Arti Murojaah dalam Menghafal Alquran dan Metodenya, Wajib Diketahui Calon Hafiz

Minggu, 08 Mei 2022 17:44
Arti Murojaah dalam Menghafal Alquran dan Metodenya, Wajib Diketahui Calon Hafiz
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Setiap umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan Alquran. Karenanya ada banyak sekali keutamaan membaca dan menghafal Alquran. Namun tidak hanya membaca dan menghafal saja, karena bagi penghafal Alquran menjaga hafalan tetap baik juga sangat penting.

Menjaga hafalan Alquran memang tidak semudah saat menghafalnya. Karenanya manusia memang tidak luput dari kesalahan bahkan sifat lupa. Oleh karena itu, dikenal apa yang namanya murojaah. Arti murojaah adalah menjaga hafalan Alquran tetap baik, lancar, dan benar.

Metode ini sangat penting diterapkan oleh para penghafal Alquran agar tidak melupakan hafalan ayat dan surat dalam Alquran. Namun sudah tahukah kalian apa arti murojaah?

Apabila belum tahu makna dari istilah murojaah, ulasan di bawah ini dapat membantumu memahami arti murojaah. Adapun penjelasan arti murojaah dapat kalian simak sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Murojaah

Murojaah merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia menghafal Alquran. Bagi sebagian dari kalian tentu sudah nggak asing lagi dengan istilah murojaah. Namun cukup banyak juga belum memahami arti murojaah yang ternyata memiliki banyak manfaat. Lalu apa arti murojaah?

Arti murojaah berasal dari bahasa Arab yang diambil dari kata raja'a yuraji'u. Arti murojaah dari kata tersebut memiliki arti kembali atau pulang. Sementara itu jika dimaknai maka arti murojaah adalah memeriksa kembali, mengecek, ataupun meninjau ulang,

Dalam menghafal Alquran maka arti murojaah adalah memeriksa kembali hafalan Alquran. Tujuannya untuk menjaga hafalan Alquran agar tetap baik, lancar, ataupun mengecek bacaan yang salah. Sehingga dengan murojaah maka seorang penghafal Alquran dapat mengetahui bacaan yang belum benar. Dengan begitu dapat dibenarkan sehingga hafalan tetap terjaga dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai arti murojaah yang perlu kalian ketahui. Sehingga nggak bingung lagi mengetahui pengertian murojaah. Sudah paham belum KLovers?

 

2. Arti Murojaah dan Metodenya

Pada dasarnya arti murojaah adalah untuk memelihara hafalan Alquran tetap baik, lancar, dan terjaga. Di mana arti murojaah tentunya wajib diketahui calon hafiz ataupun seseorang yang sudah hafiz. Dengan begitu hafalan Alquran yang sudah dihafalkan tetap terjaga dengan baik.

Setelah tahu arti murojaah, ada beberapa metode yang bisa dipilih untuk murojaah. Adapun ulasan mengenai arti murojaah dan metodenya dapat kalian simak di bawah ini.

1. Metode Mengulang dalam Hati

Metode murojaah yang pertama adalah mengulang dalam hati. Arti murojaah dengan metode ini berarti membaca dan menghafal Alquran dari dalam hati tanpa perlu mengucapkan secara lisan. Tujuan dari metode ini adalah untuk menguatkan dan memelihara hafalan Alquran yang sudah dihafalkan calon hafiz ataupun seorang hafiz.

2. Metode Mengulang Secara Lisan

Kebalikan dari metode mngulang dalam hati, untuk metode satu ini maka seseorang melakukan murojaah dengan mengucapkan secara lisan. Metode ini juga memiliki tujuannya tersendiri yakni untuk melatih pendengaran dan lisan saat membaca hafalan Alquran dengan pengucapan. Dengan begitu maka dapat menjadi cara untuk mengecek, memeriksa, dan mengetahui bacaan atau hafalan yang belum benar.

Itulah beberapa metode murojaah yang perlu kalian ketahui. Sementara itu kalian juga bisa melakukan murojaah dengan membaca dan melihat Alquran ataupun tanpa melihat dan membaca mushaf Alquran.

 

3. Teknik dan Cara Murojaah

Tidak hanya metodenya, ada beberapa teknik dan cara murojaah. Perlu diketahui juga bahwa murojaah juga bisa dilakukan secara cepat, sedang, ataupun lambat yang dapat disesuaikan dengan kemampuan calon tahfiz. Sedangkan untuk teknik dan cara murojaah dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Murojaah dalam Sholat

Teknik dan cara murojaah yang pertama adalah dapat dilakukan dengan murojaah dalam sholat. Arti murojaah dalam sholat bermakna bahwa seorang penghafal Alquran bisa mengulang hafalan dalam ibadah sholat.

2. Murojaah Secara Sendiri

Murojaah sendiri berarti mengulang, memeriksa, dan mengecek hafalan Alquran secara sendiri. Teknik dan cara murojaah satu ini bisa sangat membantu bagi penghafal untuk menentukan teknik yang pas bagi dirinya sendiri.

3. Murojaah dengan Murotal

Arti murojaah dengan murotal adalah teknik yang bisa dipilih dengan cara menggunakan alat bantu seperti MP3, CD, ataupun alat bantu lainnya. Di mana untuk teknik murojaah dengan murotal tentunya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sembari menjaga hafalan Alquran tetap baik serta lancar.

4. Murojaah dengan Rekan

Arti murojaah dengan teknik ini adalah metode yang bisa dilakukan dengan bersama-sama teman sesama penghafal Alquran. Dengan begitu dapat mengetahui letak kesalahan dalam bacaan hafalan Alquran. Saling bergantian dalam murojaah dengan rekan bisa jadi pilihan yang tepat untuk menjaga hafalan Alquran.

5. Murojaah dengan Ustaz atau Guru

Teknik dan cara murojaah berikutnya adalah meminta bantuan ustaz ataupun guru. Di mana ketika kalian melakukan murojaah dengan cara dna teknik ini bisa jadi pilihan untuk mengetahui letak bacaan yang salah. Selain itu kalian tentunya bisa juga memperoleh pembetulan yang tepat dari guru atau ustaz yang mengampu.

 

4. Manfaat Murojaah

Setelah memahami apa saja arti murojaah beserta metode dna tekniknya, ada beragam manfaat murojaah. Karena pada dasarnya murojaah membawa banyak manfaat bagi para penghafal Alquran. Nah di bawah ini beberapa manfaat dari murojaah.

- Menerapkan murojaah dapat menguatkan hafalan Alquran.

- Murojaah dapat membantu penghafal Alquran mengetahui letak kesalahan dalam hafalan.

- Murojaah dapat menjaga hafalan Alquran tetap baik dan lancar.

Itulah beberapa manfaat dari murojaah yang perlu diketahui calon hafiz. Karena pada dasarnya menjaga hafalan Alquran tentunya sangat dianjurkan. Sebagaimana yang sudah tercantum dalam sebuah hadis yang artinya,

Rasulullah SAW bersabda, "Jagalah (hafalan) Alquran itu, maka demi Dzat, jiwaku di kekuasaannya, sungguh ia (Alquran) lebih cepat lepasnya daripada unta dari ikatannya."(Imam Bukhari, Shahih Bukhari)

Itulah penjelasan mengenai arti murojaah yang perlu kalian ketahui. Semoga dapat dijadikan referensi dalam memahami arti dan makna dari murojaah.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI