Arti Definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ketahui Ciri dan Contohnya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Arti Definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ketahui Ciri dan Contohnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Kata definisi seringkali dijumpai dalam sebuah kalimat atau paragraf. Biasanya kata definisi digunakan untuk menjelaskan, mendeskripsikan, atau menguraikan sesuatu baik itu kata, frasa, atau kalimat tertentu. Lalu apa arti definisi sebenarnya?

Bahasa Indonesia memiliki beragam jenis kalimat dan kata dengan arti serta makna masing-masing. Salah satu kata definisi yang memiliki arti dan makna. Arti definisi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki beberapa penjelasan dan makna.

Namun pada dasarnya arti definisi adalah untuk menjelaskan atau menguraikan suatu hal untuk diketahui maknanya. Sehingga pembaca dapat mengetahui informasi yang disampaikan dalam sebuah kalimat definisi tersebut.

Adapun penjelasan lengkapnya tentang apa arti definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini. Langsung saja simak ulasannya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang arti definisi.

1. Arti Definisi di KBBI

Dalam pelajaran bahasa Indonesia kalian mungkin saja sering menjumpai kata definisi. Biasanya kata definisi digunakan untuk menjelaskan tentang suatu hal dalam kalimat, kata, atau frasa. Terkadang kalian mungkin saja menganggap arti definisi mirip dengan pengertian, maksud dan makna sesuatu.

Lalu apa sebenarnya arti definisi? Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti definisi dijelaskan dalam tiga poin. Pertama arti definisi di KBBI adalah kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas, dan batasan. Arti definisi tersebut juga bisa dikenal dengan arti.

Kedua, arti definisi di KBBI adalah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi. Sementara arti definisi ketiga adalah tingkat kejelasan atau ketajaman dan kontras gambar.

Berdasarkan arti definisi di KBBI di atas dapat disimpulkan bahwa definisi seringkali digunakan untuk menjelaskan tentang suatu makna baik itu benda, orang, proses, aktivitas ataupun konsep tertentu. Selain itu ada juga kata yang berasal dari kata definisi dengan bentuk berbeda yakni mendefinisikan berarti memberikan definisi. Serta pendefinisian yang artinya proses, cara, perbuatan memberikan definisi. Itulah arti definisi di KBBI yang penting kalian ketahui.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Definisi dan Ciri-Cirinya

Setelah mengetahui apa arti definisi di KBBI, terdapat beberapa ciri-ciri definisi yang perlu kalian kenali. Sehingga dapat membedakan arti definisi dengan pengertian, arti, atau makna tertentu. Berikut ini ciri-ciri dari definisi.

1. Ciri definisi adalah terdapat definiendum atau unsur kata serta istilah yang didefinisikan.

2. Menguraikan pengertian dari unsur kata, frasa, ataupun kalimat.

3. Ciri definisi biasanya diawali kata ada-lah ataupun kata benda.

4. Ciri definisi juga bisa diawali kata yaitu- dengan kata kerja.

5. Ciri definisi menguraikan pengertian rupa, wujud dengan diawali kata merupakan.

6. Definisi bisa diawali dengan sebuah sinonim serta diawali kata ialah.

Itulah beberapa ciri-ciri definisi yang perlu kalian ketahui dan pahami. Sehingga dengan mengetahui ciri-ciri definisi tersebut bisa memudahkan kalian mengenali jenis kalimat definisi.

3. Arti Definisi dan Jenisnya

Sedangkan dalam pelajaran bahasa Indonesia dikenal juga dengan jenis kalimat definisi. Kalimat definisi ini dibagi lagi ke dalam beberapa klasifikasi yang perlu kalian pahami. Adapun arti definisi dan jenis-jenisnya tersebut sebagai berikut.

1. Definisi Nominal

Arti definisi nominal adalah menjelaskan sesuatu berupa sinonim atau yang biasanya dipakai dalam kamus. Contohnya saja kata laki-laki memiliki sinonim pria. Sehingga jika merujuk pada ciri-ciri definisi dapat ditulis dengan laki-laki ialah pria.

2. Definisi Formal

Arti definisi formal adalah definisi yang menjelaskan sesuatu yang khusus. Selain itu jenis definisi ini dirangkai berdasarkan logika formal dengan unsur kelas, genus, ataupun pembeda. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam definisi formal. Di antaranya yakni dimulai dengan klarifikasi, lalu diikuti kata untuk dijadikan definiendium, kemudian menyebut genus serta diakhiri deskripsi pembeda. Contoh singkatnya yakni, Mahasiswa adalah pelajar di perguruan tinggi.

3. Definisi Operasional

Arti definisi operasional adalah definisi yang digunakan untuk dijadikan pedoman melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu. Biasanya dalam definisi operasional berkaitan dengan waktu, tempat, pekerjaan, batas konsep. Tindakan, aksi dan seterusnya.

4. Definisi Paradigmatis

Arti definisi paradigmatis adalah definisi yang bertujuan untuk mempengaruhi pola berpikir orang lain. Definisi ini biasanya memiliki ciri berupa nilai tertentu, berpengaruh pada sikap, perilaku atau tindakan.

5. Definisi Luas

Arti definisi luas adalah definisi yang batasan pengertiannya sekurang-kurangnya terdiri atas satu paragraf. Pasalnya penjelasannya terbilang lebih panjang, rumit sehingga memerlukan kalimat yang lebih rinci dan panjang dengan satu gagasan.

4. Arti Definisi dan Contohnya

Beberapa contoh definisi berikut ini mungkin saja bisa membantumu semakin memahami apa arti definisi sebenarnya. Adapun ulasan tentang arti definisi dan contohnya dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

1. Laptop adalah komputer jinjing.

2. Ikan bernafas dengan menggunakan insang untuk menyaring oksigen di dalam air.

3. Timun adalah sejenis buah dan sayur yang termasuk suku labu-labuan.

4. Penguin adalah jenis burung yang tidak dapat terbang namun pandai berenang.

5. Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos berarti rakyat dan cratos berarti kekuasaan.

Itulah penjelasan tentang arti definisi yang perlu kalian pahami. Sehingga memudahkan kalian mengetahui makna dari arti definisi.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending