8 Penyebab Rambut Bercabang yang Jarang Disadari dan Cara Mengatasinya


Berita | Selasa, 12 Januari 2021 12:33
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Rambut bercabang seringkali menjadi masalah yang banyak dikeluhkan. Kondisi ini dapat menjadi pertanda kerusakan rambut yang memerlukan perhatian khusus. Penyebab rambut bercabang dapat terjadi karena beragam faktor pemicu yang jarang disadari. Bahkan sebagian besar penyebabnya dapat berasal dari kebiasaan harian.


Seseorang dengan masalah rambut bercabang biasanya juga mengalami kondisi rambut kering. Ini adalah salah satu pertanda utama rambut bercabang yang perlu perawatan maksimal. Rambut bercabang menjadi kondisi yang terjadi saat rambut terlihat memiliki dua cabang atau bahkan lebih pada bagian ujungnya.

Umumnya kondisi rambut bercabang lebih rentan patah dan rapuh. Kondisi tersebut diperlukan penanganan dengan segera untuk mencegah tingkat kerusakan lebih lanjut. Biasanya untuk mengatasi masalah rambut bercabang seseorang seringkali memilih cara dengan memotong bagian ujungnya. Meski begitu, apabila tak mengetahui penyebab rambut bercabang dengan pasti maka tidak menutup kemungkinan masalah rambut bercabang bisa dialami kembali.

Untuk itulah pentingnya mengetahui penyebab rambut bercabang sedini mungkin untuk mencegah tingkat risiko lebih lanjut. Adapun penyebab rambut bercabang dapat kalian simak melalui beberapa ulasan di bawah ini. Berikut ini penyebab rambut bercabang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 9 halaman

1. Sering Mewarnai Rambut

(credit: freepik.com)

Penyebab rambut bercabang yang pertama dapat terjadi karena kebiasaan sering mewarnai rambut. Seperti diketahui tren mewarnai rambut dengan aneka jenis warna begitu populer di berbagai kalangan. Sebab biasanya dengan mewarnai rambut hal tersebut dapat mendukung penampilan makin sempurna dan maksimal. Sayangnya kebiasaan sering ganti warna rambut namun dengan perawatan yang minim dapat memicu terjadinya kerusakan.

Misalnya saja mengalami rambut bercabang yang dapat terjadi karena efek pewarnaan rambut. Ini dialami karena kandungan bahan kimia dalam pewarna rambut bisa membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan. Di mana kelembapan alami rambut akan hilang dan membuatnya lebih kering hingga rentan pecah.

Melansir dari allthingshair.com, proses kimiawi dalam pewarnaan dapat merusak rambut seperti melemahkan kutikula dan memicu rambut bercabang. Untuk itulah diperlukan perhatian khusus apabila kalian sering melakukan pewarnaan rambut.

2 dari 10 halaman

2. Perawatan Kimia

(credit: freepik.com)

Penyebab rambut bercabang selanjutnya dapat dialami karena dampak dari perawatan kimia rambut. Hampir serupa dengan kandungan zat kimia dalam pewarna rambut, beberapa produk perawatan rambut juga mengandung bahan kimia tertentu. Di mana bahan kimia tersebut dapat memicu kerusakan rambut yang lebih rentan terjadi rambut bercabang.

Beberapa orang mungkin mengalami efek rambut kering karena terlalu banyak melakukan perawatan kimia. Akibatnya efek dari perawatan kimia tersebut dapat memicu rambut kehilangan kelembapan dan rentan terhadap kerusakan seperti rambut bercabang pada ujungnya.

3 dari 10 halaman

3. Terlalu Banyak Mencuci Rambut

(credit: freepik.com)

Pentingnya menjaga kebersihan rambut memang perlu dilakukan untuk kesehatan kulit kepala. Namun mencuci rambut secara berlebihan justru dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kondisi rambut. Misalnya saja rambut akan terasa lebih kering, kasar, ataupun bercabang pada ujung-ujungnya.

Inilah yang menjadikan terlalu banyak mencuci rambut termasuk menjadi dampak penyebab rambut bercabang. Sebab mencuci rambut berlebihan bisa membuat rambut kehilangan kelembabannya. Akibatnya rambut mungkin menjadi lebih kering dan kasar. Sehingga diperlukan perhatian terhadap frekuensi cuci rambut yang tepat agar mencegah kerusakan rambut terjadi.

4 dari 10 halaman

4. Mengikat Rambut

Penyebab rambut bercabang juga dapat dialami karena kebiasaan sering mengikat rambut. Bagi perempuan memiliki rambut panjang dan indah tentunya menjadi harapan. Sebagian dari mereka bahkan kerap membiarkan rambut terurai atau bahkan mengikat rambut. Namun tahukah kalian bahwa kebiasaan mengikat rambut secara berlebihan juga bisa memicu kerusakan. Gesekan yang terjadi antara rambut dan pengikat rambut atau aksesoris rambut berpotensi menyebabkan kerusakan terjadi terutama pada beberapa jenis pengikat rambut yang memicu kerusakan.

Ya, ini berkaitan dengan rambut bercabang yang terjadi karena berlebihan mengikat rambut. Meski sebagian besar perempuan memiliki alasan tersendiri mengikat rambut. Namun pastikan agar melakukan kebiasaan tersebut dengan perawatan yang benar dan tepat.  Selain itu pilihlah pengikat rambut yang lembut ataupun berlapis kain. Ini dilakukan untuk mencegah kerusakan terjadi.

5 dari 10 halaman

5. Heat Styling

(credit: freepik.com)

Cara paling mudah untuk menata rambut agar lebih rapi salah satunya adalah dengan menggunakan alat heat styling. Ini berfungsi menjaga kerapian rambut agar mendukung penampilan makin maksimal. Namun kebiasaan menggunakan heat styling yakni sejenis peralatan rambut yang dapat mengeluarkan panas justru bisa memicu kerusakan terjadi.

Terlebih apabila kalian tidak menggunakan pelindung panas pada rambut yang bisa berdampak pada kerusakan rambut. Sebab suhu panas yang dikeluarkan dari heat styling bisa menyebabkan rambut kehilangan kelembaban. Akibatnya rambut terasa lebih kering dan menjadi penyebab rambut bercabang.

6 dari 10 halaman

6. Terpapar Matahari

Melansir dari verbproducts.com, penyebab rambut bercabang dapat dialami karena paparan panas matahari. Terlalu berlebihan terpapar panas matahari diketahui dapat berpotensi memicu kerusakan rambut. Ini menyebabkan rambut kehilangan kelembaban dan memicu rambut kering. Akibatnya rambut bercabang mungkin akan muncul pada ujung-ujungnya. Selain panas matahari yang berlebihan, polusi dan radikal bebas juga berdampak terhadap kondisi kesehatan rambut.

7 dari 10 halaman

7. Kurang Vitamin dan Nutrisi

(credit: freepik.com)

Selain kebiasaan harian yang jarang disadari ataupun dampak dari perawatan rambut, penyebab lainnya juga dapat memicu terjadinya kerusakan rambut. Misalnya saja kurangnya nutrisi dan vitamin tertentu dapat menyebabkan kerusakan rambut. Ini mungkin menjadi penyebab rambut bercabang. Selain itu kurangnya cairan dalam tubuh yang tidak terpenuhi juga bisa berdampak pada kesehatan rambut.

8 dari 10 halaman

8. Menyisir Ataupun Mengeringkan Rambut

Penyebab rambut bercabang yang terjadi karena kerusakan rambut juga bisa dialami karena kebiasaan menyisir. Sebab menyisir rambut dapat menyebabkan gesekan terjadi, ini bisa memicu terhadap kerusakan rambut. Selain itu mengeringkan rambut dengan handuk kasar juga bisa menyebabkan kerusakan. Sehingga hindari menyisir terlalu kasar ataupun keras begitu pula saat mengeringkan rambut dengan handuk agar mencegah kerusakan ataupun rambut bercabang.

9 dari 10 halaman

9. Cara Mengatasi Rambut Bercabang

(credit: freepik.com)

Adapun cara mengatasi rambut bercabang dapat kalian simak melalui beberapa poin di bawah ini. Berikut cara mengatasi rambut bercabang yang bisa dipraktikkan dengan mudah:

- Hindari keramas setiap hari untuk mencegah rambut kering dan kerusakan rambut.

- Potong rambut secara teratur sebaiknya setiap enak minggu sekali.

- Gunakan sampo yang tidak mengandung bahan kimia terlalu kuat.

- Pakai sisir dengan gigi lebar untuk mencegah rambut rusak.

- Batasi penggunaan warna rambut ataupun bahan kimia lainnya.

- Konsumsi vitamin dan nutrisi untuk kesehatan rambut seperti biotin dan asam folat.

- Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak air putih.

- Gunakan pelindung panas setiap kali menggunakan heat style.

Nah itulah 8 penyebab rambut bercabang beserta cara mengatasinya. Sejumlah perawatan alami lainnya juga bisa kalian lakukan dengan mudah memakai bahan alami seperti memakai minyak almond ataupun minyak argan.

(kpl/nlw)

Topik Terkait