Arti Hedon: Pengertian, Sejarah, dan Dampak Buruknya

Senin, 24 Januari 2022 16:55 Penulis: Dhia Amira
Arti Hedon: Pengertian, Sejarah, dan Dampak Buruknya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Apa sih arti hedon itu? Apakah merupakan bahasa gaul? Ya, hedon merupakan bahasa yang tidak asing di publik, terutama bagi masyarakat Indonesia. Istilah ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ya, arti hedon sendiri sering kali dikaitkan dengan berbagai hal mewah atau sifat yang menghamburkan uang.

Sehingga arti hedon sendiri bisa menjadi sebuah ucapan atau panggilan untuk seseorang yang memiliki sikap yang boros dan suka menghamburkan uang. Bahkan ungkapan hedon ini bisa juga menjadi panggilan untuk hal yang mewah dan tidak memiliki manfaatnya. Tetapi, apakah arti hedon ini benar seperti itu? Atau ada maksud lain?

Nah, bagi KLovers yang penasaran apa arti hedon? Maka berikut ini arti hedon beserta dengan sejarah ungkapan kata hedon yang bisa kalian ketahui. Yuk langsung saja kalian cek KLovers.

1. Pengertian Hedon

Apa sih arti hedon itu? Ya, hedon berasal dari kata hedonisme. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin. Dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan dan kenikmatan merupakan tujuan hidup serta sebagian dari tindakan manusia. Terdapat tiga aliran pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme. Dan dalam tiga aliran inilah terbentuk hedonisme.

Secara garis besar, hedonisme atau hedon adalah istilah yang merujuk pada sikap memaksimalkan kesenangan dan meminimalkan rasa sakit. Dalam hal ini dapat dipahami bahwa sikap hedon merupakan sikap yang lebih mengutamakan kesenangan di atas hal apapun.

Sehingga orang yang menerapkan prinsip ini akan merasa hidupnya sejahtera ketika mempunyai berbagai macam hal yang membawa kesenangan berlimpah baginya. Hedon bukan merupakan istilah yang datang pada masa kini, melainkan sudah ada dan dikenal dari zaman dahulu.

Hingga kini, istilah ini masih relevan dan sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Dapat dikatakan, istilah hedon mempunyai konotasi yang buruk di masyarakat, karena dihubungkan dengan sikap boros untuk mendapatkan kesenangan dan tidak memikirkan hal lain, selain kesenangan diri.

2. Sejarah Hedon

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa, hedon bukan merupakan istilah yang datang pada masa kini, melainkan sudah ada dan dikenal dari zaman dahulu. Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani yaitu, hedonismos dari akar kata hedone, yang artinya "kesenangan". Arti hedon ini menjelaskan baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri.

Dilansir dari Wikipedia, Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos dari Kyrene (433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan.

Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan dan bila tidak mencapainya, manusia itu akan mencari sesuatu yang lain lagi. Pandangan tentang "kesenangan" atau hedonisme inilah kemudian dilanjutkan seorang filsuf Yunani lain bernama Epikuros (341-270 SM). Menurutnya, tindakan manusia yang mencari kesenangan adalah kodrat alamiah.

Meskipun demikian, hedonisme Epikurean memiliki arti atau penjelasan yang lebih luas lagi ya KLovers. Hal ini karena tidak hanya mencakup kesenangan badani saja seperti Kaum Aristippos, melainkan kesenangan rohani juga bisa menjadi salah satunya, seperti terbebasnya jiwa dari keresahan.

 

3. Dampak Buruk Hedon

Setelah KLovers mengetahui apa itu arti hedon, KLovers juga perlu tahu nih apa dampak buruk dari hedon. Ya, saat ini di jaman modern, kata hedon digunakan untuk seseorang yang suka dengan hal kemewahan dan pemborosan. Sehingga ini tentu menjadi sebuah dampak yang buruk. Hedon adalah sikap kesenangan yang bisa menimbulkan berbagai risiko dan dampak berbahaya.

Dalam hal ini, ketergantungan atau kecanduan, makan berlebih, dan konsumsi kompulsif dianggap sebagai dampak dari pengalaman kesenangan yang dimiliki seseorang. Seperti perilaku kecanduan alkohol, obat-obatan, dan hubungan seksual yang berlebih untuk memuaskan hasrat kesenangan.

Hasrat mengejar satu kesenangan yang terlalu sering dengan mengorbankan aspek kehidupan lainnya seperti ini, justru memberikan makna kesenangan yang berlawanan. Sehingga perilaku nafsu yang tidak terkendali dapat menghilangkan prinsip kesenangan sebagai hal terbaik yang diharapkan.

Dari semua penjelasan tersebut, maka tentu bisa dipahami bahwa kata hedon tidaklah baik. Hal ini tidak lain karena beberapa contoh perilaku di luar batas tersebut justru akan memberikan banyak kerugian dalam kehidupan, baik dari segi kesehatan maupun kehidupan sosial.

Itulah arti hedon yang bisa KLovers ketahui dan pahami dengan baik. Semoga arti hedon beserta pengertian dan juga sejarahnya ini bisa menjadi sebuah pelajaran untuk KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI