Hadir Untuk Ketiga Kalinya, MyBCA x BrightspotMRKT 2024 Rayakan Pentingnya Keberadaan Ruang Publik Untuk Kegiatan Sosial dan Lahirnya Ide-Idea Kreatif


Berita | Jum'at, 27 September 2024 21:05

Kapanlagi.com - Di tengah tantangan hidup yang semakin kompleks, setiap individu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan hidup sekaligus mencapai kesejahteraan pribadi secara menyeluruh. Personal well-being menjadi semakin penting di masa depan, di mana individu perlu secara sadar mengadopsi gaya hidup berkelanjutan. Hal ini bukan hanya untuk menjaga keseimbangan hidup, tetapi juga untuk memastikan keberlanjutan yang kreatif.


Dengan semakin dinamis dan cepatnya perubahan tren, kemampuan menjadi resilience kini menjadi kunci dalam menghadapi tantangan yang akan datang. Gaya hidup berkelanjutan dan ketahanan pribadi kini menjadi prioritas utama bagi banyak orang di seluruh dunia, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan dampak jangka panjang dari pilihan hidup kita terhadap kesehatan, lingkungan, dan masyarakat.

Anton Wirjono selaku Founder brightspotMRKT, mengumumkan gelaran brightspotMRKT kembali hadir untuk merespons antusiasme pasar terhadap inovasi yang mendukung kesejahteraan holistik.

"Kami berupaya menciptakan ruang publik yang tidak hanya mengakomodasi kebutuhan ekonomi kreatif dan gaya hidup urban, tetapi juga mendukung semua aspek kesejahteraan holistik. Tahun ini My BCA x brightspotMRKT kembali hadir untuk ketiga kalinya, mengajak pengunjung untuk ikut serta dalam berbagai aktivitas yang berfokus pada keberlanjutan, guna mendorong gaya hidup yang lebih bertanggung jawab," ungkap Anton Wirjono.

1 dari 3 halaman

1. Usung Tema 'Future Perfect'

Sejak 2023 brightspotMRKT telah mengusung tema yang merayakan masa depan di mana manusia tetap menjadi pusat kreativitas melalui tema 'Future Is Human', merayakan masa lalu yang membentuk masa depan di 'Past Makes Future' dan kini di MyBCA x brightspotMRKT 2024 di Agora Mall mengusung tema 'Future Perfect', di mana kesejahteraan pribadi di masa depan yang sempurna bisa tercipta saat interaksi antar individu kreatif terus terjadi di ruang-ruang publik.

Selain berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi para pelaku industri kreatif lokal dengan visi serupa, ruang publik juga mendorong terbentuknya komunitas kreatif baru. Lebih dari itu, brightspotMRKT telah menjadi ajang reuni bagi mereka yang terlibat dalam industri kreatif, memperkuat hubungan dalam ekosistem yang terus berkembang.

Menjawab trend masa depan yang dinamis, brightspotMRKT menekankan pentingnya mengadopsi konsep 'renaissance person', di mana individu masa depan perlu memiliki keterampilan lintas disiplin untuk memastikan pertumbuhan ekonomi kreatif yang adaptif, dan berkelanjutan. Dengan mengkurasi local brand yang tidak hanya memiliki keunikan dan kreatifitas dalam berkarya namun juga menerapkan praktek usaha berkelanjutan yang future-proof.

Dari lebih dari 1.300 submission yang diterima, terpilih 228 brand terkurasi, dengan 40% diantaranya merupakan brand baru yang berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Jogja, Medan, Balikpapan, dan beberapa kota lainnya. Menariknya, banyak brand unggulan justru datang dari luar Jakarta, hal ini menegaskan bahwa kreativitas tidak lagi terpusat di ibu kota, melainkan mulai bergerak menyebar merata ke seluruh Indonesia. BrightspotMRKT selalu mengusung prinsip bahwa brand lokal tidak harus diasosiasikan dengan harga murah dan kualitas standar; justru, banyak brand lokal yang mampu bersaing dalam hal kualitas dengan merek internasional. Lebih dari itu, brightspotMRKT juga sangat memperhatikan keberhasilan para tenant dengan mengimplementasikan sistem satu POS (Point of Sales) yang terintegrasi, memastikan bahwa transaksi berjalan lancar dan memberikan pengalaman berbelanja yang efisien bagi pengunjung.

Dalam konsep gaya hidup berkelanjutan, selain mempertimbangkan faktor lingkungan, penting juga untuk memperhatikan aspek fisik, mental, sosial, finansial, emosional, dan spiritual. brightspotMRKT di Agora Mall 2024 menyadari tren ini dengan menghadirkan lebih dari sekadar rekreasi, dengan fokus pada olahraga, perawatan diri, musik, dan fashion yang mendukung keberlanjutan.

Salah satu aspek penting dalam gaya hidup berkelanjutan adalah finansial. Setiap individu harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar setiap kebutuhannya terjamin. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai salah satu lembaga perbankan senantiasa berkomitmen membantu masyarakat agar semakin meningkat kemampuan mengelola keuangannya. Wujud komitmen BCA tersebut tampak salah satunya dari keterlibatan perusahaan sebagai mitra resmi brightspotMRKT.

Senior Vice President BCA Dody Santosa Iswan mengungkapkan, "Finansial merupakan salah satu aspek penting untuk mencapai kesejahteraan holistik. BCA turut mendukung brightspotMRKT at Agora Mall 2024, dan menjadi bukti dari komitmen kuat kami dalam mendukung ekosistem kreatif lokal dengan layanan yang memudahkan transaksi seperti aplikasi myBCA dan Paylater BCA. Kami tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengunjung, tetapi juga menawarkan promo eksklusif yang dapat dimanfaatkan oleh tenant sebagai strategi pemasaran efektif."

2 dari 4 halaman

2. Menyatukan Pengeunjung Kreatif yang Penuh Dedikasi

My BCA x brightspotMRKT 2024 (Credit foto: Dokumentasi Pribadi)

Tidak hanya brand lokal dan kolaborator, namun brightspotMRKT juga menjadi rumah yang menyatukan pengunjung kreatif yang penuh dedikasi dalam menjalani bidang yang mereka cintai, menegaskan bahwa kesejahteraan mental berakar dari keberanian mengikuti hati. Untuk mendukung perjalanan ini, Signature Time mempersembahkan Path of Passion sebagai ruang inspirasi dan diskusi bagi mereka yang mengejar passion.

"Path of Passion lahir dari keyakinan bahwa setiap orang berhak mengejar impian tanpa ragu. Keraguan terbesar berasal dari dalam, jadi kami mempersembahkan tes kognitif distorsi untuk mengenali pola pikir diri sendiri melalui karakter-karakter. Pengalaman ini dilanjutkan dengan instalasi seni berkelanjutan dari Recycle Experience dan minuman personalisasi dari Brookland Coffee sebagai perayaan atas penemuan diri. Brightspot Market menjadi panggung yang ideal untuk menegaskan bahwa mencintai pekerjaan adalah kunci menuju kesehatan holistik dan hidup yang lebih berarti," ujar XX dari Signature Time.

Kembali mengajak pengunjung untuk lebih sadar akan pentingnya gaya hidup keberlanjutan, dengan meminimalkan pembelian barang baru dan memilih produk ramah lingkungan. Komitmen gaya hidup keberlanjutan ini tercermin dalam gelaran sebelumnya, Brightspot telah menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan melalui berbagai inisiatif.
Sebagai bukti komitmen nyata, Brightspot membagikan Sustainability Report dari acara sebelumnya, yang mencakup aksi seperti pengumpulan 86,68 liter used cooking oil (UCO) bersama Noovoleum dari 11 tenant F&B pada Taman Brightspot Juli 2024. UCO tersebut didaur ulang menjadi biofuel, membantu melindungi lingkungan dan memberikan manfaat tambahan bagi masyarakat melalui revenue sharing dari daur ulang tersebut.

3 dari 4 halaman

3. Hadir Untuk Ketiga Kalinya

BrightspotMRKT, yang telah menjadi platform untuk kreativitas brand lokal sejak 2009, kembali hadir di jantung kota Jakarta, khususnya untuk ketiga kalinya di tahun 2024. Gelaran kali ini, yang berlangsung dari 26 - 29 September dan 3 - 6 Oktober 2024, menawarkan konsep unik yang memadukan kuliner, fashion, seni, dan musik dengan fokus pada gaya hidup berkelanjutan.

Dalam dua acara Brightspot di 2024, bersama Waste 4 Change berhasil mengumpulkan dan mengelola berbagai jenis limbah yang dihasilkan, seperti kaca, logam, plastik, dan kertas, yang kemudian didaur ulang menjadi produk bernilai tambah. Selain itu, limbah organik diolah menjadi kompos dan pakan ternak, sementara sisanya digunakan sebagai bahan baku biofuel.

Pada acara Brightspot Mall, Waste4Change berhasil mengumpulkan 8.453,8 kg sampah yang dapat didaur ulang, sementara di Taman Brightspot terkumpul sebanyak 7.954,7 kg. Angka ini menunjukkan komitmen kuat dari Waste4Change dan Brightspot dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, sekaligus membuka peluang untuk memanfaatkan limbah menjadi sumber daya yang bermanfaat.

"Menjadi tuan rumah brightspotMRKT di Agora Mall merupakan langkah penting untuk memperkuat posisi kami sebagai pusat kegiatan sosial dan komunitas yang dinamis sejak dibuka secara resmi di bulan Agustus 2024. Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi kami dalam mendukung brand-brand lokal dan membangun hubungan dengan generasi muda, menciptakan pengalaman yang imersif dan berkesan," ujar Sandrina Martin, director of Lifestyle Thamrin Nine.

"Agora Mall bukan hanya menjadi tempat berkumpul dan menikmati beragam atraksi, tetapi juga menjadi simbol gaya hidup berkelanjutan di Jakarta. Dengan berlangsungnya brightspotMRKT, kami berkomitmen menyediakan ruang yang estetik sekaligus fungsional, di mana kreativitas dan ide-ide inovatif dapat berkembang, serta menjadi destinasi utama dalam gaya hidup urban Jakarta," tambahnya.

Dengan lokasi strategis di Agora Mall, brightspotMRKT menawarkan akses mudah dan nyaman bagi pengunjung untuk menikmati beragam aktivitas rekreasi di tengah kota. Area ini mendukung berbagai opsi transportasi, termasuk MRT Jakarta, yang memastikan kenyamanan dan kemudahan akses. Pengunjung dapat menikmati perjalanan yang lancar berkat jalur pejalan kaki yang nyaman dari Agora Mall Thamrin Nine ke MRT Dukuh Atas, menghindari masalah parkir dan kemacetan yang sering terjadi.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) selalu memastikan keterjangkauan dan kenyamanan akses ke ruang publik melalui lokasi strategis, seperti Brightspot. Kami menyediakan layanan transportasi yang mudah diakses, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengeksplorasi potensi kreatif kota dan membuka peluang bagi pelaku ekonomi kreatif lokal terutama yang lokasinya berdekatan dengan MRT," ujar Angga Satria Perdana, Departemen Head Corporate Communication & Branding PT MRT Jakarta Perseroda.

Beberapa inisiasi dan brand hadir sebagai representasi penting dalam aktivitas masyarakat modern yang turut merespon trend leisure untuk menjawab kebutuhan kesejahteraan holistik yang menyeluruh. Mencakup lebih dari sekadar rekreasi dengan fokus pada olahraga, perawatan diri, musik, dan fashion berkelanjutan. Acara ini turut disponsori oleh EXECUTIVE dan didukung oleh Balifiber sebagai official internet partner.

"BrightspotMRKT bukan hanya merayakan kreativitas lokal, tapi juga mengajak masyarakat untuk merefleksikan berbagai aspek kehidupan dalam mendukung keberlanjutan sambil terus berinovasi. Kami ingin terus secara berkelanjutan memanfaatkan ruang-ruang publik yang belum terekspos untuk menciptakan tempat kreatif baru yang bisa dinikmati oleh masyarakat," tutup Anton Wirjono.

Temukan info mengenai jadwal brightspotMRKT at Agora 2024 dan beragam promo menarik melalui aplikasi Brightspot dan melalui sosial media @brightspotmrkt. Tetap gunakan aplikasi Brightspot untuk mendapatkan update promo menarik dari seluruh tenant yang bekerja sama. Dengan Brightspot Apps, Anda bisa selalu mengetahui promo dan informasi terbaru secara cepat dan mudah.

(kpl/gtr)