Arti Akuntabilitas: Jenis-Jenis, Fungsi, Prinsip Beserta Tingkatannya, Ketahui Alasan Penting Menerapkannya

Rabu, 22 Juni 2022 15:22
Arti Akuntabilitas: Jenis-Jenis, Fungsi, Prinsip Beserta Tingkatannya, Ketahui Alasan Penting Menerapkannya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Istilah akuntabilitas begitu familiar digunakan dalam organisasi ataupun perusahaan. Penggunaan kata akuntabilitas seringkali mengacu pada situasi yang berkaitan dengan tanggung jawab dalam berbagai tugas dan kewajiban. Namun apa arti akuntabilitas sebenarnya?

Membahas mengenai arti akuntabilitas memang tidak lepas dari peran, tugas, atau kewajiban seseorang yang memiliki suatu jabatan tertentu dalam sebuah organisasi, perusahaan, ataupun lembaga. Meski begitu arti akuntabilitas juga bisa mengacu secara personal yang mana tidak terkait dengan jabatan apapun.

Karenanya akuntabilitas memiliki beberapa tingkatannya tersendiri dari yang personal hingga kelompok. Nah, di bawah ini ada penjelasan tentang arti akuntabilitas yang penting kalian ketahui.

Tidak hanya arti akuntabilitas di KBBI karena ada juga pendapat dari beberapa tokoh dan ahli. Cek di sini arti akuntabilitas yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Akuntabilitas di KBBI

Penjelasan mengenai arti akuntabilitas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan dalam dua poin. Pertama arti akuntabilitas di KBBI adalah tentang berbagai hal mengenai pertanggungjawaban. Kedua, arti akuntabilitas di KBBI adalah situasi ketika sesuatu bisa dimintai pertanggungjawabannya.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa arti akuntabilitas yang secara bahasa Inggris ditulis dengan Accountability adalah tanggung jawab atas tugas dan kewajiban yang diberikan kepada seseorang yang memiliki jabatan tertentu. Di mana seseorang atau perusahaan bisa memberikan pertanggungjawaban atas segala tugas yang dilaksanakan secara jujur, transparan untuk mengetahui kinerja yang sudah dicapai atau belum dicapai. Itulah penjelasan mengenai arti akuntabilitas di KBBI yang perlu diketahui.

 

2. Arti Akuntabilitas Menurut Ahli

Sementara itu ada beberapa ahli dan tokoh menjelaskan mengenai arti akuntabilitas. Karenanya di bawah ini ulasan tentang arti akuntabilitas menurut ahli dan para tokoh.

1. Arti akuntabilitas menurut Syahrudin Rasul adalah kemampuan memberi jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang atau sekelompok orang terhadap masyarakat luas dalam organisasi.

2. Arti akuntabilitas menurut Mohammad Mahsun menjelaskan bahwa akuntabilitas memiliki dua definisi. Definisi pertama adalah arti akuntabilitas secara luas berarti kewajiban pihak pemegang Amanah untuk memberikan pertanggungjawaban, menyajikan, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas serta kegiatan yang menjadi taggung jawabnya kepada pihak atas atau pemberi tanggung jawab. Definisi kedua adalah arti akuntabilitas secara sempit yang berarti bentuk pertanggungjawaban mengacu kepada siapa dan untuk apa organisasi bertanggung jawab.

3. Arti akuntabilitas menurut Stanbury adalah suatu kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan ataupun kegagalan selama pelaksanaan kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan serta sasaran yang sudah ditetapkan melalui pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara berkala.

4. Arti akuntabilitas menurut Turner and Hulme menjelaskan bahwa akuntabilitas adalah keharusan berbagai lembaga sektor publik untuk menekankan pada pertanggungjawaban secara horizontal atau untuk masyarakat, bukan sekedar pertanggungjawaban secara vertikal kepada otoritas yang yang lebih tinggi.

5. Arti akuntabilitas menurut Sujarweni adalah bentuk kewajiban individu dengan jabatan apapun yang menjamin bahwa tugas serta kewajiban yang dibebankan dilaksanakan berdasarkan ketentuannya.

6. Arti akuntabilitas menurut Grey adalah kewajiban untuk memberikan informasi termasuk informasi keuangan sebagai wujud tanggung jawab organisasi.

 

3. Arti Akuntabilitas dan Jenis-Jenisnya

Setelah tahu apa arti akuntabilitas, terdapat beberapa jenis-jenis akuntabilitas menurut sejumlah tokoh. Adapun penjelasan mengenai arti akuntabilitas dan jenis-jenisnya menurut pendapat tokoh ataupun ahli sebagai berikut,

1. Jenis-Jenis Akuntabilitas Menurut Mahmudi

- Akuntabilitas vertical adalah akuntabilitas yang dipertanggungjawabkan kepada otoritas lebih tinggi baik dalam sektor pemerintahan, organisasi, ataupun perusahaan.

- Arti akuntabilitas horizontal adalah akuntabilitas yang dipertanggungjawabkan kepada publik atau masyarakat secara luas atau sesama lembaga lainnya yang tidak memiliki hubungan atasan ataupun bawahan.

2. Jenis-Jenis Akuntabilitas Menurut Wasistiono

- Akuntabilitas administratif adalah pertanggungjawaban antara pejabat yang berwenang dengan divisi bawahannya dalam hubungan hierarki yang jelas.

- Akuntabilitas politik adalah akuntabilitas yang berkaitan dengan pemegang kekuasaan politik untuk mengatur, menetapkan prioritas, pendistribusian sumber-sumber dan menjamin adanya kepatuhan melaksanakan tanggung jawab administrasi dan legal. Di mana akuntabilitas tersebut menekankan pada demokratik yang dinyatakan oleh administrasi publik.

- Akuntabilitas legal adalah akuntabilitas yang berkaitan dengan dominan publik berkaitan dengan proses legislatif serta yudikatif. Dalam akuntabilitas ini bisa berbentuk peninjauan kembali kebijakan yang diambil oleh pejabat publik ataupun pembatalan peraturan oleh institusi yudikatif. Selain itu, ukuran dalam akuntabilitas ini adalah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

- Akuntabilitas moral adalah jenis akuntabilitas yang erat kaitannya dengan tata nilai yang berlaku di masyarakat. Dengan kata lain akuntabilitas ini ukurannya adalah tata nilai yang berlaku sehingga dapat menunjukkan suatu kinerja tersebut baik ataupun buruk.

- Akuntabilitas professional adalah jenis akuntabilitas yang berkaitan dengan pelaksanaan kinerja dan tindakan sesuai dengan tolok ukur yang ditetapkan orang profesi yang sejenis. Dengan kata lain akuntabilitas ini lebih menekankan pada aspek kualitas kinerja dan tindakan.

 

4. Fungsi Akuntabilitas

Setelah tahu arti akuntabilitas, pahami juga apa saja fungsi dari akuntabilitas. Karena terdapat beberapa manfaat atau fungsi ketika menerapkan atau memiliki akuntabilitas. Ini arti akuntabilitas dan fungsi-fungsinya.

- Meningkatkan dan mendorong efisiensi kerja sehingga dapat memudahkan organisasi atau perusahaan melakukan evaluasi untuk mencapai keberhasilan.

- Menghindari penyalahgunaan wewenang atau jabatan. Dengan begitu maka dapat menghindari penyelewengan jabatan, tugas, ataupun penyalahgunaan lainnya.

- Tolok ukur keberhasilan dan pelaksanaan tugas yang diberikan serta mempertanggungjawabkannya. Sehingga memudahkan dalam melakukan pengawasan atau pengontrolan.

- Menumbuhkan kepercayaan antar anggota atau karyawan terhadap tugas yang sudah dibebankan.

 

5. Prinsip Akuntabilitas

Sementara itu terdapat beberapa prinsip-prinsip akuntabilitas yang juga penting diketahui. Prinsip akuntabilitas tersebut dapat kalian simak di bawah ini. Di mana dengan mengetahui apa saja prinsip akuntabilitas memudahkan menerapkan akuntabilitas.

- Pimpinan dan seluruh anggota atau bawahan memiliki komitmen untuk melaksanakan pengelolaan organisasi dengan memiliki nilai akuntabel.

- Sistem menjamin penggunaan sumber daya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau berdasarkan perjanjian dan peraturan.

- Transparan, objektif, memegang teguh nilai kejujuran, inovatif.

- Berorientasi pada visi, misi, hasil yang akan didapatkan.

- Dapat memperlihatkan dan menunjukkan seberapa pencapaian tujuan serta sasaran yang ditetapkan.

 

6. Tingkatan-Tingkatan Akuntabilitas

Tidak hanya arti akuntabilitas saja yang penting diketahui, karena beberapa penjelasan mengenai tingkatan akuntabilitas di bawah ini juga dapat memudahkanmu tahu makna akuntabilitas. Karena ada beberapa tingkatan-tingkatan akuntabilitas yang bisa mengacu pada seseorang ataupun perusahaan.

- Akuntabilitas personal (nilai-nilai tentang kejujuran, integritas, moral, etika pada diri seseorang).

- Akuntabilitas individu (mengacu pada hubungan individu dengan tanggung jawab tertentu dalam lingkungannya).

- Akuntabilitas kelompok (mengacu pada kerja sama kelompok dengan kewenangan, peran, tanggung jawab mereka masing-masing untuk mencapai kinerja)

- Akuntabilitas organisasi (mengacu pada hasil laporan kinerja yang sudah berhasil dicapai oleh seseorang yang memiliki tanggung jawab di organisasi tersebut)

- Akuntabilitas stakeholder (mengacu pada tanggung jawab organisasi pemerintah atas tugas dan kewajiban kepada publik secara luas).

 

7. Pentingnya Menerapkan Akuntabilitas

Akuntabilitas memang erat kaitannya dengan tanggung jawab, tugas, dan kewajiban seseorang dalam suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Sementara itu ada beberapa alasan mengapa akuntabilitas itu cukup penting dimiliki.

Pentingnya akuntabilitas tersebut tidak lain bisa dilihat dari fungsinya. Di mana ada beberapa alasan penting memiliki akuntabilitas yakni sebagai pencegahan penyelewengan jabatan, meningkatkan efisiensi kerja dan evaluasi, serta sebagai control demokratis.

Itulah penjelasan mengenai arti akuntabilitas beserta beberapa ulasan penting lainnya. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari arti penting akuntabilitas.

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI