Arti Male: Perbedaannya dengan Man dan Men, Contoh Penggunaan dalam Kalimat

Minggu, 28 November 2021 13:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Male: Perbedaannya dengan Man dan Men, Contoh Penggunaan dalam Kalimat
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Dalam bahasa Inggris ada banyak sekali penyebutan untuk seorang pria, dan salah salah satunya yaitu ada male. Arti male dalam bahasa Indonesia yaitu, pria atau laki-laki. Bahkan saat ini sudah banyak tempat-tempat umum yang menggunakan kata male, seperti toilet umum. Pasangan dari male ada female, ya sama arti female merujuk pada perempuan atau wanita.

Namun apa yang membedakan male dengan sebutan pria lainnya dalam bahasa Inggris? Padahal arti male dengan arti man, ataupun men sama, yaitu merujuk pada laki-laki atau pria. Ya, hal ini tentu perlu KLovers pahami lebih dalam, sehingga tidak salah dalam menggunakan kata male di sebuah kalimat bahasa Inggris.

Nah, untuk KLovers yang masih penasaran bagaimana sih sebenarnya arti male ini? Apakah ada hal spesifik yang membuat arti male berbeda dengan man ataupun men. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah arti male dalam bahasa Inggris beserta perbedaannya dengan men dan man. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Kata Male

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, male dalam bahasa inggris dapat tergolong dalam kata benda dan kata sifat, arti male adalah pria, laki-laki, jantan, atau putra. Begitu pula dengan kata female yang juga tergolong dalam kata benda dan kata sifat. Arti female berarti wanita, perempuan, betina, atau putri.

Selain itu, sebagai kata sifat, male diartikan dengan kejantanan atau kelaki-lakian. Selain itu arti male juga bisa digunakan lebih luas. Bukan hanya digunakan untuk manusia saja, tetapi bisa digunakan untuk segala jenis makhluk hidup termasuk hewan. Mungkin ini yang lebih membedakan male dengan man ataupun men.

 

2. Perbedaan Kata Man, Men, dan Male

Setelah mengetahui apa arti male secara umum, tentu kalian juga ingin mengetahui perbedaan kata man, men, dan male. Apakah ada perbedaan dari seluruh kata itu? Tentu arti male sama seperti man dan men, yang merujuk pada pria atau laki-laki. Tetapi pasti ada perbedaannya, dan perlu kalian pahami agar tidak salah dalam membuat sebuah kalimat bahasa Inggris.

Man merupakan kata benda atau noun dalam bahasa Inggris yang memiliki arti laki-laki. Pada penggunaannya kata ini umumnya ditunjukkan untuk laki-laki secara keseluruhan atau umum. Tetapi kata ini lebih sering digunakan untuk menyebut laki-laki atau pria dewasa. Dalam acara-acara formal atau resmi, man juga biasa disebut dengan gentleman.

Kemudian kata men juga merupakan kata benda (noun) yang sama-sama bisa diartikan dengan laki-laki. Perbedaan man, men, dan male untuk adalah, kata men merupakan bentuk jamak atau plural dari kata man. Sehingga kata men ini digunakan untuk menunjukkan laki-laki yang jumlahnya lebih dari satu atau kumpulan laki-laki.

Sedangkan male bisa diartikan dengan laki-laki, namun bedanya adalah, kata male ini bisa berperan sebagai noun (kata benda) dan adjective (kata sifat). Sebagai kata sifat, male diartikan dengan kejantanan atau kelaki-lakian. Selain itu kata Male juga bisa digunakan lebih luas. Bukan hanya digunakan untuk manusia saja, tetapi bisa digunakan untuk segala jenis makhluk hidup termasuk hewan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, kata man hanya berfokus untuk manusia, untuk menunjukkan sisi kejantanan atau menjadi panggilan untuk pria dewasa, seperti gentleman. Lalu bila men, digunakan untuk pria namun dalam jumlah yang jamak atau banyak. Sedangkan male bisa digunakan dalam berbagai situasi, termasuk digunakan untuk segala jenis makhluk hidup termasuk hewan.

 

3. Contoh Penggunaan Kata Male

Setelah mengetahui arti male secara umum dan perbedaan man, men, dan male. Tentu kurang bila kita tidak memberikan sebuah contoh penggunaan katanya. Ya, contoh penggunaan kata male ini bisa membantu kalian agar lebih memahami dan mengerti bagaimana penggunaan male dengan baik dan tepat. Berikut ini contoh penggunaan kata male yang dapat kalian pahami:

1. His gender is a male (Jenis kelaminnya adalah seorang laki-laki)

2. Tulus and Andmesh compete to be the best male singer in Indonesia (Tulus dan Andmesh bersaing menjadi penyanyi pria terbaik di Indonesia)

3. The meeting is only for male (Pertemuan ini khusus untuk laki-laki saja)

4. The male's shirt is very cool (Kemeja laki-laki itu sangat keren)

5. Pure milk very good for male (Susu murni sangat baik untuk laki-laki)

6. My cock is male (Ayamku jantan)

7. My mother carried a male cat (Ibuku membawa seekor kucing berkelamin laki-laki)

8. My cat, Obet, is a male, no matter how cute it is (Kucingku, Obet, adalah kucing jantan, meski pun dia sangat imut)

9. What do you understand about male? (Apa yang kamu mengerti soal laki-laki?)

10. The magazine is a male's daily magazine (Majalah itu adalah majalah harian laki-laki)

Itulah arti male yang bisa kalian ketahui dan pahami. Bukan hanya arti male saja, kalian juga bisa memahami perbedaan antara male, man, dan juga men untuk mempermudah kalian belajar bahasa Inggris.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI