8 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jum'at, 11 Desember 2020 13:11 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan jamur ini sering sekali dicampurkan ke berbagai jenis makanan. Jamur kuping sendiri memiliki beberapa jenis seperti, jamur kuping merah, jamur kuping hitam, dan jamur kuping putih. Tentu saja semua manfaat jamur kuping tersebut sama, dengan nutrisi yang luar biasa.

Jamur kuping sendiri memiliki rasa dan konsistensinya yang menyerupai daging, sehingga tidak heran bila jamur ini menjadi salah satu jenis jamur favorit para vegetarian. Jamur kuping atau Auricularia polytricha adalah jamur berwarna coklat gelap hingga hitam. Jamur ini banyak ditemui di wilayah Asia dan beberapa pulau Pasifik dengan iklim lembab. Jamur ini kaya dengan vitamin B, mineral, dan antioksidan.

Senyawa tertentu dalam jamur kuping bahkan telah dikaitkan sebagai manfaat obat. Jamur kuping dikenal rendah lemak dan kalori, tetapi kaya protein dan nutrisi lainnya. Jamur kuping juga merupakan sumber serat larut makanan yang baik, asam lemak omega seperti asam linoleat dan antioksidan.

Memiliki kandungan yang luar biasa, sehingga tidak heran bila manfaat jamur kuping sangat baik bagi kesehatan. Namun kira-kira apa saja ya manfaat jamur kuping tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat jamur kuping bagi kesehatan yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek.

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat jamur kuping yang pertama yaitu, dapat melancarkan sirkulasi di dalam darah. Tubuh memang penting untuk melancarkan sirkulasi di dalam darah. Hal ini agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya di tubuh. Bahkan The Mycological Society of San Francisco menyatakan bahwa, jamur kuping memiliki bahan kimia yang mampu menghambat pembekuan darah. Seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah terkait dengan pembekuan.

Veg for Life juga menyatakan bahwa, jamur kuping mengandung zat antikoagulan yang bertindak seperti pengencer darah, mirip dengan aspirin. Bahkan di dalam jamur kuping terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi dan merupakan obat yang populer untuk menghilangkan gejala anemia. Jamur kuping kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur ini juga dianggap membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat jamur kuping yang selanjutnya yaitu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol memang sangat penting bagi kesehatan tubuh, namun yang dimaksud kadar kolesterol baik ya KLovers. Tetapi bila kadar kolesterol baik ini tinggi, maka hal ini akan membuat kadar kolesterol jahat di dalam tubuh meningkat dan mengakibatkan penyakit berbahaya.

Menurut situs web Sierra Club Pro, jamur kuping dapat menurunkan kolesterol dan gula darah. Pengujian laboratorium pada tikus menemukan bahwa, jenis jamur ini memiliki efek hipoglikemik pada tikus yang obesitas. Kadar kolesterol LDL serum berkurang 24% pada tikus yang diuji.

Polisakarida yang ditemukan pada jamur jenis ini dapat menurunkan kolesterol darah dan trigliserida. Jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak menumpuk di arteri. Seiring waktu, plak ini dapat mempersempit pembuluh darah. Sehingga tidak ada salahnya mengonsumsi jamur kuping untuk menghindar dari penyakit berbahaya.

3. Mengobati Wasir

Wasir atau hemoroid merupakan kondisi ketika pembuluh darah di sekitar anus melebar karena mengalami peningkatan tekanan lokal pada pembuluh darah tersebut. Umumnya, pembengkakan pembuluh darah yang terkena wasir tersebut berada di dalam rektum atau anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala, tetapi apabila terjadi gejala biasanya yang sering terjadi pendarahan, merasakan rasa nyeri, gatal-gatal disekitar anus, dan masih banyak lagi.

Dan untuk mengobati wasir tersebut, kalian bisa kok menggunakan cara alami. Dan salah satu cara alami tersebut yaitu dengan menggunakan manfaat jamur kuping. Menurut Chinese Medicine Gem, karena kemampuan jamur kuping yang memperlancar sirkulasi darah, ini juga bermanfaat dalam mengobati wasir.

Jamur kuping memiliki efek pendinginan pada darah, meningkatkan sirkulasi dan mengobati memar, yang mungkin mengapa digunakan untuk mengobati wasir. Biasanya yang sering menderita wasir hampir 50% adalah orang dewasa pada usia 50 tahun. Tak hanya itu saja, jamur kuping juga kaya serat yang dapat meringankan sembelit akibat wasir.

4. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya mengatasi wasir dan melancarkan pencernaan, nyatanya manfaat jamur kuping juga mampu menurunkan berat badan loh KLovers. Hal itu karena, kandungan pektin dan serat makanan dalam jamur kuping ini dianggap membantu mencegah obesitas dan mendorong penurunan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak. Kandungan serat tinggi di jamur kuping juga membantu membuat perut merasa kenyang lebih cepat, bahkan kandungan proteinnya yang tinggi memberikan energi dan zat untuk bahan bakar tubuh.

Jamur kuping ini mengandung jumlah protein yang sama dengan kale, sehingga menjadikannya salah satu sayuran berprotein tinggi. Saat kalian menggabungkan protein tinggi dengan bahan rendah lemak, gula, dan natrium, maka kalian sudah menerapkan pola makan sehat untuk diet. di dalam satu cangkir jamur kuping menyediakan 19,6 gram serat makanan.

Setiap harinya pria dewasa membutuhkan 38 gram serat, sementara wanita dewasa membutuhkan 30 sampai 32 gram serat. Jadi, satu cangkir jamur ini bisa memenuhi setengah kebutuhan serat per harinya. Sehingga jamur kuping menjadi makanan yang cukup untuk kalian yang sedang dalam proses diet dan membutuhkan kandungan serat yang tinggi dalam memberikan rasa kenyang dan melancarkan pencernaan.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Nyatanya mengonsumsi jamur kuping juga dapat mencegah penyakit alzheimer loh KLovers. Penyakit Alzheimer adalah kondisi penurunan fungsi otak yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia atau lansia. Orang dengan kondisi ini akan menjadi sangat lemah dalam mengingat, berpikir, berbahasa, dan mengambil keputusan.

Namun dilansir dari International Journal of Medicinal Mushrooms, mengonsumsi jamur kuping, jamur shitake, jamur kancing, dan jamur enoki telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap demensia, termasuk penyakit Alzheimer. Nutrisi dari jamur mampu menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang dapat berdampak buruk bagi otak.

6. Mengatasi Hipertensi

Jamur kuping efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan kadar glukosa darah. Efek dari hiperkolesterolemia ini dapat menjadi alasan mengapa jamur ini dikatakan mampu mengobati penyumbatan di pembuluh darah, sklerosis pembuluh darah dan hipertensi.

Salah satu penyebab hipertensi adalah penyempitan arteri ginjal. Dengan mengurangi kolesterol, maka kemungkinan penyempitan akan berkurang. Jamur bisa mengurangi risiko hipertensi, pembekuan darah, dan trombosis. Namun, perlu diperhatikan bagi seseorang dengan gangguan darah yang encer, karena jamur kuping dapat mencegah pembekuan darah.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jamur kuping yang selanjutnya yaitu, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang sehat memang sangat membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat. Dan untuk memperkuat daya tahan tubuh tersebut, kalian bisa menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya mengonsumsi makanan bergizi berupa jamur kuping.

Jamur kuping mengandung vitamin B2 yang disebut juga dengan riboflavin. Vitamin ini mengubah karbohidrat menjadi glukosa sebagai sumber energi. Selain itu, vitamin ini juga menutrisi rambut, kulit, mata, dan hati tetap sehat. Riboflavin juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Artinya, jamur kuping bisa mencegah kalian dari penuaan dini dan membuat tubuh kalian lebih kebal terhadap penyakit jantung dan kanker.

8. Kaya Akan Antioksidan

Dan manfaat jamur kuping yang terakhir yaitu, kaya akan antikoksidan yang baik untuk tubuh. Masih dengan kandungan vitamin B2 atau riboflavin dalam jamur kuping yang bertindak sebagai antioksidan kuat, melindungi sel dari radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis. Ini juga memiliki efek menguntungkan pada stres fisik dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Kandungan polisakarida yang tinggi pada jenis jamur ini juga memiliki beberapa manfaat medis. Dan mencegah peradangan, terutama di jaringan lendir. Kandungan anti inflamasi dalam jamur kuping juga menghambat enzim yang bertanggung jawab untuk penyakit Alzheimer.

Itulah 8 manfaat jamur kuping yang baik bagi kesehatan tubuh kalian, dan jarang sekali diketahui. Bukan hanya menjadi salah satu jamur populer, karena rasanya yang enak. Namun jamur kuping juga mampu menjadi obat hingga memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI