9 Penyebab Mata Ikan yang Tampak Sederhana Tapi Justru Jadi Masalah Kulit

Jum'at, 11 Desember 2020 16:11 Penulis: Nurul Wahida
9 Penyebab Mata Ikan yang Tampak Sederhana Tapi Justru Jadi Masalah Kulit
Penyebab mata ikan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Beragam penyebab mata ikan dan faktor risikonya dapat terjadi karena hal yang tampak sederhana namun justru bisa menjadi masalah. Mata ikan atau dikenal juga dengan istilah clavus ini terjadi akibat kulit pada kaki yang mengalami penebalan atau tekanan akibat gesekan. Gesekan secara berulang tersebut mengakibatkan munculnya mata ikan dengan gejalanya seperti nyeri pada bagian benjolan.

Mata ikan dapat ditandai dengan beberapa kondisi diantaranya yakni terjadi penebalan pada kulit, munculnya benjolan di kulit kaki ukuran lebih banyak kecil, terasa keras, serta terdapat bintik hitam pada benjolan di kaki. Saat mata ikan semakin menebal hingga sebabkan benjolan, maka akan terasa sakit saat ditekan atau disentuh.

Kondisi ini membuat pengidapnya menimbulkan rasa tidak nyaman akibat benjolan yang muncul. Bahkan sejumlah kejadian mata ikan terkadang dapat rentan terhadap infeksi dan luka yang dirasakan penderitanya. Beragam penyebab mata ikan ternyata dapat terjadi karena kebiasaan yang jarang disadari banyak orang.

Sebagian besar dari mereka mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan yang tampak sederhana justru bisa menyebabkan mata ikan. Untuk itulah pentingnya memahami penyebab mata ikan agar mencegah gangguan penyakit kulit ini terjadi. Adapun penyebab mata ikan tersebut terdapat dalam beberapa poin di bawah ini yang dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Tidak Pakai Kaus Kaki

Penyebab mata ikan yang pertama dapat dialami setiap orang karena tidak menggunakan kaus kaki. Seperti diketahui memakai kaus kaki bertujuan untuk melindungi kaki dari gesekan dengan sepatu agar mencegah cedera. Kaus kaki juga dapat melindungi kulit kaki dari sengatan sinar matahari yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

Meski tampak sederhana, kebiasaan ini sebaiknya dapat dihindari untuk mencegah terjadinya mata ikan. Melansir dari liputan6.com, ukuran dan bentuk kaus kaki juga tetap dapat memicu kulit kaki rentan terhadap penyakit mata ikan. Misalnya saja ukuran yang tidak tepat, kaus kaki terlalu pendek, ataupun terlalu ketat yang menyebabkan gesekan terjadi.

2. Pakai Sepatu Tidak Sesuai

Penyebab mata ikan selanjutnya juga dapat dipicu karena penggunaan sepatu yang tidak sesuai. Kondisi ini menyebabkan mata ikan karena dapat memicu gesekan antara kaki dan sepatu. Misalnya saja jika kalian memakai sepatu terlalu sempit, terlalu longgar, serta sepatu yang dapat menimbulkan tekanan seperti high heels.

Untuk itulah pentingnya memakai sepatu yang tepat dan nyaman agar mencegah penyakit mata ikan. Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dapat dipertimbangkan apabila mengalami mata agar mendapat penanganan tepat.

3. Aktivitas Merokok

Melansir dari liputan6.com, penyebab mata ikan dapat terjadi karena aktivitas merokok. Namun penyebabnya berasal dari penggunaan alat pemantik api untuk merokok. Kondisi ini dapat terjadi karena gesekan antara kulit tangan dengan pemantik api. Akibatnya dari gesekan tersebut mata ikan mungkin lebih rentan dialami pada bagian jempol tangan yang digunakan untuk memantik api.

4. Tidak Menggunakan Alas Kaki

Penyebab mata ikan selanjutnya dapat terjadi karena berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Seperti diketahui alas kaki berfungsi untuk melindungi kaki dari berbagai benda tajam ataupun sebagainya. Misalnya saja batu, ranting, duri, ataupun kaca. Namun ketika tidak menggunakan alas kaki gesekan yang terjadi antara kulit kaki dan aspal atau tanah dapat menyebabkan penebalan.

Akibatnya kaki mungkin rentan terhadap penyakit mata ikan yang terjadi karena gesekan berulang. Untuk itulah pentingnya menggunakan alas kaki agar mencegah beragam gangguan kesehatan yang muncul pada kulit kaki.

5. Pakai Sepatu Hak Tinggi

Seperti pembahasan sebelumnya, sepatu hak tinggi juga dapat menjadi penyebab mata ikan. Kondisi ini bisa dialami karena sepatu hak tinggi dapat memberi tekanan pada kaki hingga memicu terjadinya penebalan. Selain itu tekanan yang terjadi pada kulit kaki juga erat kaitannya dengan penyakit mata ikan.

Untuk mencegahnya kalian bisa mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi terutama pada perempuan. Konsultasi dengan dokter bisa dipertimbangkan untuk mencegah mata ikan sedini mungkin.

6. Pakai Alat yang Menyebabkan Gesekan

Penyebab mata ikan selanjutnya dapat disebabkan oleh pemakaian beragam peralatan yang menyebabkan terjadinya gesekan. Misalnya saja jenis alat musik tertentu yang dapat memicu terjadi gesekan pada kulit tangan. Sejumlah peralatan masak juga bisa menimbulkan gesekan pada kulit tangan hingga dapat rentan terhadap penyakit mata ikan. Terlebih jika gesekan yang terjadi dilakukan secara berulang maka penebalan dapat terjadi pada kulit tangan.

7. Infeksi Virus

Penyebab mata ikan juga bisa dialami karena infeksi virus tertentu. Salah satunya yakni infeksi human papillomavirus (HPV) yang dapat menyebabkan mata ikan. HPV sendiri termasuk jenis virus penyebab beragam penyakit kulit baik pada telapak kaki, tangan bahu, wajah bahkan area organ intim. Ketika HPV menyerang pada bagian telapak kaki, kondisi ini juga dikenal dengan istilah plantar warts. Di mana kulit kaki mengalami penebalan dan menyebabkan benjolan yang terasa kasar.

8. Kelainan Kelenjar Keringat

Penyebab mata ikan selanjutnya bisa dipicu karena tubuh mengalami kelainan kelenjar keringat. Sejumlah kondisi medis lainnya juga dapat memicu terjadinya mata ikan misalnya saja terdapat kutil pada kaki, pernah mengalami luka, ataupun kelainan pada jari kaki. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mencegah gangguan penyakit mata ikan pada kaki ataupun tangan.

9. Mengangkat Benda Berat

Tekanan yang diberikan dari sejumlah benda berat misalnya saja alat gym, juga bisa menjadi penyebab mata ikan terjadi. Sebab hal tersebut akan memberi tekanan pada kaki yang bisa memicu terjadinya mata ikan. Seperti diketahui salah satu faktor mata ikan dapat dialami karena tekanan ataupun gesekan yang berulang. Sehingga perhatikan kembali alas kaki yang digunakan apabila kalian memiliki aktivitas mengangkat beban atau benda berat seperti melansir dari klikdokter.com.

Nah itulah 9 penyebab mata ikan yang tampak sederhana tapi justru jadi masalah kulit. Beberapa cara mencegah mata ikan dapat dilakukan dengan mudah seperti memakai bawang putih, pepaya, cuka sari apel, ataupun lemon sebagai perawatan mudah di rumah.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI