Alat Musik Adalah Modifikasi untuk Menghasilkan Suara, Ketahui Pula Jenis dan Fungsinya

Selasa, 08 Februari 2022 13:33 Penulis: Dhia Amira
Alat Musik Adalah Modifikasi untuk Menghasilkan Suara, Ketahui Pula Jenis dan Fungsinya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Musik menjadi salah satu hal yang begitu menghibur bagi banyak orang. Ada banyak sekali jenis alat musik yang bisa didengarkan. Namun, apa sih sebenarnya pengertian dari alat musik? Ya, alat musik adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Dan alat musik ini memiliki berbagai jenis berdasarkan bunyi dan juga cara memainkannya.

Menurut sejarah, musik mungkin telah ada selama setidaknya 55.000 tahun lalu, dan musik pertama mungkin telah ada di Afrika dan kemudian berkembang menjadi bagian dasar dari kehidupan manusia. Selain itu, di Indonesia sejarah musik mungkin sudah ada pada masa awal perkembangan sebelum aliran pengaruh Hindu-Budha.

Pada masa itu, musik digunakan sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalam beberapa kelompok, suara yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Sehingga dapat dikatakan bahwa, musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Nah, bagi KLovers yang ingin memahami dan mengenal tentang alat musik dan jenis serta fungsi alat musik. Maka berikut ini arti alat musik adalah, beserta jenis dan juga fungsinya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Alat Musik

Bagi kalian pecinta musik atau ingin mendalami sebuah musik, tentu kalian perlu tahu apa itu alat musik. Ya, dilansir dari Wikipedia, alat musik adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu dapat disebut sebagai alat musik.

Walaupun demikian, istilah alat musik ini umumnya diperuntukkan bagi alat yang khusus ditujukan untuk musik. Tujuan dalam menciptakan suara yang harmonis inilah yang membedakan antara benda yang dikategorikan sebagai alat musik dengan benda bukan alat musik. Jadi walaupun benda tersebut mengeluarkan suara, bukan berarti alat musik ya KLovers.

Ada banyak sekali jenis alat musik yang bisa KLovers ketahui. Seperti alat musik tiup ada flute, terompet, saxophone, recorder, clarinet, sawangan, gong bumbung, seruling, serunai. Alat musik pukul ialah kolintang, drums, dan bongo, perkusi, kentongan, terabuka, rebana, dan seperangkat gamelan Jawa.

Lalu ada alat musik petik, gitar klasik, gitar Spanyol, harpa, cak, cuk, sitar, kecapi, sasando. Dan alat musik gesek, antara lain adalah alat musik gesek, violin piccolo, biola, biola alto, viola pomposa, cello, violin contrabass, rebab, kokiu, ravanstron, sarungi.

 

2. Pengertian Alat Musik Tradisional

Bagaimana dengan pengertian alat musik tradisional? Menurut, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tradisional merujuk pada hal-hal yang berkaitan erat dengan tradisi dan budaya. Ini juga menandakan, tradisional merupakan sesuatu yang sudah ada sejak lama dan masih dipertahankan hingga saat ini.

Sehingga, yang dimaksud dengan alat musik tradisional adalah jenis alat musik yang merupakan objek tradisi yang telah ada sejak periode-periode leluhur, dan masih eksis hingga saat ini sebagai sebuah warisan budaya. Bahkan di Indonesia sendiri, alat musik tradisional identik dengan kelompok suku atau kebudayaan masyarakat tertentu.

Ada banyak sekali jenis alat musik Indonesia yang bisa kalian ketahui ya KLovers. Dan berikut beberapa alat musik Indonesia yang masih dijaga dan populer hingga saat ini yang dilansir dari bola.com:

1. Sarune Kale berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam

2. Aramba berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatra Utara

3. Doli-doli berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatra Utara

4. Druri Dana berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatra Utara

5. Faritia berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatra Utara

6. Garantung berasal dari daerah Tapanuli, Sumatra Utara

7. Gonrang berasal dari daerah Simalungun, Sumatra Utara

8. Hapetan berasal dari daerah Tapanuli, Sumatra Utara

9. Accoridon berasal dari Sumatra Selatan

10. Burdah berasal dari Sumatra Selatan

11. Kenong basemah berasal dari Sumatra Selatan

12. Tebangan berasal dari Sumatra Selatan

13. Genggong berasal dari Sumatra Selatan

14. Seluang berasal dari daerah Minagkabau, Sumatra Barat

15. Serunai berasal dari Sumatra Barat

16. Talempok Pacik berasal dari daerah Sumatra Barat

17. Bende berasal dari Lampung

18. Gendang melayu berasal dari Kepulauan bangka belitung

19. Gendang panjang berasal dari Kepulauan Riau

20. Caklemong berasal dari Bangka Belitung

21. Gambangan berasal dari Bangka Belitung

22. Kompang berasal dari Lampung

23. Gambus berasal dari Riau

24. Gendang berasal dari Banten

25. Tehyan berasal dari DKI Jakarta

26. Gendang berasal dari Yogyakarta

27. Angklung berasal dari daerah Jawa Barat

28. Dog-dog berasal dari daerah Jawa Barat

29. Kulanter berasal dari Jawa Barat

30. Arumba berasal dari daerah Jawa Barat

31. Gamelan Jawa berasal dari daerah Jawa

32. Gamelan Sunda berasal dari daerah Provinsi Jawa Barat

33. Rebab berasal dari daerah Jawa Barat

34. Siter atau Celempung berasal dari daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah

35. Bonang berasal dari Jawa Timur

36. Calung berasal dari daerah Jawa Barat

37. Japen berasal dari Kalimantan Tengah

38. Babun berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Selatan

39. Tuma berasal dari Kalimantan Barat

40. Panting berasal dari Kalimantan Selatan

41. Gerdek berasal dari daerah Kalimantan

42. Kledi berasal dari daerah Kalimantan

43. Sampek berasal dari daerah Kalimantan Timur

44. Alosu berasal dari daerah Sulawesi Selatan

45. Anak Becing berasal dari daerah Sulawesi Selatan

46. Kere-Kere Galang berasal dari daerah Gowa, Sulawesi Selatan

47. Keso-Keso berasal dari daerah Gowa, Sulawesi Selatan

48. Basa-Basi berasal dari daerah Sulawesi Selatan

49. Kolintang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Selatan

50. Lembang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan

51. Popondi berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan

52. Talindo berasal dari daerah Sulawesi

53. Ganda berasal dari Sulawesi Tengah

54. Ladolado berasal dari Sulawesi Tenggara

56. Gengceng berasal dari Bali

57. Gamelan Bali berasal dari daerah Provinsi Bali

58. Cungklik berasal dari daerah Lombok (NTB)

59. Keloko berasal dari daerah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

60. Foi Mere berasal dari daerah Flores, Nusa Tenggara Timur

61. Sasando berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur

62. Atowo berasal dari daerah Papua

63. Guoto berasal dari Papua Barat

64. Floit berasal dari daerah Maluku

65. Kinu berasal dari daerah Pulau Roti

66. Nafiri berasal dari daerah Maluku

67. Toto berasal dari daerah Maluku

68. Tifa berasal dari daerah Indonesia timur

69. Kecapi banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia

 

3. Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Mainnya

Ada banyak sekali jenis alat musik yang bisa KLovers ketahui. Namun, jenis alat musik yang cukup populer bisa kalian lihat berdasarkan cara mainnya. Dan jenis alat musik adalah hal yang bisa membedakan musik tersebut. Berikut ini jenis alat musik yang bisa kalian ketahui:

1. Alat Musik Tiup

Jenis pertama alat musik adalah, jenis alat musik tiup. Ya, alat musik tiup adalah alat musik yang menghasilkan suara saat suatu kolom udara di dalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen.

2. Alat Musik Pukul

Jenis alat musik kedua yaitu, ada jenis alat musik pukul. Jenis ini alat musik pukul ini menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua, yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen.

3. Alat Musik Petik

Kemudian jenis alat lainnya yaitu, ada jenis alat musik petik. Jenis ini pada alat musik adalah, dengan menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui petikan. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai.

4. Alat Musik Gesek

Dan jenis alat musik terakhir yaitu, ada jenis alat musik gesek. Jenis musik ini menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai.

 

4. Fungsi Alat Musik

Setelah mengetahui pengertian alat musik adalah, kalian juga perlu tahu fungsi alat musik adalah. Ya, alat musik bukan hanya menjadi sebuah penghibur saja loh KLovers. Nyatanya fungsi alat musik ada banyak sekali. Bahkan alat musik tradisional di Indonesia juga memiliki fungsinya pada jaman dahulu. Dan berikut ini beberapa fungsi alat musik yang bisa KLovers ketahui:

1. Sarana Hiburan

Fungsi alat musik yang pertama adalah sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Alat musik menghasilkan irama dan melodi yang indah untuk didengarkan. Sehingga ini bisa menjadi sebuah hiburan untuk seseorang. Bahkan diketahui bahwa, musik bisa menjadi obat bagi seseorang yang sedang depresi, mengobati seseorang yang mengalami autisme, hingga baik untuk bayi di dalam kandungan.

2. Alat Komunikasi

Jika saat ini alat komunikasi berupa telepon, maka pada zaman dulu, alat musik dapat menjadi alat komunikasi loh KLovers. Bahkan dalam berbagai kerajaan di dunia, termasuk Indonesia, alat musik dibunyikan sebagai pertanda untuk beberapa kejadian tertentu.

Misalnya bencana alam atau memberitahukan ada orang yang meninggal. Selain itu, alat musik juga bisa menjadi penanda waktu dan penanda untuk menjalankan kewajiban berdoa. Atau bahkan pengumuman penting dari sebuah kerajaan hingga pertanda perang pada jaman dahulu.

3. Pengiring Pertunjukan

Fungsi alat musik yang paling umum atau paling sering dijumpai adalah sebagai pengiring dari pertunjukan. Biasanya, alat musik akan digunakan untuk menghasilkan musik pengiring suatu pertunjukan tari hingga teater.

4. Sarana untuk Berekspresi

Alat musik juga berfungsi untuk mengekspresikan diri, ide, atau emosi yang dirasakan. Dengan menggunakan alat musik, maka seseorang dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya. Misalnya saat sedang sedih, senang, dan banyak lagi.

5. Sarana Upacara Adat dan Budaya

Dalam konteks budaya masyarakat tertentu, terutama di Indonesia, bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik diyakini mampu memberikan energi khusus yang sifatnya immaterial dan mistis. Karena itu, alat musik juga sering kali difungsikan sebagai pelengkap dalam rangkaian ritual kebudayaan.

Bukan hanya itu, beberapa fungsi lain dari alat musik tradisional dalam kaitannya dengan aktivitas budaya bisa juga sebagai pengiring dalam acara pernikahan, pesta rakyat dan kenegaraan atau juga festival budaya di era modern seperti sekarang.

6. Sarana Ekonomi

Dan fungsi alat musik yang terakhir yaitu, dapat memberikan dampak yang signifikan bagi beberapa kelompok masyarakat dalam hal pendapatan ekonomi. Menjadi pegiat alat musik tradisional bukan hanya dipandang sebagai aksi heroik untuk melestarikan kebudayaan, melainkan sekaligus menjadi ladang mata pencaharian lewat pentas-pentas seni.

Pengertian alat musik adalah sebuah benda yang menghasilkan melodi indah. Bukan hanya mengetahui arti alat musik saja, KLovers juga bisa mengetahui jenis alat musik dan fungsinya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI