Perdagangan Internasional Adalah Transaksi Jual Beli Dua Negara, Ketahui Apa Saja Manfaatnya

Jum'at, 11 Desember 2020 15:11 Penulis: Puput Saputro
Perdagangan Internasional Adalah Transaksi Jual Beli Dua Negara, Ketahui Apa Saja Manfaatnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Perdagangan merupakan kegiatan jual beli yang tentu sudah sering kita jumpai di pasar, pertokoan, dan tempat transaksi lainnya. Dalam setiap kegiatan perdagangan, pasti ada pihak yang terlibat sebagai penjual dan pembeli, termasuk pada perdagangan internasional. Secara umum, perdagangan internasional adalah kegiatan transaksi jual beli yang melibatkan dua negara.

Perdagangan internasional merupakan kesempatan bagi setiap negara untuk memenuhi kebutuhannya, yang tidak terpenuhi oleh produksi dalam negeri. Oleh karena itu, perdagangan internasional mempunyai dampak yang besar bagi masyarakat di kedua belah negara. Perdagangan internasional juga akan sangat berperan terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara.

Perdagangan internasional adalah hal yang menarik untuk dipelajari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai perdagangan internasional.

1. Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan international ternyata tidak melulu dilakukan atas nama negara. Pasalnya, perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang bisa dilakukan seorang warga negara biasa, sebuah perusahaan, lembaga pemerintah, atau sebuah organisasi nirlaba. Jadi, selama kedua belah pihak penjual dan pembeli berasal negara berbeda, maka transaksi tersebut bisa digolongkan dalam perdagangan internasional.

Perdagangan internasional adalah hal yang penting bagi setiap negara. Layaknya kegiatan transaksi perdagangan pada umumnya, tujuan utama perdagangan internasional adalah untuk memperoleh keuntungan. Sementara, dari pihak negara pembeli melakukan perdagangan internasional dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan.

Secara umum, dalam perdagangan internasional kita mengenal istilah ekspor dan impor. Ekspor merupakan kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Sebaliknya, impor merupakan kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri. Kegiatan ekspor dan impor ini menjadi salah satu contoh dari kegiatan perdagangan internasional.

Karena melibatkan dua negara, perdagangan internasional tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut bahkan bisa dibilang menjadi faktor penentu keberhasilan kegiatan perdagangan internasional. Faktor-faktor penentu keberhasilan perdagangan internasional tersebut antara lain inflasi, kondisi geografis, pasar bebas, kebijakan pemerintah, dan kesenjangan kemajuan teknologi di dua negara.

2. Manfaat Perdagangan Internasional

Seperti yang disinggung sebelumnya, perdagangan internasional akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat di kedua negara. Secara lebih rinci, manfaat dari perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Pendapatan dan Memperluas Pasar
Perdagangan internasional adalah kegiatan ekonomi, khususnya transaksi jual beli yang melibatkan dua negara. Perdagangan internasional membuka kesempatan bagi pengusaha untuk menjalankan produksi secara maksimal. Lalu, menjualnya secara luas bahkan hingga ke luar negeri. Hal ini akan memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan.

2. Meningkatkan Kemakmuran Rakyat
Dengan perdagangan internasional, kebutuhan masyarakat akan lebih mudah terpenuhi. Sebab, kebutuhan-kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi negara bisa diperoleh dari negara lain. Dampaknya, kemakmuran masyarakat juga akan turut meningkat.

3. Menjaga Hubungan Baik Negara
Adanya kerja sama perdagangan internasional tentu akan memuat antar dua negara menjadi baik dan tentunya lebih erat. Hal ini dikarenakan, setiap negara akan merasa saling membutuhkan satu sama lain.

4. Membuka Lapangan Pekerjaan
Dampak dari perdagangan internasional akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Perdagangan internasional akan membuat gairah pengusaha untuk membuat usahanya kian besar. Sehingga, akan semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang tercipta. Dengan begitu masyarakat bisa langsung merasakan dampak positif dari perdagangan internasional.

3. Jenis-Jenis Kegiatan Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah yang besar dan harus dijalankan dengan tepat. Seperti yang dibahas sebelumnya, dalam perdagangan internasional terdapat beberapa jenis kegiatan. Adapun kegiatan-kegiatan dalam perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

1. Ekspor dan Impor
Ekspor dan impor merupakan suatu proses perdagangan barang atau komoditas dari dalam negeri ke luar negeri. Ekspor merupakan kegiatan menjual barang produksi ke luar negeri. Sementara impor merupakan kegiatan membeli barang dari negara lain.

2. Barter
Perdagangan internasional ternyata juga bisa dilakukan melalui kegiatan barter. Barter adalah sistem penjualan melalui pengiriman barang ke luar negeri. Namun, pembayaran dalam barter dilakukan dengan pertukaran langsung dengan barang yang dibutuhkan dalam negeri.

3. Border Crossing
Perdagangan internasional ini dilakukan oleh negara yang saling berbatasan. Perdagangan border crossing bisa dilakukan langsung oleh sesama warga negara. Tujuan perdagangan ini adalah untuk mempermudah warga di perbatasan untuk memenuhi kebutuhan dan berinteraksi satu sama lain.

4. Konsinyasi
Konsinyasi adalah penjualan yang dilakukan dengan sistem pengiriman barang. Konsinyasi dilakukan melalui pasar bebas dengan sistem dilelang.

5. Package Deal
Package deal adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan dengan tujuan memperluas hasil produksi suatu negara. Perdagangan internasional jenis package deal biasanya disertai dengan perjanjian dagang.

Itulah ulasan mengenai perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang melibatkan dua negara. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI