Arti Hakikat: Pengertian Secara Umum dan dalam Dunia Sufi, Beserta Contoh Kata-Kata Bijak dari Para Tokoh

Jum'at, 06 Mei 2022 11:55 Penulis: Dhia Amira
Arti Hakikat: Pengertian Secara Umum dan dalam Dunia Sufi, Beserta Contoh Kata-Kata Bijak dari Para Tokoh
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bahasa Indonesia merupakan sebuah bahasa utama yang digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai sarana komunikasi, selain dari bahasa daerah. Walaupun begitu, ada banyak sekali kata yang mungkin tidak kita ketahui artinya, salah satunya arti hakikat yang mungkin belum banyak dipahami seluruhnya.

Namun, sebenarnya arti hakikat sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab loh KLovers. Kata tersebut aslinya berbunyi Al-Haqq yang artinya hak. Makna hak yang menjadi kata dasar arti hakikat adalah benar, kepunyaan, adat kebiasaan, atau benar-benar ada. Penggunaan istilah hakikat adalah berkaitan dengan pemikiran dan ungkapan hingga menjadi seperti konvensi.

Selain mengetahui arti hakikat secara umum, KLovers juga bisa mengetahui arti hakikat dalam dunia Sufi, serta contoh kata-kata bijak dari para tokoh yang menggunakan kata hakikat. Sehingga KLovers bisa lebih memahami lagi apa itu arti hakikat dan dapat menggunakannya dalam sebuah kalimat.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang arti hakikat secara umum ataupun dalam dunia Sufi, beserta dengan kata-kata bijak. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Hakikat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, kata hakikat berasal dari bahasa arab yaitu Al-Haqq yang artinya hak. Makna hak yang menjadi kata dasar arti hakikat adalah benar, kepunyaan, adat kebiasaan, atau benar-benar ada. Penggunaan istilah hakikat adalah berkaitan dengan pemikiran dan ungkapan hingga menjadi seperti konvensi.

Sehingga, secara umum arti hakikat merupakan ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan makna yang sebenarnya atau makna yang paling dasar dari sesuatu seperti benda, kondisi atau pemikiran. Dan menjadi konvensi, maksudnya bagian dari kesepakatan yang berhubungan dengan adat, tradisi, dan lain sebagainya.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti hakikat sendiri memiliki dua definisi. Definisi yang pertama yaitu, intisari atau dasar , contohnya dia yang menanamkan hakikat ajaran Islam di hatiku. Dan definisi yang kedua yaitu, kenyataan yang sebenarnya (sesungguhnya) contohnya pada hakikatnya mereka orang baik-baik.

 

2. Pengertian Hakikat pada Sufi

Bagaimana dengan arti hakikat dalam dunia Sufi? Ya, seperti yang KLovers ketahui bahwa, secara umum arti hakikat adalah sebuah dasar, makna, ataupun intisari. Namun, bagaimana dengan dunia Sufi? Para sufi mengartikan arti hakikat adalah rahasia yang paling dalam dari segala amal, inti dari syariat dan akhir dari perjalanan yang ditempuh oleh seorang sufi.

Hakikat adalah makna terdalam dari praktik dan petunjuk yang ada pada syariat dan tarikat. Sehingga, hakikat merupakan aspek lain dari syariat yang bersifat esoterik, yaitu aspek esoterik (batiniah). Secara terminologi, arti hakikat dapat diartikan sebagai rahasia yang paling dalam dari segala amal.

Inti dari syariat dan akhir dari perjalanan yang ditempuh oleh seorang sufi. Hakikat yang disebut sebagai kebenaran adalah makna terdalam dari praktik dan petunjuk yang ada pada syariat dan tarikat. Itulah arti hakikat dalam dunia Suf ataupun keislaman.

 

3. Kata-Kata Hakikat

Dan yang terakhir yaitu, ada kata-kata bijak dari para tokoh tentang hakikat. Ya, kata-kata ini bisa menjadi sebuah contoh agar KLovers bisa lebih memahami kata hakikat serta bisa juga menjadi sebuah nasihat bijak bagi kalian. Berikut ini beberapa kata-kata hakikat dari para tokoh tersebut:

1. "Hidup dan mati ada dalam genggaman Illahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalaupun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan." - Diponegoro

2. "Hakikat hidup bukanlah apa yang kita ketahui, bukan buku-buku yang kita baca atau kalimat-kalimat yang kita pidatokan, melainkan apa yang kita kerjakan, apa yang paling mengakar di hati, jiwa dan inti kehidupan kita." - Emha Ainun Nadjib

3. "Hakikat cinta adalah rintihan panjang yang dikeluhkan oleh lautan perasaan kasih sayang. Ia adalah cucuran air mata kesedihan langit pikiran. Ia adalah senyuman ceria kebun-kebun bunga cinta." - Khalil Gibran

4. "Hakikat Yang Maha Pengasih hadir secara langsung laksana sinar matahari yang menerangi bumi." - Jalaluddin Rumi

5. "Bukankah masalah ketuhanan memang rumit? Mungkin sengaja dibuat rumit oleh Tuhan, agar kita tertuntut untuk senantiasa berada dalam upaya pencarian hakikat-Nya, walaupun itu tidak akan pernah tercapai. Upayanya yang penting, bukan tercapainya hasil mutlak." - Abdurrahman Wahid

6. "Hakikat cinta adalah sesuatu yang tak dapat berkurang karena keburukan, dan tidak pula bertambah karena kebaikan." - Yahya ibn Mu'adh al-Razi

7. "Berbicara dengan benar, ketidaksadaran adalah psikis yang sebenarnya; hakikat batinnya sama tidak kita ketahui dengan realitas dunia luar, dan hal itu dilaporkan secara tidak sempurna kepada kita melalui data kesadaran seperti halnya dunia luar melalui indikasi alat indera kita." - Sigmund Freud

8. "Kehidupan spiritual adalah bagian dari hakikat manusia. Itu adalah karakteristik yang menentukan dari sifat manusia, tanpanya sifat manusia tidak sepenuhnya manusia." - Abraham H. Maslow

Itulah arti hakikat yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Ada arti hakikat secara umum maupun arti hakikat dalam dunia Sufi ataupun Islami. Serta kata-kata bijak dari para tokoh menggunakan kata hakikat.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI