10 Penyebab Mata Kuning dan Cara Memutihkannya, Waspadai Penyakit Hati

Senin, 11 Januari 2021 14:55 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Mata Kuning dan Cara Memutihkannya, Waspadai Penyakit Hati
Penyebab mata kuning (credit: liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Warna mata kuning terjadi pada area luar sisi kornea yang disebut dengan sklera. Di mana perubahan warna yang normalnya putih jernih menjadi terlihat kuning. Penyebab mata kuning seringkali dikaitkan dengan masalah pada hati atau liver. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat memicu gangguan kesehatan tertentu.

Kejadian mata kuning seringkali dikaitkan dengan penyakit kuning. Melansir dari healthline.com, penyakit kuning terjadi karena hemoglobin terurai menjadi bilirubin serta tubuh tidak dapat membersihkan atau menyaring bilirubin tersebut. Akibatnya tubuh mengalami penumpukan bilirubin dalam darah yang menyebabkan kulit tampak menguning serta berpengaruh pada bagian sklera mata.

Kondisi ini biasanya dijumpai pada bayi yang baru lahir namun tak sedikit juga bisa dialami orang dewasa. Penyebab mata kuning dapat terjadi karena beragam faktor pemicu yang perlu diwaspadai pengidapnya.

Sebab bisa jadi kondisi tersebut adalah pertanda adanya penyakit hati atau liver yang termasuk organ vital tubuh. Adapun penyebab mata kuning terdapat pada beberapa poin di bawah ini. Berikut ini penyebab mata kuning dan cara memutihkannya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Hepatitis

Penyebab mata kuning yang pertama dapat terjadi karena hepatitis. Hepatitis di bagi dalam beberapa kategori yakni hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Penyakit hepatitis tersebut menyerang pada bagian hati atau liver yang disebabkan oleh infeksi virus. Di mana penyakit hepatitis dapat menyebabkan tubuh tidak dapat menyaring bilirubin secara baik.

Akibatnya tubuh mengalami gejala seperti kulit kuning ataupun mata kuning.  Beberapa penyebab hepatitis meliputi konsumsi alkohol berlebih, asupan makan tidak sehat, ataupun efek samping penggunaan obat tertentu. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan ini.

 

2. Konsumsi Alkohol Berlebih

Penyebab mata kuning selanjutnya dapat dialami karena konsumsi alkohol berlebih. Seperti diketahui kandungan zat senyawa dalam alkohol dapat berdampak buruk apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Salah satunya adalah berdampak pada kondisi kesehatan hati yang dapat mengalami kerusakan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Melansir dari webmd.com, alkohol dapat memicu kerusakan hati yang menyebabkan peradangan yang merusak sel-sel hati. Akibatnya kondisi ini dapat mengganggu fungsi hati yang berperan penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

 

3. Masalah Batu Empedu

Penyebab mata kuning selanjutnya dapat dipicu oleh masalah pada batu empedu. Batu empedu tersebut terletak pada bagian bawah hati yang berfungsi untuk memproduksi dan menyimpan cairan empedu dalam proses pencernaan. Apabila terjadi gangguan pada batu empedu, beberapa masalah dapat timbul termasuk penumpukan bilirubin dalam darah.

Melansir dari webmd.com, penumpukan bilirubin dalam darah ini dapat menyebabkan perubahan warna pada bagian mata yakni sklera jadi menguning. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang muncul karena gangguan pada batu empedu.

 

4. Efek Samping Obat Tertentu

Beragam jenis obat-obatan tertentu dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh. Dalam hal ini penyebab mata kuning salah satunya dapat disebabkan oleh efek samping obat. Melansir dari webmd.com, beberapa jenis obat yang berkaitan dengan penyakit kuning tersebut meliputi obat acetaminophen, penisilin, pil KB, klorpromazin, ataupun steroid. Konsultasi dengan dokter dapat dilakukan apabila terjadi efek samping setelah konsumsi beberapa jenis obat-obatan tersebut.

 

5. Reaksi dari Transfusi Darah

Transfusi darah adalah kegiatan menyalurkan darah yang sudah terkumpul dalam kantung darah kepada orang yang membutuhkan. Ini dilakukan dengan prosedur tertentu dari praktisi kesehatan yang berpengalaman. Namun melansir dari webmd.com, reaksi dari tranfusi darah apabila diberi golongan darah yang tidak sesuai dapat memicu pelepasan bilirubin.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan penyakit kuning dialami. Namun keadaan ini jarang terjadi karena penanganan dalam tranfusi darah diawasi dengan prosedur yang ketat. Meski begitu, apabila mengalami reaksi akibat tranfusi darah kondisi tersebut perlu diwaspadai.

 

6. Mengalami Anemia

Penyebab mata kuning juga dapat dipicu karena mengalami anemia. Anemia adalah gangguan kesehatan yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah. Berkaitan dengan mata kuning, kejadian anemia terutama jenis anemia sel sabit dapat memicu terjadinya penumpukan bilirubin. Akibatnya gejala penyakit kuning dapat dialami karena penumpukan bilirubin. Anemia sel sabit sendiri dialami karena faktor keturunan atau genetik.

Begitu juga dengan kejadian anemia hemolitik yang dapat memicu terjadinya gangguan pada bilirubin. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dilakukan apabila mengalami kejadian anemia sel sabit dengan gejala yang beragam.

 

7. Malaria

Melansir dari webmd.com, penyebab mata kuning juga dapat terjadi karena mengalami malaria. Malaria adalah gangguan kesehatan yang dialami karena infeksi dari parasit melalui gigitan nyamuk. Pada kejadian malaria, sel darah dapat pecah dan rusak hingga sebabkan anemia dan penyakit kuning. Apabila kondisi tersebut, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mendapat penanganan segera terkait dengan malaria dan penyakit kuning.

 

8. Gangguan Pada Hati

Gangguan pada hati tak hanya disebabkan oleh pengaruh alkohol. Melainkan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor pemicu salah satunya ketika hati terlalu banyak menyimpan lemak. Melansir dari webmd.com, penumpukan lemak berlebih pada hati terlepas dari pengaruh alkohol, bisa memicu terjadinya peradangan. Kondisi ini seringkali disebut dengan steatohepatitis non-alkoholik. Apabila kondisi tersebut terjadi pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang muncul.

 

9. Faktor Genetik

Melansir dari healthline.com, faktor genetik juga berpengaruh terhadap kejadian penyebab mata kuning. Beberapa kondisi yang terkait dengan mata kuning akibat faktor genetik meliputi:

- Hemochromatosis, yakni terjadi karena tubuh terlalu banyak menyimpan zat besi di hati.

- Penyakit Wilson, disebabkan oleh penumpukan tembaga yang terlalu banyak di hati.

- Porphyrias, penyakit yang disebabkan oleh kelainan darah langka akibat terlalu banyak porfirin.

 

10. Gangguan Pada Pankreas

Gangguan pada pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan hormon dan enzim juga dapat menjadi penyebab mata kuning. Melansir dari healthline.com, apabila terjadi gangguan pada saluran pankreas seperti peradangan, infeksi ataupun sumbatan, ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning.

Akan tetapi penyakit kuning yang disebabkan oleh gangguan pada pankreas diketahui jarang terjadi. Meski begitu pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan penanganan tepat terkait dengan gangguan pada pankreas.

 

11. Cara Memutihkan Mata Kuning

Setelah memahami beberapa penyebab mata kuning, berikut ini cara memutihkan mata kuning yang perlu diketahui. Adapun penyebab mata kuning sebagai berikut:

- Pakai air mawar, cara memutihkan mata kuning dapat dilakukan dengan air mawar. Caranya cukup dengan kompres mata dengan air mawar yang diteteskan pada kapas.

- Pakai es batu, es batu juga bisa digunakan untuk memutihkan mata kuning. Caranya juga bisa dilakukan dengan kompres memakai es batu memakai kain lembut pada mata.

- Mentimun, konsumsi mentimun juga dapat membantu meringankan kondisi mata kuning. Mentimun juga bisa digunakan untuk kompres mata untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul pada mata.

- Batasi konsumsi alkohol untuk mencegah kerusakan pada hati.

- Pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Nah itulah 10 penyebab mata kuning dan cara memutihkannya. Namun perlu diketahui bahwa pemeriksaan dengan dokter perlu dilakukan untuk mendapatkan penanganan tepat terkait dengan kondisi mata kuning beserta masalah lainnya.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI