Contoh Pertanyaan Tes MBTI Bahasa Indonesia, Pahami Preferensinya


Berita | Senin, 8 Juli 2024 14:55

Kapanlagi.com - Tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) jadi tes kepribadian yang sedang cukup hits di kalangan anak muda. Banyak anak muda yang menjajal tes ini, baik untuk sekadar iseng atau untuk tujuan lebih serius seperti demi mengenali karakter diri sendiri. Tes MBTI diminati juga karena alasan mudah diakses. Saat ini, kalian bisa dengan mudah menemukan situs tes MBTI bahasa Indonesia di internet.


Sebagai tes kepribadian, MBTI didasarkan pada teori tipe psikologis yang dikembangkan oleh Carl Jung dan kemudian disempurnakan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Cook Briggs. Di tes MBTI, peserta tes akan diajak mengenali diri mereka dengan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan empat dimensi utama yang diyakini bisa menunjukkan kepribadian seseorang.

Peserta tes MBTI akan menjawab pertanyaan seputar ekstroversi atau introversi, penginderaan atau intuisi, pemikiran atau perasaan, dan penilaian atau persepsi. Penasaran, seperti apa gambaran contoh pertanyaan tes MBTI bahasa Indonesia? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Jenis Pertanyaan Tes MBTI Bahasa Indonesia

Jenis Pertanyaan Tes MBTI Bahasa Indonesia (credit: unsplash)

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa dalam tes MBTI dilakukan dengan menjawab daftar pertanyaan khusus yang tertera di internet. Pertanyaan tes MBTI bahasa Indonesia tersebut cukup komprehensif, sehingga mampu memberikan gambaran yang cukup mendetail seputar kepribadian seseorang.

Pertanyaan dalam tes MBTI bahasa Indonesia disusun berdasarkan beberapa preferensi, seperti preferensi sosial, sikap dalam mengambil keputusan, penggunaan waktu, kecenderungan dalam berinteraksi, dan dorongan mengembangkan diri.

Untuk lebih jelasnya, berikut uraian singkat tentang preferensi atau jenis pertanyaan MBTI bahasa Indonesia.

1. Preferensi Sosial

Dalam preferensi ini peserta tes akan ditanya, kecenderungan mereka, mana yang lebih nyaman antara berbicara dengan banyak orang, berbicara dengan beberapa orang yang dikenal, berbicara dengan beberapa orang yang saya tidak kenal, atau berbicara dengan hanya beberapa orang yang sangat dekat.

2. Preferensi dalam Mengambil Keputusan

Dalam preferensi ini peserta tes akan ditanya, kecenderungan mereka dalam hal membuat keputusan, apakah berpikir secara logis dan analitis, berpikir secara emosional dan intuisionis, berpikir secara kreatif dan spontan, atau justru berpikir secara sistematis dan detail.

3. Preferensi dalam Memaksimalkan Waktu

Dalam preferensi ini peserta tes akan ditanya, kecenderungan mereka dalam memaksimalkan waktu, apakah membuat jadwal yang sangat rinci dan terstruktur, membuat jadwal yang relatif rinci tetapi tetap fleksibel, membuat jadwal yang sangat fleksibel dan dapat diubah secara spontan, atau membuat jadwal yang sangat sederhana dan tidak terstruktur.

4. Preferensi Kecenderungan dalam Berinteraksi

Dalam preferensi ini peserta tes akan ditanya, kecenderungan mereka dalam berinteraksi dengan orang lain apakah cenderung secara langsung dan spontan, berinteraksi dengan orang lain secara tidak langsung dan melalui media khusus, berinteraksi dengan orang lain secara formal dan profesional, atau berinteraksi dengan orang lain secara informal dan santai.

5. Preferensi Pengembangan Diri

Dalam preferensi ini peserta tes akan ditanya, kecenderungan mereka dalam belajar apakah cenderung secara teoretis, belajar secara praktis dan langsung, belajar secara kreatif, atau belajar secara sistematis dan detail

2 dari 4 halaman

2. Contoh Tes MBTI Bahasa Indonesia

Contoh Tes MBTI Bahasa Indonesia (credit: unsplash)

Setelah memahami preferensi beberapa jenis atau preferensi pertanyaan tes MBTI. Berikut beberapa contoh pertanyaan tes MBTI bahasa Indonesia dan penjelasan singkatnya.

Apa yang kalian akan lakukan saat berjumpa orang baru pertama kali?

Jawaban atau respons dari pertanyaan ini akan mengidentifikasi apakah seseorang tergolong sebagai introvert atau ekstrovert.

Apa yang akan kalian lakukan ketika menghadapi masalah?

Jawaban dari pertanyaan ini nantinya akan menunjukkan kecenderungan seseorang dalam menyelesaikan masalah apakah cenderung dengan perasaan atau intuisi atau Feeling (F) atau sebaliknya yaitu dengan berpikir logis atau Thinking (T).

Seperti apa prasaan kalian saat harus bertemu orang banyak?

Jawaban dari pertanyaan ini juga akan mengidentifikasi apakah seseorang ekstrovert atau introvert. Orang ekstrovert mudah bergaul dengan orang baru. Introvert suka kesendirian.

Seperti apa posisi kalian dalam suatu pertemanan?

Jawaban dari pertanyaan ini akan mengungkap kepribadianmu, apakah seseorang cenderung introvert atau ekstrovert, pemikir atau perasa, dan lainnya.

3 dari 4 halaman

3. 16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI

16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI Bahasa Indonesia (credit: unsplash)

Seperti yang sudah disinggung di awal, MBTI tes membagi kepribadian manusia ke dalam 16 tipe. Berikut penjelasan singkat ke-16 tipe kepribadian MBTI.

- INTJ (Architect): Strategis, berpikir jauh ke depan, dan memiliki rencana yang jelas.

- INTP (The Thinkers): Inovatif, memiliki keinginan untuk mengetahui lebih banyak, dan tidak pernah berhenti berpikir.

- ENTJ (The Executive): Pemimpin yang kuat, berpikir strategis, dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan.

- ENTP (The Visionaries): Berpikir inovatif, memiliki ide-ide yang kreatif, dan tidak pernah berhenti berpikir.

- INFJ (The Counselor): Idealis, berpikir jauh ke depan, dan memiliki kemampuan untuk memahami orang lain.

- INFP (The Idealist): Berpikir idealis, memiliki nilai-nilai yang kuat, dan memiliki kemampuan untuk menulis dan berbicara.

- ENFJ (The Givers): Berpikir idealis, memiliki kemampuan untuk memahami orang lain, dan memiliki kemampuan untuk berbicara.

- ENFP (The Inspirers): Berpikir kreatif, memiliki ide-ide yang inspiratif, dan memiliki kemampuan untuk berbicara.

- ISTJ (The Inspector): Berpikir praktis, memiliki kemampuan untuk memahami detail, dan memiliki kemampuan untuk mengelola.

- ISFJ (The Nurturers): Berpikir praktis, memiliki kemampuan untuk memahami orang lain, dan memiliki kemampuan untuk mengelola.

- ESTJ (The Guardians): Berpikir praktis, memiliki kemampuan untuk memahami detail, dan memiliki kemampuan untuk mengelola.

- ESFJ (The Caregiver): Berpikir praktis, memiliki kemampuan untuk memahami orang lain, dan memiliki kemampuan untuk mengelola.

- ISTP (The Mechanics): Berpikir praktis, memiliki kemampuan untuk memahami detail, dan memiliki kemampuan untuk mengelola.

- ISFP (The Artist): Berpikir kreatif, memiliki ide-ide yang kreatif, dan memiliki kemampuan untuk menulis dan berbicara.

- ESTP (The Doers): Berpikir praktis, memiliki kemampuan untuk memahami detail, dan memiliki kemampuan untuk mengelola.

- ESFP (The Performers): Berpikir kreatif, memiliki ide-ide yang kreatif, dan memiliki kemampuan untuk menulis dan berbicara

Itulah di antaranya beberapa contoh tes MBTI Bahasa Indonesia yang belakangan cukup populer di kalangan anak muda. Semoga bermanfaat, menambah wawasan, dan menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

(kpl/psp)

Topik Terkait