8 Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang dan Penyebabnya, Mudah untuk Semua Kartu

Selasa, 12 Juli 2022 14:11
8 Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang dan Penyebabnya, Mudah untuk Semua Kartu
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Sinyal HP hilang menjadi persoalan yang sering dihadapi pengguna kartu seluler. Situasi ini cukup mengganggu saat pengguna tengah memerlukan sinyal HP untuk berkomunikasi. Namun tenang, ada cara memperbaiki sinyal HP yang hilang mudah banget dipraktikkan.

Setiap kartu seluler memiliki sinyal atau jaringan tersendiri untuk bisa melakukan komunikasi baik melalui jaringan internet atau jaringan seluler. Sayangnya ada kendala umum yang kerap terjadi pada setiap pengguna kartu seluler ketika sinyal HP tiba-tiba hilang.

Sebelum tahu cara memperbaiki sinyal HP yang hilang, pahami dulu apa saja penyebab sinyal HP hilang. Karena terdapat sejumlah penyebab mengapa sinyal HP jadi hilang di bawah ini. Cek apakah langkah ini bisa membantumu untuk memperbaiki sinyal HP yang hilang.

 

 

1. Penyebab Sinyal HP Hilang

Ketika sinyal HP hilang maka pengguna kartu seluler tidak bisa berkomunikasi dan terhubung dengan jaringan lainnya. Di antaranya yakni pengguna tidak bisa mengakses internet, layanan terputus, tidak bisa melakukan panggilan atau menerima sekaligus mengirim SMS. Karenanya perlu tahu apa saja penyebab sinyal HP hilang. Ada sejumlah indikasi mengapa sinyal HP bisa hilang. Nah, di bawah ini ulasan tentang penyebab sinyal HP hilang.

- Terhalang bangunan di sekitar tempat tinggal. Salah satu bangunan tinggi, gedung bertingkat, ataupun bangunan dengan kontruksi logam, kaca E rendah seringkali bisa menyebabkan sinyal HP terkadang bisa melemah, situasi ini bisa kalian kenali saat berada di dalam rumah justru sinyal melemah atau hilang sementara ketika keluar rumah justru menjadi lancar lagi.

- Terhalang pohon rimbun dan tinggi juga bisa menyebabkan sinyal hilang dengan sendirinya.

- Berada di luar cakupan jaringan bisa menyebabkan sinyal hilang. Pasalnya sejumlah provider memiliki cakupan jaringan tersendiri yang dibatasi berdasarkan lokasi atau titik-titik tertentu.

- Sedang perbaikan jaringan oleh operator sehingga membuat sinyal melemah ataupun menghilang.

- Cuaca yang buruk juga dapat menyebabkan kualitas jaringan menurun bahkan hilang. Salah satunya ketika tengah terjadi badai disertai petir bisa membuat sinyal melemah.

- Komponen HP yang rusak juga dapat menyebabkan sinyal hilang dengan sendirinya.

- Berada di jam sibuk yang kemudian menyebabkan sinyal bisa hilang dengan sendiri. Sebab situasi ini terjadi ketika setiap jaringan kartu seluler mencoba memperebutkan sinyal di lokasi tersebut.

- Adanya masalah pada software di HP seperti error hingga menyebabkan sinyal hilang.

- Masalah pada bagian penangkap sinyal di HP hingga menyebabkan sinyal jadi hilang.

Itulah sejumlah penyebab sinyal HP hilang yang perlu kalian ketahui. Sehingga membantumu tahu bagaimana cara memperbaiki sinyal HP yang hilang.

 

 

2. Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang dengan Mudah

Setelah tahu apa saja penyebab sinyal HP hilang, di bawah ini ada ulasan tentang cara memperbaiki sinyal HP yang hilang. Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang sebenarnya cukup praktis. Pengguna hanya perlu tahu bagaimana panduan untuk mengatasi sinyal HP yang hilang ataupun melemah. Ini langkah-langkah untuk cara memperbaiki sinyal HP yang hilang.

1. Pindah ke Mode Pesawat

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang salah satunya adalah pindah ke mode pesawat. Kalian bisa mengatur ponsel dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode untuk mengembalikan sinyal HP yang hilang. Cara ini cukup membantu untuk memperbaiki sinyal HP yang hilang. Sehingga tidak ada salahnya buat kalian mencoba cara memperbaiki sinyal HP yang hilang dengan pindah ke mode pesawat lalu menonaktifkannya lagi untuk mencari sinyal kartu seluler.

2. Lakukan Restart Perangkat

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang berikutnya adalah dengan melakukan restart perangkat. Langkah ini bisa membantumu mengembalikan sinyal yang melemah ataupun hilang. Namun ada tanda ketika kartu seluler kalian mengalami sinyal hilang seperti tanda Jaringan Seluler Tidak Tersedia. Untuk mengatasinya, maka pengguna bisa melakukan restart HP.

3. Nonaktifkan Data Seluler Sementara

Ada cara lain untuk mengatasi sinyal HP hilang salah satunya adalah dengan menonaktifkan data sementara. Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang bisa dilakukan dengan menonaktifkan data seluler sementara untuk mengembalikan jaringan lagi. Setelah itu kalian bisa mengaktifkan data seluler lagi untuk mencari jaringan atau sinyal baru.

4. Pindah Lokasi atau Titik Menggunakan Kartu Seluler

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang berikutnya adalah dengan pindah lokasi. Langkah ini bisa membantu kalian untuk memperbaiki sinyal yang tiba-tiba hilang. Misalnya ketika berada di dalam rumah sinyal melemah, maka cobalah untuk keluar rumah dan cek apakah sinyal sudah kembali seperti semula. Begitu juga ketika kalian berada di lokasi tertentu yang mana tidak mencakupi jaringan seluler, cobalah pindah lokasi untuk mengatasinya.

5. Cari Jaringan dari Perangkat

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang selanjutnya adalah dengan mencari jaringan dari perangkat. Artinya, pengguna bisa memanfaatkan fitur untuk mencari jaringan dari perangkat melalui menu Setelan atau Setting. Nah, untuk melakukannya bisa masuk menu Setting kemudian cari menu Jaringan. Kalian bisa mencari jaringan dari perangkat melalui menu tersebut dengan pilih operator jaringan kemudian cari secara otomatis. Jika berhasil, maka dapat mengembalikan lagi sinyal yang hilang di HP.

 

 

3. Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang Lainnya

Selain cara di atas, masih ada sejumlah ulasan untuk cara memperbaiki sinyal HP yang hilang. Karenanya di bawah ini panduan cara memperbaiki sinyal HP yang hilang mudah banget kalian coba.

6. Pastikan SIM Card Terpasang dengan Benar

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang selanjutnya adalah memastikan bahwa SIM kartu seluler kalian terpasang dengan benar. Artinya, kalian bisa mengecek kembali pemasangan kartu SIM di HP. Pasalnya bisa jadi hilangnya sinyal di HP disebabkan karena SIM Card yang belum terpasang dengan benar.

7. Pasang SIM Card ke Perangkat Lain

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang juga bisa dilakukan dengan memasang kartu SIM seluler ke perangkat lainnya. Cek apakah di HP lain sinyal kartu seluler kalian bisa penuh lagi ataupun tidak. Apabila sinyal di ponsel penuh, maka bisa jadi ponsel kalian mengalami sejumlah permasalahan baik hardware ataupun software.

8. Minta Bantuan Operator Seluler

Langkah berikutnya yang bisa kalian coba adalah dengan meminta bantuan operator seluler. Di mana kalian dapat menghubungi jasa customer service untuk memperbaiki sinyal yang hilang. Sehingga memudahkanmu tahu penyebab sinyal di HP hilang lewat customer service provider yang kalian gunakan.

Itulah sejumlah cara memperbaiki sinyal HP yang hilang. Semoga dapat membantumu tahu langkah-langkah cara memperbaiki sinyal HP yang hilang.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI