20 Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan, Perawatan Alami yang Low Budget

Kamis, 17 Desember 2020 12:18 Penulis: Nurul Wahida
20 Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Kesehatan, Perawatan Alami yang Low Budget
Manfaat kentang (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kentang menjadi salah satu jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dan sangat familiar di masyarakat. Beberapa negara bahkan menggunakan kentang sebagai makanan pokok mereka. Namun tahukah, bahwa khasiat kentang bukan saja untuk kesehatan, melainkan manfaat kentang juga sangat baik bagi kulit wajah.

Memiliki kulit wajah yang cantik dan sehat merupakan impian setiap orang terutama perempuan. Sebab, wajah yang cantik menjadi penunjang utama penampilan. Akan tetapi cantik tanpa kulit yang sehat juga tidak lengkap.

Sehingga perlu menyeimbangkan antara kesehatan dan penampilan tubuh. Untuk mendapatkan dua sekaligus kecantikan dan kesehatan dapat menggunakan bahan alami seperti sayur dan buah. Dimana sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Salah satunya manfaat kentang untuk menjaga kulit wajah agar tetap cantik dan sehat. Mulai dari kulit kentang hingga daging kentang kaya kandungan nutrisi. Diantaranya seperti vitamin C, folat, kalium, vitamin B6, mineral, dan protein.

Pastinya nutrisi tersebut bermanfaat bagi tubuh terutama kulit wajah. Adapun manfaat kentang untuk kulit wajah sangat beragam dan bisa menjadi perawatan kecantikan alami tanpa budget mahal. Lalu apa saja manfaat kentang untuk kulit wajah?

Untuk kalian yang ingin melakukan perawatan kulit dengan bahan alami dapat menggunakan kentang sebagai pilihan. Perlu tahu juga bahwa menggunakan bahan alami untuk perawatan kulit tentu saja lebih minim efek samping. Berikut 10 manfaat kentang untuk kecantikan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kentang untuk kulit wajah salah satunya bisa mencegah penuaan dini. Seperti yang diketahui bahwa penuaan dini ditandai dengan munculnya garis-garis tipis pada wajah serta kerutan di sekitar mata.

Proses menua memang alami dialami setiap orang, namun hal ini akan mengganggu jika proses penuaan terjadi lebih awal. Tentunya kalian tidak mau mengalami penuaan dini bukan? Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan kentang sebagai perawatan alami yang low budget. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menggunakan kentang sebagai masker.

 

2. Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Kulit wajah yang tampak kusam dapat mengganggu penampilan. untuk mengatasinya kalian dapat menggunakan masker kentang agar wajah tampak lebih cerah. Kandungan nutrisi dalam kentang mampu mengatasi kulit yang kusam agar tampak lebih cerah dan sehat.

 

3. Melembabkan Kulit

Manfaat kentang selanjutnya dapat berguna untuk melembabkan kulit wajah. manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi yakni vitamin C yang cukup tinggi dalam kentang. Seperti yang diketahui bahwa vitamin C menjadi salah satu antioksidan yang baik untuk kulit wajah. Sehingga kalian bisa menggunakan kentang untuk melembabkan kulit yang kering agar lebih sehat.

 

4. Mengatasi Mata Panda

Kantung mata yang menghitam atau sering disebut sebagai mata panda terjadi dikarenakan sirkulasi darah yang berada di bawah mata tidak berjalan secara baik. Hal ini mengakibatkan kantung bawah mata menjadi hitam.

Jika kalian mengalami mata panda dapat menggunakan kentang untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab, manfaat kentang bisa mencerahkan mata panda yang muncul pada wajah. untuk menggunakannya potong iris kentang lalu bungkus dengan kain dan letakkan di atas lingkaran mata yang menghitam selama 20 menit.

 

5. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak dapat menjadi faktor penyebab munculnya berbagai masalah wajah. namun kalian tidak perlu khawatir, sebab manfaat kentang bisa mengatasi masalah kulit berminyak. Untuk menggunakannya cukup dengan menghaluskan kentang dan menggunakannya sebagai masker wajah.

 

6. Mengencangkan Kulit

Manfaat kentang untuk kulit wajah selanjutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Kulit yang tampak lebih kencang pastinya terlihat lebih muda. Sehingga kalian dapat memakai masker kentang sebagai perawatan alami yang low budget.

 

7. Mengatasi Flek Hitam

Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi pada wajah. Dan kebanyakan masalah jerawat sangat mengganggu penampilan. termasuk ketika jerawat sudah hilang namun meninggalkan bekas dengan bintik hitam kemerahan.

Jika masalah tersebut terjadi salah satu caranya bisa memakai masker kentang untuk bekas jerawat yang muncul. Tentunya manfaat kentang untuk kulit wajah dapat membuat kulit lebih cantik seperti semula.

 

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang terdapat pada wajah jika tidak segera dibersihkan bisa membuat wajah tampak kusam dan bahkan memunculkan noda hitam. Manfaat kentang salah satunya bisa mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada wajah.

Caranya cukup mudah, yakni membuat kentang sebagai scrub dan menggosokkan ke wajah. kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

9. Mengatasi Sunburn

Sunburn atau kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari dapat menyebabkan masalah kulit seperti terasa panas, perih, melepuh, iritasi, dan kemerahan. Namun kalian tidak perlu khawatir sebab manfaat kentang dapat mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

Menggunakan irisan kentang atau masker pada kulit selama 20 menit dapat memberikan sensasi dingin dan mengurangi warna kulit belang. Kalian juga bisa mencampurkan dengan bahan seperti tomat dan kunyit.

 

10. Mengontrol Berat Badan

Manfaat kentang untuk kesehatan yang pertama dapat menjadi bahan alami mengontrol berat badan. Di mana kentang ini cukup ramah untuk program diet yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Sebab kentang diketahui mengandung serat tinggi dan sejumlah vitamin lainnya yang mampu menjaga berat ideal tubuh.

Selain itu serat dalam kentang juga menyehatkan pencernaan serta membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Untuk itulah manfaat kentang ini dapat membantu kalian menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

 

11. Menyehatkan Jantung

Beragam manfaat kentang untuk kesehatan juga bisa diperoleh dari kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Salah satunya yang cukup populer adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Melansir dari bola.com, kentang termasuk bahan makanan yang rendah kolesterol sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan serat pada kentang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah untuk meminimalisir risiko sakit jantung ataupun stroke. Bersumber dari National Health and Nutrition Examinaton Survey (NHANES) menyebutkan bahwa kalium dalam kentang bisa menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung.

 

12. Meningkatkan Energi

Manfaat kentang untuk kesehatan yang juga berkhasiat luar biasa adalah dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Di mana kandungan nutrisi dalam kentang seperti vitamin b6 dapat berfungsi sebagai pemecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa serta asam amino. Kedua jenis nutrisi tersebut bisa meningkatkan energi pada tubuh. Tak heran apabila kentang juga cocok untuk menu sarapan pagi yang mengenyangkan dan mengandung banyak nutrisi.

 

13. Mengurangi Peradangan

Manfaat kentang untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi peradangan. Sebab kentang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Melansir dari lacanadacarecenter.com, kentang diketahui mengandung kolin yang dapat mencegah peradangan terjadi pada tubuh. Selain itu sebuah studi juga menunjukkan bahwa ekstrak dari berbagai jenis bahan nabati termasuk kentang dapat menghambat produksi komponen inflamasi aktif dalam tubuh.

 

14. Meredakan Stres

Tingkat stres yang rendah ataupun tinggi sama-sama bisa berpotensi memengaruhi kesehatan tubuh. Dalam hal ini ternyata manfaat kentang dapat membantu tubuh meredakan stres secara alami karena kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Diantara kandungan nutrisi dalam kentang tersebut seperti vitamin B6 yang bisa meningkatkan produksi hormon adrenalin untuk mencegah stres. Selain itu melansir dari lifehack.org, kentang juga dapat membantu meningkatkan produksi GABA (gamma amino butyric acid) yakni hormon untuk meredakan stres.

 

15. Mengandung Serat Tinggi

Kentang diketahui serat tinggi yang memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Karena kandungan serat tinggi dalam kentang dapat mencegah gangguan kesehatan pada tubuh. Selain itu karena serat tinggi tersebut kentang juga bisa melancarkan pencernaan dan mencegah obesitas pada tubuh. Tak heran apabila kentang termasuk makanan yang sering jadi favorit banyak orang untuk program diet penurunan berat badan.

 

16. Mencegah Kanker

Manfaat kentang untuk kesehatan juga dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker. Kandungan folat dalam kentang diketahui memiliki peran penting untuk mencegah kanker pada tubuh. Melansir dari bola.com, kentang diyakini bisa membantu mencegah kanker kolorektal. Selain itu vitamin C dan quercetin dalam kentang juga memiliki fungsi sebagai antioksidan tinggi yang bisa mencegah paparan radikal bebas penyebab penyakit.

 

17. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kentang untuk kesehatan bisa berguna untuk membantu meningkatkan fungsi kerja pada otak. Hal ini dapat diperoleh karena kentang mengandung tembaga dan zat besi yang bisa meningkatkan fungsi kerja otak agar lebih maksimal. Selain itu beberapa jenis nutrisi seperti mangan, kalium, vitamin B6 dan vitamin C dapat menyehatkan dan meningkatkan respon positif dari fungsi otak terhadap asam lemak dan asam amino.

 

18. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat penting dimiliki untuk mencegah beragam jenis penyakit. Sebab jika kekebalan tubuh rendah, tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut memicu tubuh rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Namun ternyata kandungan vitamin C pada kentang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena termasuk antioksidan tinggi. Melansir dari medicalnewstoday.com, vitamin C tersebut menawarkan manfaat untuk meredakan sakit flu yang disebabkan oleh virus.

 

19. Meringankan Diare

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam kentang juga dapat membantu meringankan kondisi diare yang dialami. Hal ini karena kentang mengandung nutrisi seperti serat ringan serta nutrisi lainnya yang berperan penting dalam pembentukan energi. Di mana ketika mengalami diare tubuh mengalami gejala seperti lemas dan lesu. Melansir dari organicfacts.net, kentang termasuk makanan yang ramah bagi penderita diare. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi kentang dalam jumlah wajar agar mendapatkan manfaat secara maksimal.

 

20. Cara Membuat Masker Kentang

Untuk membuat masker kentang agar dapat memberikan manfaat bagi kulit wajah berikut tipsnya yang bisa kalian coba buat di rumah:

- Siapkan kentang sesuai kebutuhan.

- Haluskan dengan memarut kentang mentah sampai halus.

- Lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebagai masker.

- Diamkan selama 15 hingga 30 menit.

- Lalu bilas dengan air bersih.

Kalian juga bisa mencampurkan beberapa bahan lainnya seperti madu, yogurt, telur, wortel, susu, kunyit, mentimun, jeruk nipis dan minyak zaitun untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik.

Nah itulah 20 manfaat kentang untuk kulit wajah, perawatan alami yang low budget. Mudah bukan KLovers? Namun perlu diingat bahwa perlu juga menjaga asupan nutrisi dalam tubuh seperti konsumsi sayur dan buah agar kulit tetap sehat dari dalam.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI