9 Penyebab HP Cepat Panas yang Menguras Baterai, Kenali Solusinya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

9 Penyebab HP Cepat Panas yang Menguras Baterai, Kenali Solusinya
Penyebab hp cepat panas (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Penggunaan handphone atau hp saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Meski memberikan banyak manfaat dengan fasilitas canggih, beberapa masalah dapat timbul salah satunya hp cepat panas. Penyebab hp cepat panas dapat terjadi karena beragam faktor pemicu yang bisa menguras baterai.

Hp menjadi panas merupakan kondisi yang biasa terjadi terlebih jika menggunakan dalam waktu cukup lama. Namun jika hp cepat panas hingga menguras baterai hal tersebut perlu diwaspadai beragam penyebabnya. Jika hp cepat panas tak segera diatasi dan diketahui penyebabnya maka tidak menutup kemungkinan beberapa masalah juga bisa muncul.

Misalnya saja hp menjadi lambat, eror ataupun tak dapat beroperasi secara maksimal. Hal ini pastinya bikin aktivitas jadi terganggu terlebih jika handphone termasuk peralatan yang dibutuhkan dalam mendukung pekerjaan. Beragam penyebab hp cepat panas umumnya terjadi karena masalah pada penggunaan hp. Mulai dari kondisi lingkungan, penggunaan aplikasi, ataupun kebiasaan yang jarang disadari dalam menggunakan hp bisa memicu panas yang tidak biasa.

Adapun penyebab hp cepat panas yang menguras baterai dapat kalian simak melalui beberapa ulasan di bawah ini. Berikut penyebab hp cepat panas telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pakai HP Sambil di-charge

Penyebab hp cepat panas yang menguras baterai salah satunya adalah menggunakan hp sambil di-charge. Seperti diketahui sejumlah peralatan elektronik memerlukan isi ulang daya agar tetap dapat digunakan. Salah satunya yakni hp yang memiliki baterai dengan jumlah daya yang beragam. Namun sayangnya seringkali penggunaan hp dan pengisian yang tidak tepat dapat menimbulkan beberapa masalah termasuk hp cepat panas.

Dan inilah yang menyebabkan hp cepat panas karena menggunakannya sambil di-charge. Melansir dari liputan6.com, penggunaan hp sambil di-charge dapat menyebabkan hp mencapai suhu di atas normal. Bahkan dampak terburuknya, hp dapat meledak jika dipakai sambil di-charge. Untuk itulah hindari menggunakan hp sambil di-charge untuk mencegah dampak buruk lainnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Faktor Cuaca yang Panas

Penyebab hp cepat panas selanjutnya adalah bisa disebabkan oleh faktor cuaca yang panas. Namun hal tersebut bisa terjadi saat kalian menggunakan hp pada area yang panas dengan suhu udara tingkat tertentu. Tak heran apabila karena penggunaan hp pada suhu udara yang panas bisa berpengaruh terhadap kondisi hp.

Sehingga usahakan agar kalian tidak menggunakan hp pada area panas terutama terpapar langsung sinar matahari. Sebab selain dapat menyebabkan panas berlebih pada hp, kondisi ini juga bisa merusak layar sentuh hp kalian.

3. Layar Terlalu Terang

Penyebab hp cepat panas lainnya adalah karena pengaturan cahaya layar yang terlalu terang. Seperti diketahui hp memiliki beragam fasilitas dan pengaturan yang dapat memanjakan penggunanya. Salah satunya adalah cahaya layar hp yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Namun sayangnya pengaturan cahaya layar hp yang tidak tepat atau terlalu terang justru bisa menyebabkan beragam masalah. Diantaranya yakni hp cepat panas, baterai yang cepat terkuras bahkan berdampak pada kesehatan mata. Berkaitan dengan hp cepat panas hal ini terjadi karena kecerahan layar hp biasanya membutuhkan daya kerja yang maksimal dan berpengaruh pada sistem prosesor.

4. Wifi Menyala Terus

Penggunaan internet saat ini sudah menjadi hal yang familiar di masyarakat. Selain melalui kartu data, fasilitas wifi dapat dimanfaatkan untuk tetap terhubung pada jejaring sosial. Namun menyalakan wifi terus menerus justru bisa memicu hp cepat panas. Melansir dari liputan6.com, hal ini terjadi karena hp kalian akan terus mencari sinyal wifi yang bisa menguras daya baterai. Bahkan ketika tidak ada sambungan wifi, hp juga dapat menguras banyak daya baterai.

5. Aplikasi yang Banyak Dibuka

Penyebab hp cepat panas yang menguras baterai lainnya adalah karena aplikasi yang banyak dibuka. Beberapa orang mungkin sering melakukan kebiasaan membuka beragam aplikasi pada hp mereka dan hanya menekan tombol home untuk berpindah menuju aplikasi lainnya. Tanpa disadari meski aplikasi terlihat sudah tertutup, namun hal tersebut tidak keluar sepenuhnya dari aplikasi. Dengan kata lain aplikasi tetap berjalan sehingga bisa menyebabkan hp cepat panas dan menguras baterai. Sehingga pastikan bahwa kalian telah menutup aplikasi dengan benar dan tepat.

6. Bug Pada Aplikasi

Penyebab hp cepat panas dan menguras baterai selanjutnya bisa terjadi karena bug pada aplikasi. Seperti diketahui bug merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sistem yang dapat menyebabkan gangguan pada aplikasi ataupun program hingga membuat aplikasi tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal.

Berkaitan dengan hp cepat panas, bug pada aplikasi juga berpotensi memicu kondisi tersebut dialami pengguna. Sebab prosesor tidak dapat bekerja optimal hingga bisa menjadi faktor pemicu hp cepat panas serta menguras penggunaan daya baterai.

7. Notifikasi Berlebih

Notifikasi berlebih yang muncul pada hp juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas serta menguras baterai. Kondisi ini terjadi karena notifikasi biasanya disertai dengan suara, getar, dan memicu hp tetap menyala. Akibatnya baterai cepat terkuras habis serta membuat hp cepat panas. Sehingga pastikan kalian hanya menggunakan notifikasi tertentu pada aplikasi yang sering dipakai untuk mencegah hp cepat panas yang menguras baterai.

8. Sinyal Tidak Stabil

Penyebab hp cepat panas yang menguras baterai dapat terjadi akibat kondisi sinyal yang tidak stabil. Kondisi sinyal yang tidak stabil baik itu sinyal wifi ataupun data bisa memicu penggunaan daya baterai lebih tinggi hingga sebabkan panas. Melansir dari liputan6.com, sinyal yang tidak stabil dapat membuat hp mencari sinyal terus menerus yang sebabkan hp tetap beroperasi.

9. Akibat Malware

Melansir dari liputan6.com, penyebab hp cepat panas yang menguras baterai bisa disebabkan oleh malware. Malware pada hp dapat membuat prosesor terus bekerja di latar belakang. Hal inilah yang menjadi penyebab hp cepat panas. Untuk itulah pastikan saat kalian menggunakan aplikasi internet hindari membuka halaman web atau mengunduh aplikasi dan file berbahaya ataupun tidak jelas.

10. Solusi Mengatasi HP Cepat Panas

Beberapa solusi mengatasi hp cepat panas di bawah ini juga bisa menjadi pilihan mudah agar kondisi hp tetap terjaga. Adapun solusi mengatasi hp cepat panas sebagaiĀ  berikut:

- Gunakan hp seperlunya.

- Matikan hp saat di-charge.

- Membersihkan memori hp secara rutin.

- Instal aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

- Update os untuk mempercepat sistem kerja hp.

Nah itulah 9 penyebab hp cepat panas yang menguras baterai beserta solusinya. Jika masalah hp cepat panas yang menguras baterai tetap terjadi, menggunakan jasa service bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tersebut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending