Arti Korelasi Menurut Kamus dan Secara Umum, Ketahui Juga Manfaat Mempelajarinya

Selasa, 12 Juli 2022 13:33 Penulis: Puput Saputro
Arti Korelasi Menurut Kamus dan Secara Umum, Ketahui Juga Manfaat Mempelajarinya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Korelasi mungkin jadi satu kata atau istilah yang sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kata ini sering kali muncul dalam berbagai situasi, khususnya di situasi formal seperti rapat, diskusi, pembelajaran, dan sebagainya. Namun, kata korelasi terbilang jarang terpakai di percakapan sehari-hari. Itulah sebabnya, masih banyak yang asing dengan arti korelasi.

Padahal, dewasa kini cukup penting untuk tahu arti dari korelasi. Pasalnya, kata ini sering digunakan di situasi penting seperti rapat atau diskusi. Sehingga, tidak memahami apa arti dari korelasi bisa menyebabkan salah paham dan disinformasi. Selain itu, kata korelasi ternyata juga berkaitan sangat erat dengan bidang ilmu statistik. Bahkan di statistik, korelasi jadi satu hal penting untuk dipelajari. Lantas sesungguhnya, apa arti korelasi?

Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan tentang arti korelasi berikut ini.

 

 

1. Arti Korelasi Menurut Kamus dan Secara Umum

Seperti yang telah disinggung di awal, korelasi jadi kata yang cukup jarang dipergunakan di percakapan sehari-hari. Namun, kata korelasi sering dipakai di situasi penting seperti dalam rapat atau diskusi. Arti korelasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hubungan timbal balik atau sebab akibat dari dua variabel yang saling berhubungan.

Kata korelasi yang sudah terdaftar dalam KBBI, disinyalir berasal dari bahasa Inggris "correlation". Tak jauh beda dengan arti korelasi dalam KBBI, kata correlation dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan artinya menjadi koneksi atau hubungan antara dua atau lebih fakta. Selain itu, dalam bahasa Inggris, correlation atau korelasi juga berkaitan dengan analisis angka-angka secara statistik.

Berdasarkan penjelasan arti korelasi menurut kamus di atas, secara umum dapat disimpulkan bahwa korelasi berkaitan dengan hubungan dua hal yang saling terkait. Hubungan tersebut bisa menunjukkan proses dari suatu kejadian dengan pola sebab dan akibat.

Selain itu, secara umum dalam bahasa Indonesia kata korelasi juga mempunyai beberapa sinonim atau padanan kata. Adapun beberapa padanan kata dari korelasi antara lain interelasi, koherensi, koneksi, hubungan, timbal balik, relevansi, kaitan, relasi, dan lain-lain.

 

 

2. Arti Korelasi dalam Statistik

Pada penjelasan arti korelasi menurut kamus bahasa Inggris di atas, disebutkan bahwa istilah korelasi sering digunakan untuk menganalisis angka. Terkait hal ini, kajian korelasi dilakukan dengan pendekatan statistik. Korelasi dipakai untuk melihat hubungan dari dua variabel atau lebih yang berupa angka-angka.

Dalam statistik, arti korelasi diartikan sebagai bentuk dan ukuran yang memiliki beberapa variabel yang saling berhubungan. Korelasi digunakan untuk menjelaskan proses terjadi perubahan suatu nilai angka. Selain itu, korelasi juga dimaknai sebagai metode analisis dalam statistik untuk mencari hubungan antara dua variabel secara kuantitatif atau berdasarkan angka.

Sebagai sebuah metode dalam statistik, korelasi menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari. Dalam metode di statistik, metode korelasi diwujudkan dengan penjelasan mengenai perubahan-perubahan yang terjadi pada variabel (X) yang berdampak pada perubahan pada variabel yang lain yaitu variabel (Y).

Lebih lanjut, dalam statistik arti korelasi juga bisa dibedakan dalam beberapa macam secara lebih spesifik. Berdasarkan pada kekuatannya pengaruh hubungan kedua variabel, korelasi bisa dibedakan menjadi tiga jenis yaitu korelasi lemah, erat atau tak erat. Sementara itu, berdasarkan dampak yang dihasilkan, korelasi dibedakan menjadi dua yaitu korelasi linier positif atau negatif.

Berdasarkan jumlah variabelnya, korelasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu korelasi persial dan ganda. Korelasi parsial adalah metode yang digunakan untuk mengukur tentang adanya keeratan antara hubungan variabel bebas dengan variabel tak bebas. Sedangkan, korelasi ganda merupakan korelasi yang dinyatakan dalam tiga atau lebih variabel.

 

 

3. Manfaat Mempelajari Korelasi

Secara singkat, arti korelasi dalam statistik adalah metode analisis untuk mengetahui hubungan dan proses timbal balik dari variabel yang dinyatakan dalam angka-angka. Sebagai sebuah metode ilmiah, tentu mempelajari korelasi akan membawa banyak sekali manfaat. Maka dari itu, selain arti korelasi penting juga untuk mengetahui manfaat-manfaat tersebut.

Berikut beberapa manfaat dari mempelajari metode korelasi dalam statistik.

- Mempelajari korelasi bermanfaat untuk mempermudah dalam melakukan pengukuran beberapa hubungan variabel.

- Mempelajari korelasi bermanfaat untuk meningkatkan motivasi kerja pada produktivitas variabel.

- Mempelajari korelasi bermanfaat untuk mempermudah melakukan penemuan kualitas dengan menggunakan sebuah pelayanan.

- Mempelajari korelasi bermanfaat dalam melakukan peningkatan inflasi pada variabel-variabel tertentu.

- Mempelajari korelasi bermanfaat untuk melakukan proses evaluasi dan peningkatan kinerja untuk meningkatkan hasil yang dapat diraih.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti korelasi berdasarkan kamus dan dalam ranah statistik, beserta penjelasan terkait manfaatnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI