Arti Ilfeel dalam Bahasa Gaul Kekinian, Ketahui Pula Penyebab Perasaan Itu Muncul

Senin, 07 Februari 2022 16:33
Arti Ilfeel dalam Bahasa Gaul Kekinian, Ketahui Pula Penyebab Perasaan Itu Muncul
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Ada banyak istilah gaul yang belakangan muncul di kalangan anak muda masa kini. Kebanyakan, istilah gaul anak muda tersebut merupakan bentuk kata plesetan dari bahasa Inggris. Kata ilfeel adalah salah satunya. Kata ilfeel pasti sudah sering kita dengar di keseharian. Lantas, apa arti ilfeel yang sesungguhnya?

Sebagai salah satu kata gaul, istilah ilfeel biasa dipakai anak muda di percakapan sehari-hari hingga di media sosial. Kata ilfeel biasa digunakan untuk menggambarkan suasana hati atau perasaan tertentu. Umumnya, ilfeel dipakai untuk menggambarkan perasaan negatif terhadap seseorang. Penting untuk tahu dan paham arti ilfeel, agar terhindar dari salah paham.

Untuk tahu lebih dalam terkait arti ilfeel dan makna kata gaul yang biasa dipakai sehari-hari lainnya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Ilfeel

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ilfeel merupakan salah satu kata gaul yang diserap atau diplesetkan dari bahasa Inggris. Namun, ilfeel bukanlah kata yang sepenuhnya dari bahasa Inggris. Istilah gaul ilfeel merupakan gabungan dari dua kata yaitu "ilang" yang berasal dari bahasa Indonesia, dan kata "feeling" dalam bahasa Inggris.

Ilang berarti hilang atau menghilang. Sementara, feeling berarti merasakan sesuatu. Sehingga berdasarkan asal mulanya tersebut, arti ilfeel kurang lebih adalah menghilangnya perasaan terhadap suatu objek, khususnya orang lain. Akan tetapi secara umum, banyak pula yang menyamakan ilfeel dengan perasaan muak, risih, atau jijik terhadap orang lain.

2. Penyebab Ilfeel

Ilfeel kini sudah jadi kata sehari-hari. Banyak orang yang menggunakan istilah gaul ini, meski tidak tahu dan paham arti ilfeel yang sesungguhnya. Oleh orang-orang yang tidak tahu artinya, kata ilfeel sering dipakai untuk menggambarkan perasaan tidak suka pada objek lain selain orang.Padahal, sebagai mana yang telah dijelaskan pada ulasan arti ilfeel di atas, ungkapan gaul seharusnya ini ditujukan pada orang lain.

Selain itu, secara umum juga ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang merasa ilfeel pada orang lain. Maka dari itu, selain tahu arti ilfeel, kita juga perlu tahu penyebabnya. Agar kita bisa lebih berhati-hati dan tidak membuat orang lain merasa ilfeel. Berikut beberapa penyebab seseorang ilfeel pada orang lain.

1. Suka Berbohong

Bohong menjadi salah satu sifat negatif yang banyak dibenci. Terlalu sering berbohong juga bisa membuat hilangnya kepercayaan seseorang. Bahkan tak saja kepercayaan, orang lain juga bisa kehilangan perasaan atau simpati pada orang yang suka berbohong.

2. Terlalu Narsistik

Mecintai diri sendiri dengan sikap percaya diri memang hal yang positif. Namun ternyata jika dilakukan secara berlebihan, hal itu bisa jadi narsistik dan membuat orang lain merasa ilfeel. Jadi, jangan terlalu percaya diri. Ada kalanya, kita tetap harus memperhatikan respons sekitar tentang penampilan dan perilaku yang kita lakukan.

3. Terlalu Egois

Selain terlalu narsistik, bersikap terlalu egois juga bisa jadi penyebab seseorang jadi ilfeel. Bagaimana tidak, seorang yang egois cenderung memikirkan dirinya sendiri tanpa peduli orang lain. Sikap abai ini, nantinya juga akan membuat seseorang jadi ilfeel kemudian abai pada orang yang egois.

4. Memberi Pengaruh Negatif

Dalam hubungan baik percintaan ataupun persahabatan, sosok yang memberi pengaruh negatif tentu akan bikin ilfeel. Pasalnya, keberadaan orang-orang seperti ini juga bisa kita tidak semangat menjalani hari. Maka dari itu, orang dengan pengaruh negatif sering kali dihindari lantaran bisa merusak mood dan bikin ilfeel.

5. Tidak Sopan

Secara umum, kebanyakan orang tentu menyukai seseorang yang bersikap sopan santun sesuai dengan tempat dan situasi. Sebaliknya, orang yang bersikap tidak sopan dan seenaknya bakal membuat kita ilfeel atau bahkan merasa jengkel.

3. Arti Kata Gaul Gabungan Dua Kata Lainnya

Selain ilfeel, masih ada banyak kata gaul yang hits dan dipakai di kalangan anak muda masa kini. Beberapa kata gaul tersebut juga merupakan gabungan dari dua kata. Maka dari itu, di samping arti ilfeel, penting juga untuk tahu arti-arti dari kata-kata gaul lainnya tersebut. Berikut beberapa kumpulan arti kata gaul anak muda masa kini.

Berapa kata gaul yang berupa gabungan dua kata beserta artinya:

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk menyebut seseorang yang tergila-gila pada seseorang yang dicintai. Bahkan hingga, mau melakukan apapun demi orang yang dia cintai tersebut.

2) Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

3) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4) Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

5) Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

6) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

7) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

8) Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

9) Nolep: Kata ini merupakan gabungan dari kata no yang artinya 'tidak', dan lep yang diambil dari kata life yang artinya 'hidup'. Sehingga, nolep berarti seseorang yang tidak mempunyai kehidupan.

10) Gabut: Kata ini merupakan gabungan dari kata gaji dan buta. Artinya, lebih merujuk pada seseorang yang tidak ada pekerjaan atau aktivitas yang bisa dilakukan.

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti ilfeel yang ternyata adalah ilang feeling. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI