Arti Qobiltu dalam Ijab Qabul, Ketahui Bacaan Lengkap dan Maknanya

Rabu, 19 Januari 2022 19:44
Arti Qobiltu dalam Ijab Qabul, Ketahui Bacaan Lengkap dan Maknanya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ijab dan qabul menjadi prosesi penting dalam akad nikah menurut Islam. Dalam ijab dan qabul, mengandung bacaan yang perlu dilafalkan oleh pengantin serta wali nikah. Salah satunya bacaan Qabiltu yang memiliki arti dan makna mendalam.

Memahami prosesi nikah tentunya memudahkan kalian semakin mempersiapkan diri sebelum akad nikah dilaksanakan. Seperti ijab dan qabul, menjadi ikatan suci yang mengesahkan hubungan antara laki-laki dan perempuan sebagai pasangan suami istri.

Bagi sebagian orang mungkin saja belum mengetahui apa arti ijab dan qabul. Namun selain kata qabul, dikenal juga dengan kata Qobiltu. Arti Qobiltu dalam ijab Qabul secara bahasa berarti penerimaan atau menerima.

Namun untuk penjelasan lengkapnya mengenai apa arti Qobiltu, dapat kalian simak dalam ulasan berikut. Ini arti Qobiltu yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Qobiltu dalam Ijab Qabul

Prosesi pernikahan memang sangatlah sakral dan suci. Karena itulah memahami tiap tata cara serta bacaan saat prosesi pernikahan perlu diketahui calon pengantin sebelum naik ke altar pernikahan. Salah satu contohnya yakni ijab qabul dalam Islam yang menjadi ikatan janji suci untuk meresmikan menjadi sepasang suami istri.

Selain ijab qabul, kalian mungkin saja pernah mendengar kata qobiltu. Bagi yang belum paham apa arti Qobiltu, tentu dibikin bingung dengan makna dari kata ini. Karena itulah tidak ada salahnya untuk memahami apa arti Qobiltu yang termasuk dalam ijab qobul.

Secara bahasa, arti Qobiltu berasal dari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, arti Qobiltu memiliki makna menerima atau penerimaan. Arti Qobiltu termasuk dalam kalimat ijab qabul pernikahan yang artinya 'Saya Terima.' Pasalnya kalimat ini diucapkan pada saat ijab qabul dalam proses pernikahan menurut Islam. Arti Qobiltu juga bisa dikenal dengan istilah qabul yakni punya arti menerima. Itulah arti Qobiltu yang perlu diketahui.

2. Bacaan Qobiltu

Setelah tahu apa arti Qobiltu dalam penjelasan sebelumnya, ada bacaan panjang dari kata Qabiltu. Seperti telah disinggung sebelumnya, arti Qobiltu termasuk bacaan dalam ijab Qabul. Nah, dalam ijab qabul ada bacaan panjang Qobiltu. Di mana dikenal juga dengan kalimat Qabiltu Nikhaha. Kalimat ini biasanya diucapkan pada saat proses ijab qabul. Sementara, untuk bacaan Qabiltu secara lengkapnya dapat kalian simak sebagai berikut.

"Qobiltu nikahaha wa tazwijaha bil mahril madzkur haalan."

Artinya: "Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan."

Ini adalah bacaan Qabiltu dalam bahasa Arab. Sementara itu ada juga bacaan dalam bahasa Indonesia yang digunakan dalam ijab qabul. Adapun bacaan tersebut dapat kalian simak di bawah ini.

"Saya terima nikah dan kawinnya ... (nama pengantin perempuan) binti ... (nama ayah pengantin perempuan) dengan maskawinnya yang tersebut, tunai."

Kalimat tersebut diucapkan setelah ucapan ijab wali perempuan. Di mana langsung diikuti dengan kalimat dari pengantin pria. Bacaan Qabiltu ini menjadi ikrar pernikahan dalam Islam. Di mana ketika bacaan Qabiltu sudah diucapkan maka laki-laki dan perempuan akan terikat dalam janji suci pernikahan. Pasalnya bacaan ini termasuk dalam syarat sah nikah yakni ijab dan qabul. Karena itulah terdapat arti Qobiltu dengan makna yang perlu dipahami oleh calon pengantin.

3. Makna Arti Qobiltu untuk Calon Pengantin

Apa arti Qobiltu mengandung makna mendalam. Baik calon pengantin pria atau wanita, perlu tahu lebih dahulu apa arti Qobiltu sebenarnya. Bacaan Qabiltu diucapkan oleh pengantin pria dalam prosesi ijab qabul.

Makna dari arti Qobiltu adalah disahkannya hubungan antara laki-laki dan perempuan sebagai sepasang suami istri. Karena itulah syarat sah pernikahan dalam Islam salah satunya terdapat bacaan atau kalimat 'Saya Nikahkan....' dan 'Saya terima nikahnya...' kemudian setelah kalimat ini maka akan diikuti dengan nama pengantin yang dinikahkan. Itulah arti Qobiltu dalam ijab qabul dan maknanya yang perlu diketahui.

4. Syarat-Syarat Ijab Qabul

Memahami apa arti Qobiltu tanpa dilengkapi dengan syarat-syarat ijab qabul tentu tak lengkap. Karena itulah berikut ini ada beberapa syarat dalam ijab qabul yang perlu diikrarkan saat akad nikah. Langsung saja simak ulasan lengkapnya mengenai syarat-syarat ijab qabul di bawah ini.

Syarat Ijab dan Qabul

- Mengucapkan kalimat ijab yakni 'Aku Nikahkan..', 'Saya Nikahkan', atau 'Kami Nikahkah' oleh wali nikah pihak perempuan sesuai syarat yang sudah ditetapkan.

- Diikuti dengan nama pengantin perempuan dan laki-laki yang dinikahkan.

- Menyebutkan mahar atau mas kawin yang diberikan.

- Mengucapkan kalimat qabiltu dari pihak pengantin pria yakni 'Saya Terima Nikahnya...'

- Bacaan ijab qabul harus bersambung. Artinya setelah mengucapkan ijab maka langsung diikuti dengan qabul.

Itulah arti Qobiltu yang perlu diketahui dalam akad nikah berdasarkan agama Islam. Sehingga memudahkan kalian memahami apa makna dan arti Qobiltu. Semoga dapat membantu kalian memahami apa arti Qobiltu.

Sumber: Kumparan, dalamislam.com, wisatanabawai.com, umma.id

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI