Arti Chemistry Menurut Kamus dan Sebagai Kata Populer, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sabtu, 18 Juni 2022 10:11
Arti Chemistry Menurut Kamus dan Sebagai Kata Populer, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Kalimat
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Ada banyak kosakata bahasa Inggris yang populer di masyarakat Indonesia. Kata chemistry adalah salah satunya. Terbukti, kata chemistry pasti sudah cukup sering kita dengar di keseharian, baik dalam buku teks, lirik lagu, dialog film, timeline media sosial, bahkan hingga di percakapan sehari-hari. Lantas, apa arti chemistry yang sebenarnya?

Ya, meski sudah tergolong jadi salah satu kata populer, faktanya masih banyak orang yang masih bingung atau bahkan belum tahu sama sekali apa arti chemistry. Pasalnya, dalam kamus bahasa Inggris ternyata kata chemistry mempunyai beberapa makna. Sehingga, dalam mengartikan kata chemistry perlu menggunakan pemaknaan yang sesuai. Penasaran, seperti apa penjelasannya?

Untuk mengetahui lebih dalam apa arti chemistry, langsung saja simak ulasan singkatnya berikut ini.

 

1. Arti Chemistry Menurut Kamus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, chemistry merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui arti chemistry adalah dengan mengeceknya di kamus. Sementara dilansir dari situs kamus online dictionary.cambridge.com, kata chemistry ternyata mempunyai dua makna arti.

Pertama, arti chemistry dalam bahasa Inggris bisa diartikan sebagai 'studi ilmiah tentang karakteristik dasar zat dan cara mereka bereaksi atau bergabung'. Jika disederhanakan ke dalam bahasa Indonesia, arti chemistry yang pertama tersebut sama dengan subjek atau mata pelajaran kimia. Sebab seperti yang kita tahu, kimia merupakan ilmu tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat.

Arti chemistry dalam kamus online dictonary.cambridge.com yang kedua berkaitan dengan hubungan antar individu. Chemistry diartikan sebagai 'kualitas yang ada ketika dua orang memahami dan tertarik satu sama lain'. Adapun kualitas hubungan ini berkaitan dengan hubungan dalam konteks yang beragam bisa secara seksual, romantis, kekeluargaan, persahabatan, dan sebagainya.

 

2. Contoh Penggunaan Kata Chemistry Sesuai Konteks

Berdasarkan penjelasan arti chemistry di atas, kita bisa pahami bahwa kata chemistry dalam bahasa Inggris mempunyai dua makna. Oleh karena itu, dalam mengartikan kata chemistry pada suatu kalimat atau teks bahasa Inggris tak bisa dilakukan secara asal. Agar tepat dalam mengartikan, kita perlu melihat konteks yang meliputi keseluruhan kalimat atau teks tersebut.

Agar lebih jelas dan paham terkait arti chemistry, berikut beberapa contoh penggunaan kata chemistry dalam kalimat bahasa Inggris dengan makna yang sesuai konteks.

1. Contoh Kalimat Bahasa Inggris dengan Kata Chemistry dalam Arti Kimia

- A team of scientists has been studying the chemistry of the ozone layer. (Sebuah tim ilmuwan telah mempelajari kimia lapisan ozon.)

- He studied chemistry in preference to physics at university. (Dia belajar kimia dalam preferensi untuk fisika di universitas.)

- I failed my physics exam, but I passed chemistry. (Saya gagal dalam ujian fisika saya , tetapi saya lulus kimia.)

- Marie Curie was the woman behind enormous changes in the science of chemistry. (Marie Curie adalah wanita di balik perubahan besar dalam ilmu kimia.)

2. Contoh Kalimat Bahasa Inggris dengan Kata Chemistry dalam Arti Ikatan Hubungan

- The chemistry between them was obvious. (Ikatan hubungan di antara mereka terlihat sangat jelas)

- They have a good chemistry on set as actors based on the characters they play (Mereka memiliki ikatan yang baik di lokasi syuting sebagai aktor berdasarkan karakter yang mereka mainkan)

- Chemistry can grow if both people are genuine, down-to-earth, caring, and kind. (Ikatan yang kuat dalam hubungan dapat tumbuh jika kedua orang itu tulus, rendah hati, peduli, dan baik hati.)

 

3. Arti Chemistry sebagai Istilah Populer

Sebagaimana yang telah dijelaskan, chemistry kini sudah jadi satu kata atau istilah populer di kalangan masyarakat. Sebagai kata populer, kata chemistry sudah sering digunakan di percakapan sehari-hari khususnya oleh kalangan anak muda. Kata chemistry biasa dipakai untuk menggambarkan kondisi suatu hubungan atau pasangan yang mempunyai ikatan kuat, selalu romantis, dan saling menyayangi. 

Itu artinya, sebagai kata populer di kalangan anak muda, arti chemistry lebih mendekati makna kedua sebagaimana yang dijelaskan dalam kamus online dictionary.cambridge.com. Dalam pemakaiannya sehari-hari, kata chemistry sudah melebur dengan kosakata bahasa Indonesia lainnya dalam satu kalimat. Berikut beberapa contoh penggunaan kata chemistry sebagai bahasa populer.

1. Pasangan muda itu mempunyai chemistry yang sangat kuat.

2. Akting aktor dan aktris itu sudah tak perlu diragukan lagi. Chemistry mereka sangat kuat dan meyakinkan.

3. Tim itu sangat solid dan kompak karena punya chemistry yang kuat antara tiap anggota.

Itulah di antaranya sedikit penjelasan tentang arti chemistry menurut kamus dan sebagai kosakata populer di kalangan anak muda masa kini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI