberapa faktor baik terjatuh ataupun tergores. Kondisi ini umumnya menimbulkan luka yang nantinya bisa membekas dengan noda hitam di kulit. Selain itu gigitan serangga juga bisa memicu terjadinya flek hitam atau noda hitam pada kulit. Namun hal ini mungkin akan memudar seiring berjalannya waktu dengan beragam perawatan yang dilakukan.

6. Kurang Vitamin

Melansir dari liputan6.com, penyebab flek hitam di kulit bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin yang dapat mencegah flek hitam tersebut meliputi vitamin B12, vitamin K, dan vitamin E. Seperti diketahui mencukupi kebutuhan vitamin penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap baik. Kurangnya asupan nutrisi ataupun vitamin dapat memicu terjadinya masalah kesehatan termasuk flek hitam.

7. Penggunaan Produk Kecantikan

Bagi perempuan menggunakan produk kecantikan tertentu sudah menjadi gaya hidup yang tidak dapat terpisahkan. Namun penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai justru dapat memicu terjadinya beragam masalah pada kulit. Salah satunya adalah munculnya flek hitam. Melansir dari liputan6.com, kandungan bahan kimia dalam produk kecantikan bisa menyebabkan munculnya flek hitam akibat produksi melanin berlebih.

8. Diabetes

Penyebab flek hitam di kulit lainnya juga bisa terjadi karena mengalami diabetes. Diabetes dapat ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Melansir dari medicalnewstoday.com, diabetes dikaitkan dengan penyebab flek hitam di kulit. Misalnya saja penyakit akantosis nigrikans yang dikaitkan dengan resistensi insulin. Kondisi ini menyebabkan bintik hitam atau flek hitam di kulit. Meski begitu pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti flek hitam yang terjadi di kulit.

9. Gejala Flek Hitam

Beberapa gejala flek hitam dapat dikenali dengan mudah tergantung dari jenis dan warna kulit seseorang. Diantaranya yakni flek hitam dapat muncul dengan warna coklat muda hingga coklat tua. Melansir dari medicalnewstoday.com, pada orang dengan jenis kulit lebih gelap flek hitam juga memiliki warna lebih gelap dan memudar dalam kurun waktu 6 sampai 12 bulan. Begitu pula dengan tekstur dan bentuk dari flek hitam bisa beragam jenis, misalnya oval, bulat ataupun kecil dan besar.

10. Cara Mengatasi Flek Hitam

Setelah memahami penyebab flek hitam di kulit, cara mengatasi flek hitam di bawah ini juga perlu diketahui. Adapun cara mengatasi flek hitam sebagai berikut:

- Menggunakan sunblock saat berada di luar ruangan.

- Terapi laser.

- Melakukan metode chemical peeling.

- Menggunakan vitamin C untuk mencegah flek hitam dalam perawatan kecantikan.

- Menggunakan krim pencerah kulit dengan petunjuk dokter.

- Crysurgery, untuk menghilangkan flek hitam.

Nah itulah 8 penyebab flek hitam di kulit dan cara mengatasinya. Konsultasi dan pemeriksaan bisa dipertimbangkan jika mengalami masalah flek hitam yang timbulkan komplikasi lainnya.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI