9 Cara Mengusir Kecoa di Rumah dengan Mudah dan Ampuh, Agar Hidup Lebih Sehat

Senin, 08 Juni 2020 11:11 Penulis: Nurul Wahida
9 Cara Mengusir Kecoa di Rumah dengan Mudah dan Ampuh, Agar Hidup Lebih Sehat
Cara mengusir kecoa (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Sebagian besar orang sangat risih dengan keberadaan kecoa di rumah. Sebab binatang yang memiliki sayap ini dianggap dapat membawa kuman serta penyakit. Alhasil berbagai cara mengusir kecoa di rumah dilakukan agar mendapatkan hidup yang lebih bersih dan sehat di rumah.

Kecoa merupakan binatang yang masuk dalam jenis serangga dengan spesies ordo blattodea. Kecoa dianggap sebagai hama sebab bisa menimbulkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan tempat hidup kecoa yang sering ditemui pada tempat kotor seperti selokan serta tempat sampah.

Kecoa diketahui dapat membawa jutaan bakteri serta penyakit. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti diare jika mengkontaminasi makanan. Selain itu kecoa bisa menyebabkan alergi seperti ruam kulit hingga asma.

Maka wajar apabila banyak orang merasa jijik serta risih dengan kecoa terutama ketika ditemui berada di lingkungan rumah. Seperti yang diketahui di rumah kecoa lebih sering tinggal pada area lembab dan kotor seperti dapur, wastafel, saluran air, perabot rumah tangga serta tempat sampah. Berbagai cara mengusir kecoa di rumah pun dilakukan mulai dari penggunaan bahan kimia hingga pembersihan rumah.

Lalu bagaimana cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh?

Adapaun cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh bisa diawali dari hal sederhana. Cara sederhana tersebut bukan saja bermanfaat untuk mengusir kecoa melainkan dapat membuat hidup terasa lebih sehat. Berikut 9 cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh yang dilansir dari berbagai sumber.

 

 

1. Bersihkan Sisa Makanan

Cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah salah satunya adalah dengan membersihkan sisa makanan. Usahakan agar tidak ada makanan yang tercecer di lantai rumah ataupun meja makan. Hal ini dilakukan agar tidak mengundang kecoa muncul di rumah.

Bersihkan sisa-sisa makanan baik di wastafel, piring, meja makan, kompor, serta area yang sering digunakan untuk makan agar terbebas dari kecoa. Pastinya selain bermanfaat untuk mencegah datangnya kecoa, juga bisa membuat hidup lebih sehat.

2. Menutup Saluran Air

Cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah selanjutnya adalah dengan menutup saluran air. Sebab salah satu lokasi hidup kecoa adalah saluran air atau selokan. Di mana tempat tersebut memiliki sangat lembab serta berbau. Selain menutup saluran air kalian juga bisa membersihkan dengan rutin area tersebut seperti wastafel, kamar mandi, serta kran air.

3. Bersihkan Barang Tak Terpakai

Barang yang menumpuk dan tidak terpakai usahakan untuk selalu diperhatikan. Misalnya saja tumpukan buku, tumpukan kayu, ataupun tumpukan kardus. Lokasi tersebut menjadi salah satu lokasi favorit kecoa untuk hidup. Sehingga dengan membersihkan barang tak terpakai dapat digunakan sebagai cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah.

4. Gunakan Kopi

Cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah serta ampuh dapat juga menggunakan kopi. Aroma kopi yang menyengat dan wangi tidak disukai oleh kecoa. Sehingga kalian dapat menyebarkan bubuk kopi pada area yang disinyalir menjadi tempat hidup kecoa.

5. Minyak Esensial Beraroma

Aroma minyak esensial seperti lavender, tree tea oil bisa kalian pilih untuk mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh. Sebab aroma tersebut dapat mengelabui penciuman kecoa yang sangat menyukai aroma makanan.

Kalian dapat menempatkan pada area seperti dapur, kamar mandi, ataupun gudang rumah. Selain itu pasang juga perangkap agar dapat menjebak kecoa dengan minyak esensial.

6. Menebarkan Kapur Barus

Aroma kapur barus yang menyengat dapat digunakan untuk mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh. Taburkan beberapa kapur barus di setiap sudut ruangan yang menjadi lokasi hidup kecoa seperti dapur dan kamar mandi.

7. Gunakan Sabun Mandi

Cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh juga bisa gunakan sabun mandi. Tentunya sabun mandi tersebut menjadi pengganti dari bahan kimia pembasmi kecoa yang lebih aman. Sabun mandi dapat dicampurkan dengan air lalu memasukkan ke dalam botol semprot. Kalian dapat menyemprotkan ke tubuh kecoa saat kecoa muncul di rumah.

Sehingga kecoa akan mati dengan sendiri lalu dapat kalian buang ke tempat sampah. Namun jangan sampai kalian menyentuh tubuh kecoa, sebab dikhawatirkan mengandung bakteri dan penyakit.

8. Gunakan Petroleum Jelly

Petroleum jelly bisa kalian gunakan untuk menjebak kecoa yang muncul di rumah. Caranya sangat mudah, yakni dengan menyiapkan 2 sdm petroleum jelly dan 1 sendok makan gula lalu letakkan pada tempat yang sering dilewati kecoa.

Dengan begitu kecoa akan tertarik dan terjebak dalam petroleum jelly. Sehingga petroleum jelly dapat kalian gunakan sebagai cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah serta ampuh.

9. Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

Agar kecoa tidak berada di rumah, maka usahakan agar tidak membiarkan sampah menumpuk. Selalu rajin membuang sampah dan menutupnya supaya tidak menjadi tempat hidup yang disenangi kecoa.

Nah itulah 9 cara mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan ampuh sehingga dapat memiliki hidup yang lebih sehat serta bersih. Sebab menjaga kebersihan rumah merupakan hal penting dalam penerapan hidup yang sehat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI