Arti Loyal Adalah Kesetiaan, Ketahui Pula Penjelasan Menurut Ahli Beserta Jenisnya

Selasa, 12 Juli 2022 17:22
Arti Loyal Adalah Kesetiaan, Ketahui Pula Penjelasan Menurut Ahli Beserta Jenisnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Loyal merupakan sebuah kata yang tidak asing untuk kita. Arti loyal sendiri secara umum adalah sebuah kesetiaan, atau sebuah pengabdian. Selain mengetahui apa arti loyal, KLovers juga bisa mengetahui arti loyal menurut para ahli dan juga jenis dari loyal itu sendiri.

Ya, untuk memahami arti loyal lebih dalam, untuk itu dilansir dari berbagi sumber, berikut arti loyal beserta dengan jenis dari loyal itu sendiri. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Penjelasan Arti Loyal

Arti loyal adalah satu sikap yang baik ketika diterapkan dalam kehidupan sosial. Arti loyal ini adalah komponen penting dari dalam organisasi, kelompok, atau hubungan antar individu. Sehingga, inti dari kata loyal ini adalah kesetiaan dan dedikasi.

Loyal atau loyalitas berasal dari kata loyal yang berarti setia. Menurut KBBI, arti loyal adalah kepatuhan atau kesetiaan. Menurut Kamus Merriam Webster, loyal adalah kualitas, keadaan, atau contoh dari kesetiaan. Cambridge Dictionary menjelaskan loyal atau loyalitas sebagai kualitas menjadi loyal.

Arti loyal berarti sifat tegas dan tidak berubah dalam bersahabat atau mendukung orang atau organisasi. Selain itu, arti loyal berarti selalu memberikan bantuan dan dorongan. Ini sangat terkait dengan kesetiaan. Loyalitas dibentuk secara terpusat oleh ketekunan dalam sebuah asosiasi di mana seseorang secara intrinsik telah berkomitmen.

Orang yang memiliki loyalitas mengekspresikan dirinya dalam pikiran dan tindakan. Mereka berusaha untuk mengidentifikasi kepentingan orang yang setia dengan kepentingan objek. Loyalitas merupakan suatu kondisi sikap mental untuk tetap memegang teguh kesetiaan baik kepada perusahaan, atasan, maupun rekan sekerja.

Loyal atau loyalitas bisa berubah menjadi fanatisme ketika menjadi liar dan tidak masuk akal. Ia juga bisa menjadi pasrah ketika menampilkan karakteristik penerimaan yang enggan. Loyalitas memiliki fungsi sosial yang penting. Loyalitas menghadirkan kesediaan individu, dalam kerjasama dengan orang lain.

Ini menginvestasikan sumber daya intelektual dan moral dengan murah hati dan sepenuh hati dalam sesuatu di luar lingkaran pribadi yang sempit. Pada akhirnya, loyal atau loyalitas membuat komunitas dari berbagai jenis dapat muncul dan terus ada.

 

2. Arti Loyal Menurut Ahli

Nah, bagaimana dengan arti loyal menurut para ahli? Ya, untuk memahami lebih dalam apa arti loyal, maka berikut ini penjelasan tentang arti loyal menurut para ahli tersebut.

1. Britannica

Arti loyal adalah istilah umum yang menandakan pengabdian seseorang atau sentimen keterikatan pada objek tertentu. Ini mungkin berupa orang atau kelompok orang lain, cita-cita, tugas, atau tujuan.

2. Oliver

Dalam Taylor, Celuch, dan Goodwin,1999:218 arti loyal adalah sebagai komitmen yang tinggi untuk membeli kembali suatu produk atau jasa yang disukai di masa mendatang, disamping pengaruh situasi dan usaha pemasar dalam mengubah perilaku. Dengan kata lain konsumen akan setia untuk melakukan pembelian ulang secara terus-menerus.

3. Gramer dan Brown

Dalam Utomo 2006:27, arti loyal adalah derajat sejauh mana seorang konsumen menunjukkan perilaku pembelian berulang dari suatu penyedia jasa, memiliki suatu desposisi atau kecenderungan sikap positif terhadap penyedia jasa, dan hanya mempertimbangkan untuk menggunakan penyedia jasa ini pada saat muncul kebutuhan untuk memakai jasa ini.

Dari definisi yang disampaikan Gramer dan Brown, konsumen yang loyal tidak hanya seorang pembeli yang melakukan pembelian berulang, tetapi juga mempertahankan sikap positif terhadap penyedia jasa.

4. Kotler dan Keller (2009:138)

Arti loyal adalah komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih.

5. Hermawan Kartajaya (2004:78)

Arti loyal adalah suatu manifestasi dari kebutuhan fundamental manusia untuk memiliki, mendukung, merasa aman, membangun keterikatan, dan menciptakan keterikatan emosional.

6. Fandy Tjiptono (2000:110)

Arti loyal adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko, pemasok berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten.

7. Jill Griffin (Hurriyati 2010:128)

Menurut Jill Griffin, arti loyalitas adalah perilaku konsumen yang melakukan pembelian rutin atau berulang, didasarkan pada unit pengambilan keputusan.

 

3. Jenis Loyal

Selain mengetahui apa arti loyal, KLovers juga bisa melihat pengertian atau maksud dari loyal bila dilihat dari berbagai aspek. Dan berikut ini arti loyal dalam berbagai aspek tersebut.

1. Loyalitas dalam Patriotisme

Loyal adalah patriotisme. Ya, arti patriotisme atau kebanggaan nasional adalah perasaan cinta, pengabdian, dan rasa keterikatan pada tanah air atau negara dan aliansi dengan warga negara lain yang memiliki sentimen yang sama untuk menciptakan rasa persatuan di antara orang-orang. Inilah yang disebut sebagai loyalitas.

2. Loyalitas Penggemar

Arti Loyalitas penggemar adalah kesetiaan yang dirasakan dan diungkapkan oleh seorang penggemar terhadap objek fanatismenya. Loyalitas penggemar dapat berkisar dari dukungan pasif hingga kesetiaan radikal. Ekspresi loyalitas dapat terbentuk dalam berbagai bentuk dan ditampilkan di berbagai platform.

3. Loyalitas dalam Pekerjaan

Dalam pekerjaan, loyalitas adalah sikap untuk melakukan pekerjaan terbaik ketika bekerja. Karyawan yang loyal tidak hanya bekerja keras untuk mendapatkan gaji mereka, tetapi mereka juga berkomitmen untuk kesuksesan perusahaan.

4. Loyalitas Merek

Dan terakhir ada penjelasan tentang loyal dalam sebuah merek. Dalam pemasaran, loyalitas merek menggambarkan perasaan positif konsumen terhadap suatu merek. Ini adalah dedikasi mereka untuk membeli produk atau jasa tersebut secara berulang. Loyalitas merek juga dapat ditunjukkan dengan perilaku lain seperti advokasi dari mulut ke mulut yang positif.

Itulah penjelasan arti loyal yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya mengetahui arti loyal secara umum saja, namun ada pula arti loyal menurut ahli dan juga jenisnya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI