Arti Peres dalam Bahasa Gaul dan Maknanya, Ketahui Istilah Kekinian Zaman Sekarang

Jum'at, 08 Juli 2022 13:22
Arti Peres dalam Bahasa Gaul dan Maknanya, Ketahui Istilah Kekinian Zaman Sekarang
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Peres adalah satu di antara banyaknya bahasa gaul yang populer di media sosial. Meskipun sudah sangat familiar digunakan, tidak sedikit orang tahu apa arti peres dalam bahasa gaul.

Arti peres di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan bahasa gaul memiliki perbedaan. Karena makna arti peres tersebut menjelaskan sesuatu yang berbeda. Misalnya saja untuk arti peres dalam bahasa gaul merujuk pada ungkapan seseorang saat mendapat sebuah pujian.

Namun ia kemudian mengatakan kata peres yang juga bermakna seperti sebuah kepalsuan. Lalu apa arti peres di KBBI dan perbedaan dengan bahasa gaul?

Karena itulah dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai arti peres dalam bahasa gaul beserta maknanya. Yuk cek arti peres dalam bahasa gaul yang digunakan sebagai istilah kekinian zaman sekarang.

 

 

1. Arti Peres di KBBI dan Bahasa Gaul

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) digunakan sebagai rujukan untuk mengetahui dan memahami banyak kata dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kata peres yang mana juga sudah tercantum dalam KBBI. Arti peres di KBBI adalah penuh sekali hingga rata dengan tepinya (bibirnya). Arti peres juga bermakna kancap.

Berbeda dengan arti peres dalam bahasa gaul yang diungkapkan saat mendengar ungkapan pujian dari seseorang namun mengandung kepalsuan. Ya, karenanya arti peres dalam bahasa gaul adalah bohong, selain itu arti peres dalam bahasa gaul juga bisa bermakna kata-kata palsu atau ungkapan yang mengandung kepalsuan.

Karenanya ada perbedaan antara arti peres di KBBI dan dalam bahasa gaul yang perlu kalian ketahui. Dengan begitu nggak bingung lagi memahami apa arti peres dalam bahasa gaul dan KBBI yang kerap dijumpai di media sosial baik Instagram, Twitter, Whatsapp, ataupun Facebook.

 

 

2. Arti Peres dan Maknanya

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti peres berkaitan dengan sebuah kepalsuan atau kebohongan. Sementara itu, makna dari arti peres dalam bahasa gaul adalah sebuah respon yang diungkapkan seseorang ketika menerima kata pujian.

Namun kata-kata pujian tersebut menurutnya mengandung sebuah kebohongan atau kepalsuan. Sehingga menggunakan kata peres sebagai kata ganti untuk kata-kata bohong atau kata-kata palsu. Itulah arti peres dan maknanya yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari arti peres.

Selain itu, arti peres biasanya juga digunakan dalam sebuah percakapan. Misalnya saja ketika ngobrol dengan seseorang lalu mendengar kata-kata pujian, maka mengatakan peres sebagai respon bahwa ungkapan tersebut bisa jadi mengandung kebohongan.

 

 

3. Contoh Penggunaan Kata Peres

Setelah tahu arti peres di KBBI dan dalam bahasa gaul, terdapat sejumlah contoh penggunaan dari kata gaul ini. Sehingga semakin memudahkanmu tahu makna dan penggunaan dari peres. Adapun contoh penggunaan kata peres tersebut dapat kalian simak dalam ulasan di bawah ini.

Contohnya:

A: Gambarmu bagus banget, kamu bikin sendiri?

B: Peres banget si kamu.

Contoh Kedua:

A: Crush lu ngajak balik bareng tuh.

B: Halah Cuma peres kan.

Contoh Lainnya:

A: Gue kemarin dapat info baru kalau ibu doi muji-muji Ani.

B: Mungkin Cuma peres aja kali.

Itulah penjelasan tentang arti peres dan contoh penggunaannya. Sehingga memudahkanmu tahu apa arti peres beserta maknanya yang perlu diketahui.

 

 

4. Istilah Kekinian Zaman Sekarang

Tidak hanya kata peres karena, ada beberapa istilah kekinian zaman sekarang yang cukup populer di media sosial. Mau tahu apa saja istilah kekinian zaman sekarang yang populer di media sosial. Yuk langsung saja cek di sini KLovers.

1. Gabut: Artinya gaji buta atau ketika tidak melakukan kegiatan apapun.

2. Ghosting: Artinya ditinggal tanpa kepastian, tanpa kabar, dan kejelasan.

3. Halu: Artinya halusinasi.

4. Mager: Artinya malas gerak.

5. Bucin: Artinya budak cinta.

6. FYI: Artinya for your information atau informasi baru.

7. Baper: Artinya bawa perasaan.

8. Mantul: Artinya mantap betul.

9. Ngab: Artinya Bang.

10. Clingy: Artinya seseorang yang selalu menempel dan sering bergantung.

11. Sabi: Artinya bisa.

12. HeaLing: Artinya adalah proses penyembuhan diri dari luka batin.

13. Curcol: Artinya curhat colongan.

14. Sans: Artinya santai.

15. Caper: Artinya cari perhatian.

16. PW: Artinya posisi wenak.

17. Hoax: Artinya tidak benar.

18. Pansos: Artinya panjat sosial.

19. Insecure: Artinya merasa rendah diri atau tidak percaya diri dengan diri sendiri.

20. Spill the tea: Artinya bongkar rahasia yang belum banyak diketahui.

21. TBL: Artinya takut banget loh.

22. Sekut: Artinya takut, panik, bingung.

23. PHP: Artinya pemberi harapan palsu.

24. Salty: Artinya merasa tersindir atau dicela.

25. Suhu: Artinya orang yang sudah ahli di bidangnya.

26. YGY: Artinya ya gaes ya.

27. Receh: Artinya ungkapan seseorang yang dianggap tidak lucu saat melucu.

28. Sambat: Artinya mengeluh dalam bahasa Jawa.

29. PAP: Artinya post a picture atau tunjukkan fotomu.

30. OTW: Artinya on the way atau di jalan.

Itulah penjelasan arti peres dalam bahasa gaul yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu tahu apa makna dari arti peres.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI