7 Cara Mengobati Mata Bengkak Karena HP dengan Bahan Alami dan Sederhana

Selasa, 08 Februari 2022 14:44 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Mengobati Mata Bengkak Karena HP dengan Bahan Alami dan Sederhana
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - HP memang menjadi salah satu hal yang penting dan sering digunakan saat ini. Namun, HP juga bisa membuat mata kita sakit loh KLovers, bila digunakan secara berlebihan karena bisa membuat mata kita bengkak, merah, hingga menjadi minus. Bagi kalian yang mengalami mata bengkak karena HP, ada loh cara mengobati mata bengkak karena HP.

Cara mengobati mata bengkak karena HP ini bisa kalian lakukan setiap kalian mengalami pembengkakan pada mata. Cara mengobati mata bengkak karena HP ini juga dilakukan secara mudah dan menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga ini juga bisa menjadi treatment untuk mata kalian yang bengkak.

Nah, bagi KLovers yang sedang mencari cara mengobati mata bengkak karena HP. Maka berikut ini beberapa cara mengobati mata bengkak karena HP yang bisa KLovers lakukan dengan bahan-bahan alami. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kompres dengan Air

Cara mengobati mata bengkak karena HP yang pertama yaitu, kalian bisa menggunakan kompres air ya KLovers. Kalian bisa menggunakan kompres dengan air hangat ataupun air dingin. Air hangat dapat melancarkan aliran darah serta mengurangi sumbatan di area sekitar kelopak mata. Bila menggunakan air dingin, maka efek dingin dipercaya akan melancarkan penyumbatan kelenjar minyak.

Dengan begitu, mata yang membengkak akan dapat menyusut secara perlahan. Untuk memperoleh manfaat ini, rendam kain bersih dalam air hangat atau dingin. Kemudian, tempelkan kain pada kelopak mata selama beberapa menit.

2. Tutup dengan Timun

Kemudian cara mengobati mata bengkak karena HP yang selanjutnya yaitu, kalian bisa menggunakan timun. Ya, timun memiliki kadar air yang cukup tinggi, serta memberikan rasa segar. Sama seperti air, kalian juga bisa menggunakan timun sebagai salah satu cara mengobati mata bengkak karena HP.

Hal ini disebabkan kandungan yang ada dalam timun dapat mempersempit aliran darah sehingga mata kalian yang bengkak bisa hilang. Tidak hanya itu saja, mentimun juga mempunyai banyak vitamin C sehingga kondisi kulit yang menghitam di area mata bisa terjaga.

3. Kompres dengan Teh Hijau

Bukan hanya menggunakan timun saja, namun kalian juga bisa menggunakan teh hijau sebagai salah satu cara mengobati mata bengkak karena HP dengan alami loh KLovers. Yup! Bagi kalian pecinta teh hijau, maka kalian bisa menggunakan kantung teh hijau sebagai kompres untuk mata bengkak loh KLovers.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung anti inflamasi dan kafein yang mempersempit aliran darah sehingga pembengkakan dapat berkurang. Kalian bisa melakukan kompres mata dengan teh hijau yang sudah di seduh selama beberapa menit.

4. Kompres dengan Sendok

Kalian yang ingin cara instan dan cepat, maka kalian bisa loh menggunakan sendok. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyimpan sendok ke dalam kulkas atau freezer lalu menunggunya sampai dingin.

Jika sudah, langkah selanjutnya kalian tinggal menempelkan bagian sendok yang cekung ke kelopak mata. Lakukan kira-kira 10-15 menit, lakukan secara berulang agar mendapat hasil yang maksimal.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang punya banyak sekali manfaat. Selama ini, lidah buaya kerap dipakai untuk perawatan kulit, wajah, dan rambut. Namun sepertinya belum banyak yang tahu bahwa lidah buaya juga bisa mengatasi mata yang bengkak, khususnya yang disebabkan iritasi karena cahaya HP loh KLovers.

Hal ini dikarenakan dalam lidah buaya terdapat senyawa yang berkhasiat meredakan iritasi. Tidak hanya itu saja, pemakaian lidah buaya juga diyakini bisa mengurangi rasa perih dan gatal yang kerap muncul saat mata sedang bengkak.

Bagi kalian yang memiliki tanaman lidah buaya, kalian bisa mengompres daging lidah buaya ke kelopak mata selama beberapa menit. Namun hati-hati ya KLovers, jangan sampai cairan atau gel pada lidah buaya masuk ke dalam mata.

6. Minyak Kelapa

Sama seperti lidah buaya, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi, termasuk iritasi pada mata yang berakibat pembengkakan karena HP. Selain itu, minyak kelapa juga mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur yang akan mencegah pembengkakan menjadi lebih parah.

Cara pakai minyak kelapa untuk mengatasi mata bengkak karena HP juga sangat mudah loh KLovers. Kalian cukup membasahi kapas dengan minyak kelapa. Setelah itu, tempelkan pada bagian kelopak mata yang membengkak. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas. Ingat jangan sampai masuk ke dalam mata ya KLovers.

7. Istirahat yang Cukup

Dan cara mengobati mata bengkak karena HP yang terakhir yaitu, dengan melakukan istirahat yang cukup. Percuma kalian melakukan beberapa cara di atas, namun kalian masih tidak melakukan istirahat yang cukup ya KLovers. Iritasi dan mata bengkak bisa diakibatkan karena terlalu lelah melihat HP.

Selain itu, radiasi pada HP juga bisa berbahaya bila dilakukan secara berlebihan. Istirahat menjadi kunci kalian untuk memiliki mata yang sehat. Kalian bisa melakukan istirahat selama 20 menit setelah menggunakan HP sejam. Selain itu, agar mata tidak bengkak, sebaiknya hindari posisi tidur tertelungkup ya KLovers.

Hal tersebut diyakini bisa menyebabkan cairan menumpuk pada mata, sehingga mengakibatkan pembengkakan. Selain terkait posisi, kalian juga harus memenuhi kebutuhan istirahat atau tidur. Sebab, kurang tidur merupakan salah satu penyebab mata bengkak yang paling umum terjadi.

Itulah beberapa cara mengobati mata bengkak karena HP yang bisa kalian lakukan dengan mudah, praktis, dan alami. Selain itu, istirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara mengobati mata bengkak karena HP yang utama, agar mata kalian sehat.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI