Arti Trial: Pengertian Secara Umum, Dalam Bidang Hukum, Hingga Media Sosial

Minggu, 29 Mei 2022 12:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Trial: Pengertian Secara Umum, Dalam Bidang Hukum, Hingga Media Sosial
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Trial merupakan sebuah kata yang mungkin asing bagi kita. Ya, kata ini bukan digunakan dalam percakapan sehari-hari bahasa Indonesia. Kata trial sendiri berasal dari kata bahasa Inggris, dan arti trial secara umum adalah percobaan ataupun uji coba.

Namun, selain itu, arti trial ini juga ada dalam sebauh game ataupun dunia hukum. Dan arti trial sendiri memiliki makna yang berbeda-beda, tergantung dalam bidang apa kata itu akan digunakan. Apakah dalam bidang hukum ataupun dalam media sosial.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui apa sih arti trial lebih dalam. Maka berikut ini arti trial baik secara umum, dalam media sosial, hingga dalam bidang hukum. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Arti Trial Secara Umum

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa arti trial sendiri adalah percobaan ataupun uji coba. Kata trial berasal dari bahasa Inggris dan bukan menjadi sebuah kata umum yang digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia.

Selain itu, arti trial juga bisa menjadi pengujian ataupun ujian. Namun, secara umum arti trial ini serupa. Berupa sebuah kegiatan uji yang dilakukan dalam bidang apapun, baik itu pendidikan, kedokteran, hingga hukum sekalipun.

2. Arti Trial Dalam RP

Nah, bagaimana dengan arti trial dalam RP? Sama seperti arti trial secara umum, arti trial dalam RP juga sama yaitu sebuah uji coba. Apa sih RP itu? Dalam dunia media sosial, RP bukanlah hal yang asing ya KLovers. Kata ini sering sekali digunakan dalam percakapan biasa, terutama percakapan di medis sosial.

RP adalah singkatan dari Role Play. Sesuai dengan namanya, RP merupakan permainan yang dilakukan dengan memainkan peran sebagai orang lain. Pemain RP bisa memainkan berbagai tokoh dan karakter sesuai keinginannya, misal menjadi sosok idola, atau artis favoritnya.

Nah, biasanya RP ini digunakan dalam dunia Telegram. Dan trial ini biasanya digunakan dalam percakapan atau chat. Dan trial ini digunakan sebagai kata ganti uji coba. Sehingga, dalam media sosial sendiri, kata trial adalah bahasa gaul yang memiliki arti uji coba dan bisa digunakan untuk pembahasan apapun di dalam bahasa gaul.

3. Arti Trial Dalam Hukum

Nah, bagaimana dengan arti trial dalam dunia hukum? Ya, tentu kalian perlu mengetahui apa sih arti trial dalam dunia hukum. Nah, dalam dunia hukum, kata trial ini sering digunakan dalam sebuah sidang pengadilan dan memiliki arti yang cukup panjang.

Dalam dunia hukum atau sidang pengadilan, ada yang namanya fari trial. Dan arti dari fair trial yaitu, sebuah prinsip yang merupakan indikator dari terbangunnya masyarakat dan sistem hukum yang adil. Tanpa penerapan prinsip peradilan yang adil, orang-orang yang tak bersalah akan banyak memasuki sistem peradilan pidana dan kemungkinan besar akan masuk dalam penjara.

Jadi, dalam dunia hukum, arti trial tidak digunakan sebagai uji coba ya KLovers. Trial dalam dunia hukum merupakan ungkapan dalam suatu peradilan yang sangat adil. Dan memberikan sebuah hukuman yang adil dengan sebuah prinsip yang adil pula.

4. Contoh Kalimat Menggunakan Trial

Dan yang terakhir yaitu, ada sebuah contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata trial. Contoh kalimat ini akan membantu KLovers lebih memahami arti trial. Berikut ini beberapa contoh dalam kalimat trial tersebut:

1. And you can do the same randomized, controlled trial for social policy. (Dan seperti itu juga anda bisa melakukan uji teracak dan terkendali untuk kebijakan sosial.)

2. And you can do the same randomized, controlled trial for social policy. (Dan seperti itu juga anda bisa melakukan uji teracak dan terkendali untuk kebijakan sosial.)

3. So what we did is we did a randomized, controlled trial in 134 villages in Udaipur Districts. (Jadi yang kita lakukan adalah, kita melakukan uji acak terkendali di 134 desa di daerah Udiapur.)

5. Over millions of years, variation and selection, variation and selection trial and error, trial and error. (Lebih dari jutaan tahun, variasi dan seleksi, variasi dan seleksi ralat dan galas, ralat dan galas.)

6. This baby was produced through trial and error. (Bayi ini dibuat melalui proses ralat dan galas.)

7. Obviously trial and error is very important. (Jelas bahwa ralat dan galas sangatlah penting.)

8. It's come through trial and error. (Namun lebih karena ralat dan galas.)

9. He ran his trial. (Dia menjalankan percobaannya.)

10. As we speak, there are 117 or so clinical trials researching the use of stem cells for liver diseases. (Saat pembicaraan ini berlangsung, ada sekitar 117 percobaan klinis untuk meneliti penggunaan sel punca untuk penyakit hati.)

Itulah arti trial yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya arti trial secara umum saja, namun ada pula penjelasan tentang arti trial dalam bidang hukum hingga media sosial.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI