Arti PAP dan Fungsi Tujuannya, Ketahui Cara Penggunaannya Agar Tidak Salah Paham

Diterbitkan:

Arti PAP dan Fungsi Tujuannya, Ketahui Cara Penggunaannya Agar Tidak Salah Paham
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Seiring dengan maraknya penggunaan media sosial, muncul berbagai kata populer baru di masyarakat. Kata-kata populer ini lantas biasa dipakai di kalangan anak muda, khususnya yang aktif bermain media sosial. Salah satu kata populer yang belakangan muncul adalah PAP. Sayangnya, meski tergolong kata populer belum banyak yang mengetahui apa arti PAP.

Terlebih bagi mereka yang tidak lagi muda dan tidak aktif bermain media sosial, arti PAP pasti jadi hal yang sangat asing. Pasalnya, di keseharian istilah PAP hanya dipakai di media sosial saja. Kata ini jarang dipakai di keseharian dalam aktivitas yang bersifat umum. Lantas, apa sebenarnya arti PAP?

Selain PAP, ada beberapa kata populer yang juga muncul belakangan ini. Meski tidak aktif bermain media sosial, rasanya tetap penting untuk tahu arti PAP dan arti setiap kata populer tersebut. Di samping agar tidak ketinggalan zaman, mengetahui arti kata-kata tersebut juga untuk menghindari salah paham.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai arti PAP dan kata-kata populer lainnya.

1. Arti PAP dan Penggunaannya

PAP sebenarnya merupakan singkatan dari bahasa Inggris 'post a picture'. Artinya, singkatan ini dipakai saat seseorang memposting atau mengunggah atau mengirim foto di media sosial. Di masa saat ini, istilah PAP sering digunakan di media sosial, seperti instagram, twitter, facebook, whatsapp, dan sebagainya.

PAP digunakan untuk menunjukkan eksistensi di media sosial. Namun lebih dari itu, PAP juga bisa menjadi bukti atau dokumentasi dari suatu kegiatan atau kejadian. Misalnya, saat seseorang harus terlambat untuk menghadiri acara karena suatu hal, misal jalanan macet. Seseorang tersebut bisa memposting foto situasi di sekitar sebagai bukti. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk menghindari salah paham.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tujuan dan Fungsi PAP

Sempat disinggung sebelumnya, arti PAP tidak sebatas memposting foto biasa. PAP juga bisa dilakukan dengan tujuan dan fungsi tertentu. Berikut ini beberapa tujuan dan fungsi dari PAP.

1. Menunjukkan Lokasi
Salah satu fungsi PAP adalah untuk menunjukkan lokasi terkini. Hal ini biasa dilakukan oleh seseorang yang sedang membuat janji dengan orang lain. Dengan memposting foto suasana sekitar, teman orang yang diajak janjian akan lebih mudah menemukan lokasi kita.

2. Menunjukkan Produk
Bagi kalian yang mempunyai bisnis online, PAP akan sangat berguna untuk menunjukkan wujud produk yang kalian jual. Dengan begitu, promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan murah.

3. Untuk Mengenal Sosok Orang Lain
Beberapa orang yang aktif di media sosial sering membagikan keseharian mereka melalui foto. PAP juga akan memudahkan kita untuk mengenali sosok seseorang, hanya dengan melihat apa yang mereka posting di media sosial. Misalnya, terkait hobi, pekerjaan, dan sebagainya.

4. Sebagai Bukti Suatu Kejadian atau Kegiatan
Sempat disinggung sebelumnya, di keseharian PAP sering diterapkan untuk menunjukkan bukti terkait suatu kejadian atau kegiatan. Dengan memposting atau mengirimkan foto, seseorang akan lebih mudah untuk percaya dengan situasi yang terjadi.

3. Arti Singkatan Populer Selain PAP

Selain arti PAP, masih ada beberapa kata atau istilah yang populer berkat media sosial. Beberapa istilah tersebut juga berasal dari singkatan dalam bahasa Inggris, dan suah umum digunakan. Sehingga, penting bagi kita untuk mengetahui arti atau makna dari setiap istilah singkatan tersebut. Berikut ini beberapa arti singkatan populer lainnya.

1. ASAP merupakan singkatan dari bahasa Inggris As Soon As Possible. Singkatan ini biasa digunakan untuk memberi anjuran pada orang lain agar melakukan sesuatu sesegera mungkin.

2. AFAIK merupakan singkatan dari As Far As I Know. Singkatan ini berarti 'sepengetahuanku' atau 'sejauh yang aku tahu'.

3. BRB merupakan singkatan dalam bahasa Inggris dari Be Right Back. Singkatan ini umum digunakan untuk menginformasikan, ketika kita akann meninggalkan percakapan untuk sementara waktu dan akan kembali lagi nanti.

4. BTW merupakan singkatan dari bahasa Inggris By The Way. Dalam bahasa Indonesia, singkatan ini bisa bermakna 'ngomong-ngomong'.

5. CMIIW merupakan singkatan dari bahasa Inggris Correct Me If I'm Wrong. Dalam bahasa Indonesia, singkatan ini bisa berarti 'koreksi (saya) jika saya salah’'.

6. DM: merupakan singkatan dari Direct Message, yaitu pesan yang dikirim secara langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

7. FYI merupakan singkatan dari bahasa Inggris For Your Information. Singkatan ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

8. GWS merupakan singkatan dari bahasa Inggris Get Well Soon. Singkatan ini biasa digunakan untuk mendoakan teman yang sakit agar cepat sembuh.

9. IDK merupakan singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

10. IMO merupakan singkatan dari In My Opinion yang berarti menurutku.

11. IYKWIM merupakan singkatan dari If You Know What I Mean. Maksudnya 'kalau kamu tahu maksudku'.

12. LMAO merupakan singkatan dari Laughing My Ass Off. Singkatan ini biasa digunakan untuk merespon lelucon atau situasi yang lucu. Sebab, singkatan ini bermakna 'tertawa ngakak'.

13. OOT merupakan singkatan dari Out of Topic. Singkatan ini biasa digunakan sebagai peringatan untuk menanggapi sesuatu di luar dari kategori atau topik yang sudah ditetapkan.

14. OTW merupakan singkatan gaul dari kalimat On The Way, Singkatan ini menandakan seseorang sedang berada di perjalanan.

15. TGIF merupakan singkatan dari Thanks God it's Friday. Singkatan ini artinya semangat menuju akhir pekan.

16. VC merupakan singkatan dari Video Call. Singkatan ini sering digunakan oleh pengguna aplikasi whatsapp.

17. WDYM merupakan singkatan dari What Do You Mean, yang artinya 'apa maksudmu?'.

Itulah di antaranya ulasan mengenai arti PAP, beserta tujuan dan fungsinya, serta beberapa daftar arti kata populer saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending