9 Manfaat Buah untuk Kesehatan, Sumber Gizi Banyak Khasiat

Sabtu, 18 April 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
9 Manfaat Buah untuk Kesehatan, Sumber Gizi Banyak Khasiat
Buah (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sudah sejak lama, kita disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah juga termasuk dalam kelompok makanan yang dikenal dengan istilah empat sehat lima sempurna. Bukan tanpa alasan, sebab buah memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Banyak manfaat buah yang bisa kita dapat dengan mengonsumsinya secara rutin.

Apalagi, kita tinggal di Indonesia yang mempunyai iklim tropis, sehingga menemukan berbagai macam buah di sekitar kita. Setiap buah mempunyai kandungan gizi yang berbeda-beda, sehingga semakin banyak jenis buah yang kita konsumsi semakin banyak pula manfaat buah yang kita peroleh. Tapi kira-kira manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah?

Berikut ini beberapa manfaat buah untuk kesehatan kita, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Sumber Vitamin

Selama ini kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan agar mendapatkan berbagai vitamin. Sebab, buah memang menjadi salah satu makanan yang kaya akan vitamin, selain sayuran. Vitamin dalam buah pun beragam mulai dari vitamin A, B, C, D, E, K, semua bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah tertentu.

Artinya, dengan memakan buah-buahan, terlebih yang jenisnya beragam bisa membuat akan mencukupi kebutuhan kita akan suatu vitamin. Dengan, kata lain hal ini juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin tertentu.

2. Sumber Air dan Gizi

Selain sumber vitamin, ternyata buah juga merupakan sumber air yang alami dari tumbuhan. Hal ini sesuai dengan sebagaimana yang kita tahu sebagian buah mempunyai tekstur yang berair. Bahkan, air dalam buah-buahan juga mempunyai rasa yang beraneka ragam mulai dari manis hingga asam.

Di samping itu, air yang terkandung dalam buah-buahan juga mengandung berbagai gizi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan sebagainya. Pada saat ini ada berbagai cara mendapatkan gizi yang terkandung dalam buah, misalnya dengan memakan secara langsung, dibuat jus, atau bisa juga dengan membuatnya menjadi infused water.

3. Sumber Antioksidan

Selain vitamin dan kandungan gizi lainnya, dalam buah tertentu juga mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya. Di dalam tubuh, antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang mengakibatkan berbagai penyakit, seperti kanker. Beberapa buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi di antaranya stroberi, kiwi, pome, dan sebagainya.

4. Sumber Serat

Sebagian buah juga mengandung serat yang tinggi. Seperti yang kita tahu, mengonsumsi makanan berserat tinggi akan sangat baik untuk kelancaran sistem pencernaan. Tidak hanya baik untuk pencernaan, dalam tubuh kandungan serat dari buah ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan begitu, konsumsi buah-buahan berserat akan membuat kita lebih sehat dan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Buah-buahan yang mempunyai kandungan serat tinggi antara lain apel, pisang, alpukat, jeruk, dan sebagainya.

5. Mampu Mencegah Penyakit Tertentu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam buah banyak terkandung berbagai gizi mulai dari vitamin, serat, dan antioksidan. Berbagai kandungan gizi tersebut akan membuat tubuh kita jadi lebih sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit. Bahkan ada jenis-jenis buah-buahan tertentu yang bisa mencegah suatu penyakit. 

6. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dari dalam. Manfaat buah lainnya ternyata juga bisa memberi efek untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah.

Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat buah bagi kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Beberapa jenis buah bisa dengan memakannya secara langsung. Namun, ada juga yang bisa dipakai sebagai masker atau lotion. Contoh buah yang bisa digunakan untuk kesehatan kulit dan kecantikan adalah pisang, pepaya, dan alpukat.

7. Mencegah Obesitas

Masalah berat badan tidak bisa dianggap sepele. Sebab, jika berat badan tidak terkontrol bisa mengakibatkan obesitas, dan berujung pada berbagai jenis penyakit mematikan, seperti jantung dan kolesterol. Itulah sebabnya sebaiknya kita mulai memperhatikan berat badan, demi kesehatan tubuh. Salah satunya, dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin.

Selama ini terbukti banyak orang yang menggunakan buah sebagai menu dietnya. Hal ini ternyata tidak asal-asalan, sebab buah memang dipercaya bisa membantu mengontrol berat badan seseorang. Hal ini salah satunya dikarenakan adanya kandungan serat pada buah yang memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan.

8. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah yang selanjutnya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Ternyata, konsumsi buah-buahan tertentu juga bisa berimbas pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Terutama buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Artinya dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, kekebalan tubuh kita akan terbentuk, sehingga lebih terhindar dari penyakit.

9. Baik untuk Daya Ingat

Kandungan gizi yang lengkap pada beragam jenis buah-buahan membuat buah banyak memberikan manfaat yang juga beragam. Tidak hanya kesehatan dari segi fisik dan kesehatan dari dalam seperti meningkatkan sistem imun, ternyata buah-buahan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan otak. Salah satu buah yang bermanfaat untuk kesehatan otak adalah blueberry.

Itulah beberapa manfaat buah untuk kesehatan. Di luar sana ada banyak jenis buah-buahan dengan manfaat yang beraneka ragam. Meski begitu, tetap perhatikan jumlah buah yang dikonsumsi, sebab jika berlebih juga bisa memberi efek yang tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI