Arti GG dan Istilah Lainnya di Dunia Game, Ketahui Juga Asal Mula Kata Tersebut Jadi Populer

Rabu, 13 April 2022 17:44
Arti GG dan Istilah Lainnya di Dunia Game, Ketahui Juga Asal Mula Kata Tersebut Jadi Populer
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Penggunaan bahasa gaul di kalangan anak muda terus bertambah. Hal ini didukung dengan semakin maraknya penggunaan media sosial. Namun tak saja media sosial, trend game online ternyata juga cukup berperan memunculkan beberapa kata gaul baru. GG adalah salah satu contohnya. Lantas, apa arti GG?

GG merupakan istilah atau kata gaul khusus dalam game. Sehingga, sampai saat ini masih segelintir orang saja yang mengetahui arti GG. Bahkan, bisa jadi ada beberapa gamers atau pemain game baru yang hingga kini juga belum mengetahui arti dari GG. Selain GG, dalam dunia game online ternyata masih ada banyak kata istilah gaul lainnya. Apa sajakah itu?

Daripada terus penasaran, langsung saja simak ulasan arti GG dan kata gaul lainnya di dunia game berikut ini.

 

1. Arti GG

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, GG merupakan kata atau istilah gaul khusus yang digunakan di dunia game. Secara umum, GG merupakan singkatan dari Good Game. Sehingga, arti GG secara harfiah adalah 'permainan yang bagus'.

GG biasa digunakan sebagai pujian atas permainan yang memang bagus dan supportif. Istilah GG umumnya tak saja digunakan oleh satu pemain atau satu tim. Sebaliknya, istilah GG juga biasa digunakan bersamaan dengan tim lawan. Oleh karena itu, GG tak saja dipakai untuk memuji permainan yang memukau melainkan juga untuk suportivitas yang dijunjung.

 

 

2. Asal Mula Kata GG

GG sebagai kata gaul ternyata tak muncul begitu saja. Sebelum jadi kata populer seperti saat ini, GG mempunyai sejarahnya sendiri. Sehingga agar pengetahuan tentang arti GG semakin lengkap, tak ada salahnya untuk tahu sejarah atau asal mulanya.

Istilah GG mungkin memang baru populer belakangan ini seiring trend game online. Namun yang belum banyak orang tahu, istilah GG ternyata sudah ada sejak lama. Dilansir dari kincir.com, istilah GG ternyata sudah digunakan sejak tahun 1994. Namun pada masa itu, GG masih dipakai dalam bentuk frasa utuh Good Game bukan singkatan. 

Di tahun 1994 itu, istilah GG muncul dalam game Marathon yang masih menggunakan sistem LAN dan WAN. Sama seperti penggunaannya saat ini, GG dipakai untuk menggambarkan permainan yang bagus dan supportif. 

Arti GG semakin dikenal luas setelah berkembangnya game online. Dimulai pada era Defense of the Ancient  atau Dota 2, istilah GG semakin digunakan secara luas.

Tak saja untuk menyatakan permainan yang bagus dan supportif, GG juga biasa dipakai sebagai kode untuk mengakhiri permainan. Biasanya, seorang pemain akan mengirimkan kode GG ke setiap pemain untuk menyerah dan mengakhiri permainan.

Kini, GG sudah jadi kata gaul atau istilah populer yang cukup umum di kalangan pemain game. GG dapat dipakai untuk menyatakan berbagai hal, mulai dari permainan yang bagus, supportif, hingga menyatakan pemain yang kuat atau overpower. 

 

3. Istilah Gaul Lain di Dunia Game

Selain GG, masih ada banyak istilah atau kata gaul yang berkaitan dengan dunia game. Penting untuk juga mengetahui arti dari setiap kata atau istilah tersebut terutama bagi kalian yang gemar bermain game online. Pasalnya, penggunaan kata-kata gaul tersebut sama seringnya dengan GG.

Berikut makna beberapa kata gaul di dunia game yang tak kalah penting dibanding arti GG.

1. GL atau Good Luck : Ungkapan biasa digunakan di awal permainan yang artinya 'semoga beruntung' atau 'semoga berhasil'.

2. WP atau Well Played : Secara harfiah artinya adalah "Bermain dengan baik. Ungkapan yang dipakai untuk memuji performa rekan satu tim.

3. GGWP atau Good Game, Well Played : Ungkapan yang tak jauh beda dengan arti GG. GGWP merupakan gabungan GG dan WP. Istilah ini biasa dipakai untuk memuji performa rekan satu tim. Karena GGWP atau Good Game, Well Played artinya kurang lebih adalah 'Permainan bagus, Bermain dengan baik'.

3. AFK atau Away From Keyboard : Ungkapan untuk menyatakan seseorang pemain sedang tidak bergerak atau harus keluar dari permainan.

4. Pro : Ungkapan untuk menyebut pemain game yang jago.

5. Noob : Ungkapan yang dipakai untuk menyebut pemain yang kurang mahir dalam permainan.

6. GB atau Gaji Buta : Ungkapan ini biasa digunakan untuk menyebut pemain yang kurang mahir. Sehingga tidak berkontribusi pada tim.

7. KS atau Kill Steal : Ungkapan yang dipakai untuk menyebut pemain yang membunuh atau mengalahkan lawan, padahal poin itu harusnya didapatkan oleh rekan satu tim lainnya.

8. DC atau Disconnect : Secara harfiah berarti 'tidak terhubung. Ungkapan ini digunakan untuk menyebut koneksi yang tiba-tiba terputus.

9. Lag : Ungkapan yang biasa dipakai untuk menyebut pemain yang tertinggal dalam permainan. Biasanya hal ini dikarenakan koneksi yang buruk.

10. YT atau You There? : Ungkapan yang digunakan untuk menanyakan keberadaan rekan dalam tim.

11. TY atau Thank You : Ungkapan untuk berterimakasih yang biasa diungkapkan di akhir permainan atau setelah berhasilnya suatu misi.

12. BRB atau Be Right Back Ungkapan yang digunakan untuk menyatakan 'Akan Segera Kembali". Biasanya digunakan oleh pemain yang berpindah lokasi sejenak.

Itulah di antaranya penjelasan arti GG dan beberapa istilah gaul lainnya di dunia game. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI