Manfaat Serai untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Akibat PMS

Jum'at, 13 Maret 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
Manfaat Serai untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Akibat PMS
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Serai selama ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman. Cita rasa serai yang segar bisa membuat badan kita menjadi lebih hangat. Selain itu, aromanya yang wangi dan khas juga membuat tanaman ini banyak dimanfaatan sebagai aroma terapi. Oleh karena itu, banyak orang yang menggemari tanaman yang dimanfaatkan bagian batangnya ini. Terlebih, di Indonesia serai tergolong jenis tanaman yang mudah ditanam dan mudah dijumpai di pasaran.

Tapi ternyata, serai tidak hanya bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman saja. Tanaman bernama latin Cymbopogon citarus ini ternyata juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat serai untuk kesehatan sangat beragam mulai dari meningkatkan suhu tubuh hingga meredakan nyeri yang dialami wanita saat PMS (premenstruation syndrome).

Selain dua hal tersebut, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh kita saat mengonsumsi serai. Berikut beberapa manfaat serai untuk kesehatan tubuh kita:

1. Meredakan Gejala PMS

Manfaat serai yang pertama bagi kesehatan yaitu bisa meredakan sakit perut saat PMS. Hal ini karena, sifat anti-inflamasi yang dimiliki serai akan memberikan efek nyaman pada perut yang sakit. Mengobati sakit perut karena PMS dengan sereh bisa dilakukan dengan dua acara, yaitu dengan meminum air rebusan serai atau dengan mengoleskan minyak serai ke perut.

2. Mengatasi Depresi

Seperti yang kita tahu, bau serai yang wangi sering digunakan sebagai varian aroma terapi. Aroma wangi sereh dapat merangsang pikiran dan perasaan tenang, sehingga akan menghindarkan kita dari rasa cemas berlebih, insomnia, bahkan depresi ringan. Jadi, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata serai juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat serai bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari doktersehat.com, sebuah penelitian menjabarkan fakta bahwa mengonsumsi serai bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat serai dalam menurunkan kolesterol, kita bisa meminum air rebusan secara rutin. Selain itu, kamu bisa juga dengan menggunakan air rebusan serai untuk menyeduh teh.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Serai juga diyakini berkhasiat bisa menurunkan tekanan darah. Serai mempunyai sifat diuretik, sehingga dapat mengurangi kadar garam dan air dalam tubuh. Kandungan garam berlebih dalam tubuh tersebut kemudian akan dikeluarkan bersamaan dengan urine. Secara tidak langsung ini berarti, mengonsumsi serai akan menjauhkan kita dari potensi terkena hipertensi.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan

Serai mempunyai sifat anti bakteri yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh dari serangan bakteri. Selain itu, rasa hangat dari serai juga mengatasi berbagai permasalahan pencernaan mulai dari sakit perut hingga diare.

6. Berfungsi sebagai Antioksidan

Selain sifat anti bakteri, ternyata dalam batang serai juga terkandung berbagai zat antioksidan yang akan berperan menangkal radikal bebas. Itu artinya, dengan meminum rebusan serai dapat menghindarkan kita dari penyakit kanker. 

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Serai juga mempunyai sifat anti inflamasi. Sifat ini membuat serai mempunyai khasiat untuk menjaga system kekebalan tubuh. Jadi, apabila kekebalan tubuhmu terganggu, mungkin karena gejala flu, kamu bisa mengatasinya dengan membuat air rebusan serai.

8. Mengobati Peradangan dan Infeksi

Sifat anti inflamasi yang dimiliki serai ternyata juga bagus untuk melawan gejala peradangan dan infeksi. Di samping sifat inflamasi, kemampuan serai dalam mengatasi peradangan dan infeksi juga didukung oleh kandungan citral. Kandungan citral dalam serai akan bereaksi untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

9. Menurunkan Berat Badan

Selain mengurangi kolesterol dan kandungan garam, ternyata serai juga bisa mengurangi timbunan lemak dalam tubuh kita. Hal ini karena sifat diuretik serai yang akan membantu tubuh kita dalam memilah zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Sehingga lemak yang menumpuk juga akan terurai dan ikut terbuang bersama urine dan feses.

10. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat serai berikutnya berkaitan dengan kesehatan kulit. Serai mempunyai khasiat memperlancar peredaran darah. Hal ini secara tidak langsung juga akan berdampak pada kesehatan kulit, salah satunya meminimalisir tumbuhnya jerawat dalam tubuh.

Selain itu, untuk kesehatan kulit, serai juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak atau obat oles. Minyak serai berkhasiat untuk meredakan nyeri akibat gigitan dan sengatan serangga.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI